Makanan Kesehatan

Susu Kuning Untuk Resep Sehat Dari Kunyit Segar

Susu Kuning Untuk Resep Sehat  Dari Kunyit Segar

Minuman susu kuning untuk resep sehat dari kunyit segara merupakan sebuah resep yang tak biasa bagi masyarkat Indonesia. Itu karena resep ini terbuat dari santan kelapa yang sudah dicampur dengan rempah kunyit yang segar, jahe dan sedikit bumbu merica. Terlihat seperti resep masakan bukan? Namun jangan salah, minuman ini justru bisa diminum dan ternyata berkhasiat untuk kesehatan.

susu kuning untuk resep sehat dari kunyit segara

Sponsor: halo jasa

Ketika meracik susu ini, maka santan diolah bersama dengan jahe dan merica. Dari segi manfaat jahe dan merica bisa meningkatkan penyerapan bahan lain yaknibkunyit sekaligus menambah rasa pedas pada minuman. Jahe yang hangat bisa membuat perut dan tenggorokan nyaman. Jika ingin sensasi lebih manis, tambah dengan kayu manis dan madu biar lebih nikmat.

Manfaat Bahan dari Susu Kuning Untuk Resep Sehat  Dari Kunyit Segar

  • Manfaat kunyit

Susu Kuning Untuk Resep Sehat  Dari Kunyit Segar

Kunyit adalah salah satu rempah atau bumbu yang biasa dimasukkan dalam masakan. Bumbu ini merupakan bahan tradisonal paling banyak digunakan di negara Timur sejak ribuan tahun. Tak hanya lezat untuk bumbu, khasiat jahe bagi kesehatan sangat banyak. Bukan hanya iti, kunyi juga dipercaya mampu atasi berbagai masalah pada kulit dan wajah, dan sering dijadikan ramuan kecantikan alami. Didalam kunyit terdapat sebuah senyawa alami berupa polyphenolic curcumin, yang berperan sebagai anti-inflamasi, anti bakteri, dan anti oksidan tinggi. Kunyit mampu menjaga kesehatan organ pencernaan serta meredakan rasa sakit di perut.

  • Manfaat jahe

Susu Kuning Untuk Resep Sehat  Dari Kunyit Segar

Jahe adalah tanaman herbal paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Terbukti banyak hidangan yang menggunakan rempah ini untuk penghangat badan di cuaca dingin. Ektrak jahe bisa menekan sel kanker kulit, kanker ginjal hingga kanker paru-paru. Jahe bisa melancarkan sistem pernafasan, pencernaan, anti inflamasi dan anti bakteri. Jahe segar bisa juga dimanfaatkan untuk herbal kecantikan seperti menghilangkan minyak di wajah dan mencegah munculnya ketombe.

  • Manfaat merica

Susu Kuning Untuk Resep Sehat  Dari Kunyit Segar

Merica atau lebih dikenal dengan sebuta lada ternyata memiliki banyak manfaat terpendam. Lebih dikenal sebagai bumbu memasak namun tak jarang untuk herbal yang berkhasiat. Lada hitam diyakini memiliki nilai gizi paling tinggi untuk kesehatan. Dalam masakan merica adalah rempah sangat penting, termasyur hingga ke seluruh dunia. Merica mengandung senyawa kimia capsaicin yang mrnimbulkan rasa pedas. Rasa pedasnya bisa membakar lemak. Manfaat lain adalah mampu atasi radang sendi kerena kandungan zat anti-inflamasi, capsaicin berperan sebagai zat pembunuh sel kanker, membantu meredakan sakit kepala, atasi hidung tersumbat termasuk melawan infeksi sinus, mengatasi sakit perut, flavonoid untuk atasi hipertensi, dan menjaga kesehatan jantung.

  • Manfaat santan kelapa

Susu Kuning Untuk Resep Sehat  Dari Kunyit Segar

Santa kelapa atau Coconut Milk merupakan sari dari perasan daging kelapa segar. Santan mengandung serat, lemak, dan nutrisi tinggi bisa membantu mencegah penuaan dini. Santan sangat kaya akan zat besi untuk mencegah anemia, menguatkan tulang  dan gigi, memperkuat imunitas karena kandungan vitamin C, kaya antioksidan untuk melawan radikal bebas, terdapat lemak jenuh dan asam yang bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, santan kelapa mengandung asam kaprat, asam laurat, dan lipit antimikroba bermanfaat sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti virus sangat efektif melawan virus penyebab influenza, herpes, bahkan penyakit HIV. Terakhir, santan juga ternyata bisa mencegah masalah pada jantung dan menyehatkannya.

  • Manfaat bahan lain

Susu Kuning Untuk Resep Sehat  Dari Kunyit Segar

Selain bahan yang sudah dibahas diatas, manfaat lain bisa diperoleh dari penambahan kayu manis dan madu. Sejumlah penelitian menyebut bahwa kayu manis adalah pilihan cocok bagi penderita diabetes dan hypoglycemica, mengurangi kadar kolesterol LDL, senyawa anti infeksi alami untuk atasi borok dan bisul, dapat mengurangi risiko penyebaran proliferasi sel kanker, dan berperan untuk mengatasi masalah pada hormon wanita. Sementara manfaat madu begitu kaya, beberapa diantaranya sebagai obat penghilang batuk, mencegah kanker, dan bahan bernutrisi lengkap.

Car meracik susu kunyit segar:

susu kuning untuk resep sehat dari kunyit segara

Untuk bisa meracik minuman berkhasiat ini, maka cukup waktu dan bahan yang sederhana. Anda hanya membutuhkan sekitar 20 menit untuk menyajikan minuman ini. Tiap satu porsi minuman berkhasiat ini mengandung sekitar 74 kalori. Dan cara yang bisa dilakukan yakni:

Siapkan bahan berupa santan kelapa segar sebanyak 400 mililiter, 1 sdm jahe parut, 1 sdm kunyit parut, kayu manis 2 inci atau bisa ganti dengan 1/2 sendok teh kayu manis bubuk, 4 sdt bubuk merica, dan 1 sdt madu murni. Setelah semua bahan tersaji lengkap saatnya mengolah minuman ini. Langkah pertama merebus semua bahan dengan api sedang. Lakukan selama 10 menit dan tutup pancinya hingga mendidih. Selanjutnya angkat, saring airnya dan sajikan selagi hangat.

Bagaimana, tampaknya segar bukan? Resep sehat ala susu kunyit ini bisa juga dijadikan minuman yang menghangatkan di pagi hari. Sama dengan resep STMJ atau minuman bajigur khas sunda, coba-coba berkreasi dengan susu kunyit bisa juga menjadi peluang usaha minuman. Resep susu kunyit ini bisa Anda pasarkan dan agar produk lebih bisa ditembus konsumen, cobalah berkreasi dengan menambahkan kemasan unik. Halo Jasa merupakan jasa yang menyediakan kebutuhan akan jasa desain produk. Semakin cantik desain produk susu kunyit Anda, maka semakin laris manis. Selamat mencoba!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top