Makanan Kesehatan

Takjil Saat Berbuka Yang Sehat Untuk Diet Dan Gula Darah

   Takjil Saat Berbuka Yang Sehat Untuk Diet Dan Gula Darah

Takjil saat berbuka yang sehat untuk diet dan gula darah – Menu takjil adalah salah satu menu berbuka puasa andalan warga muslim. Ada banyak pilihan menu berbuka seperti kolak, bubur kacang hijau, sop buah atau es blewah. Kebanyakan menu takjil sarat akan rasa manis dan gula tinggi. Sehingga bagi yang ingin menurunkan berat badan di waktu puasa lebih sering menghindari makanan tinggi gula,

Sponsor: cream pemutih wajah

Berbuka puasa dengan yang manis memang enak karena mampu mengembalikan energi tubuh. Selama puasa, lebih dari 12 jam butuh tidak makan dan minum sehingga energi dan cadangan gula jadi berkurang. Padahal, manfaat gula bagi tubuh salah satunya untuk menjaga energi agar bisa melakukan berabagai aktivitas. Jika cadangan gula dalam darah menurun maka tubuh bisa lemas dan sulit menghasilkan kalori. Akibatnya, tubuh jadi mudah lelah dan minim aktivitas.

Berbuka puasa dengan makanan manis penting dilakukan guna mengganti energi yang hilang lebih cepat. Sayangnya banyak menu takjil yang mengandung gula tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula. Bagi penderita diabetes, naiknya kadar gula dengan cepat bisa sangat berbahaya. Selain itu, banyak orang mengkonsumsi takjil dalam jumlah besar sehingga bisa berisiko naiknya berat badan akibat kelebihan gula. Kalori yang masuk ke tubuh akan berlebih dan berat badan juga akan naik.

Berbagai pilihan takjil sehat sebenarnya bisa Anda sajikan. Pastikan Anda memilih menu takjil yang bernutrisi, berserat dan pastinya sehat. Menu takjil yang berasal dari buah buahan segar akan membantu memberikan serat alami. Jadi pandai memilih menu takjil adalah langkah utaman menghindari Anda dari menu makanan yang mengandung tinggi gula. Beberapa pilihan takjil sehat diantaranya kurma, sop buah, dan kolak pisang tanpa santan.

Takjil Saat Berbuka Yang Sehat Untuk Diet Dan Gula Darah

  • Buah kurma 3 butir

Mengkonsumsi kurma adlaah pilihan baik untuk menu berbuka puasa. Di dalam kurma terdapat energi dan serat yang bisa mencegah naiknya kadar gula. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi kurma sebab kadar gulanya cukup tinggi. Dianjurkan makan kurma matang 3 butir saja.

Takjil Saat Berbuka Yang Sehat Untuk Diet Dan Gula Darah

  • Sop buah atau es buah

Pilihan menu takjil berikutnya adalah sop buah atau es buah. Takjil ini berasal dari buah-buahan segar yang sehat untuk Anda konsumsi. Buah mengandung tinggi serat dan gula cukup untuk pengganti energi yang hilang selama puasa. Serat alaminya baik untuk pencernaan dan membantu tubuh kenyang lebih lama sehingga cocok bagi yang tengah menjalankan diet. Agar lebih sehat, lebih baik hindari memakai susu kental manis atau sirup gula yang berlebihan.

Takjil Saat Berbuka Yang Sehat Untuk Diet Dan Gula Darah

  • Kolak pisang tanpa santan

Menu terakhir yang sehat untuk Anda adalah kolak pisang. Bedanya, Anda hanya menggati kolak pisang bersantan dengan susu rendah lemak atau susu skim. Pisang mengandung serat, potasium dan rendah karbohidrat. Sementara susu dapat menambah asupan nutrisi dan vitamin.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top