Manfaat Tanaman

Suka Ngemil Kacang Polong, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Suka Ngemil Kacang Polong, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kacang poling biasa dijadikan camilan nikmat yang lezat juga menjadi bahan tambahan pada nasi goreng. Kacang polong atau Ercis, berasal dari suku polong-polongan yang tumbuh dari sayuran berupa biji dengan warnanya yang hijau. Awalnya kacang polong sangat populer di Eropa sebagai menu salad atau sup. Selain rasanya nikmat, kacang ini mengandung karbohidrat dan protein cukup tinggi sekaligus mudah membuat perut kenyang.

Sponsor: cream pemutih wajah

Polong adalah tumbuhan asli dari Asia Kecil adalah tanaman yang satu jenis dengan kacang kapri. Bedanya, polong hanya dimakan bijinya saja. Sementara kapri dapat dikonsumsi bersama polongnya. Kacang jenis ini pun banyak dibudidayakan di tanah Indonesia, banyak dimanfaatkan sebagai tambahan menu masakan dan camilan enak yang gurih. Karena hampir semua orang menyukai rasa gurihnya, kacang ini juga memiliki manfaat sehat untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat kacang polong untuk kesehatan beserta kandungan nutrisi lengkapnya?

Kandungan Nutrisi Kacang Polong

Menurut USDA National Nutrient, ada sejumlah nutrisi yang ada pada kacang polong yakni energi, Lemak,  karbohidrat, protein, Kolesterol, Serat, asam pantotenat, folat, niacin, pyridoxine, riboflavin, thiamin, vitamin A, C, E, dan K, Kalium , Kalsium, manggan, selenium, Tembaga, Besi, Magnesium, Seng, Karoten-ß, dan Lutein-zeaxanthin. Menurut sumber lain menyebut bila kandungan Kalsium pada kacang polong jauh lebih banyak dibandingkan susu sapi. Karena itu, sebuah perusahaan Ripple Foods berbasis di Los Angeles menjadi yang pertama memproduksi serta menjual produk susu dari kacang polong. Perusahaan ini memang terkenal akan produk susu yang berasal dari tanaman.

Suka Ngemil Kacang Polong, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan:

Setelah menyebut kandungan nutrisi, berikut sejumlah manfaat kacang polong, untuk kesehatan tubuh

1. Meremajakan Kulit

Kacang polong adalah sumber protein, serat dan rendah karbohidrat. Mengkonsumsi kacang bagus untuk kesehatan kulit, dimana ada zat anti peradangan yang membantu memperlambat proses penuaan.

2. Menurunkan kolesterol

Sumber penelitian menyebut makanan jenis kacang-kacangan, termasuk kacang polong mampu menurunkan kadar kolestero jahat atau LDL sebesar 5%. Kandungan omega 3 nya berperan menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang berperan menetralisir kelebihan lemak jenuh penyebab kolesterol.

3. Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi kacang polong dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Kacang polong dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan cara membuat perut merasa kenyang lebih lama.

4. Melindungi mata

Kacang polong yang disimpan dalam keadaan dibekukan, mengandung Vitamin C, sumber serat dan mengandung lutein yakni senyawa penting untuk kesehatan mata. Kemudian kandungan antioksidan, seperti vitamin C, folat dan vitamin B bersama dengan lutein dan zeaxanthinnya menjadi peran utama pelindung mata dari degenerasi macular. Kemudian vitamin A, mampu mempertahankan kesehatan mata sekaligus antioksidan optimal untuk kesehatan mata dan tubuh.

5. Meningkatkan massa otot

Kacang polong mengandung protein nabati, yang mudah dicerna dan mengandung senyawa tinggi berguna untuk membangun massa otot seperti glutamin dan asam amino. Setiap 100 gr polong berisi 9 gram protein sehat tanpa senyawa anti-nutrisi si penyebab penghambatan penyerapan vitamin dan mineral di organ pencernaan.

6. Mencegah osteoporosis

Kacang polong mengandung sejumlan vitamin yakni vitamin  A, B1, B6, C dan K yang penting dalam melawan penyebab osteoporosis. Akibatnya tulang menjadi lebih kuat. Antioksidannya mampu melawan efek penuaan, Folat berperan dalam perkembangan sel-sel, dan membantu tubuh mencegah homosistesin penyebab resiko osteoporosis.

7. Mencegah penyakit jantung

Kacang polong adalah tanaman dengan kandungan nutrisi yang baik dalam mencegah penyakit kardiovaskular yakni penyakit jantung. Antioksidan adalah bagian penting anti-inflamasi termasuk Omega 3 yang mampu membentuk asam alpha-linolenic (ALA) yang berperan melawan lemak jahat atau kolestrol penyebab penyakit jantung. Zat fitonutrien, sapion, flavanol juga baik untuk kesehatan jantung, kemudian Flavanol mampu mencegah pembekuan darah, penyebab penyakit jantung.

Efek Samping Kacang Polong

Meskipun mengkonsumsi kacang polong sangatlah baik bagi kesehatan, ditambah dengan rendah kalori dari tambahan nutrisi yang cukup lengkap, tapi kacang polong senyawa oligosakarida, yakni salah satu senyawa yang menghasilkan molekul gula yang susah untuk dicerna oleh tubuh. Akibatnya membuat perut menjadi kembung. Kemudian, orang yang memiliki sensitifitas mengkonsumsi kacang, polong juga dapat menimbulkan alergi akibat dari reaksi yang berlebihan dari sistem kekebalan  terhadap zat protein yang sering ditemukan di kacang polong.  Menurut penelitian, tubuh kita tidak dapat mengenali protein aman yang berasal dari kacang ini sehingga mampu menciptakan sistem pertahanan untuk melawan protein tersebut. Kemudian antibodi IgE yang masuk kedalam aliran darah juga akan menimbulkan reaksi berantai penyebab sel mast yang berfungsi menghasilkan histamin tinggi. Histamin sendiri adalah penyebab peradangan jaringan lunak yang memicu munculnya tanda-tanda alergi. Jika gejala alergi ptotein akibat kacang polong tidak diatasi maka bisa mengakibatkan gangguan komplikasi pernapasan, sulitnya usus melakukan pencernaan dan terjadinya reaksi di kulit. Komplikasi pernapasan akan menghasilkan tanda seperti sesak napas, batuk, mengi, bersin dan hidung tersumbat, mata gatal serta iritasi tenggorokan. Alergi juga akan menimbulkan sejumlah masalah seperti kram perit, muntah, perutber gas, kembung dan diare.

Demikian beberapa manfaat sehat sekaligu bahaya yang terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi kacang polong. Semoga bermanfaat!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top