Inspiration

Sosok Di Balik Ghiana Fianny Yang Mensukseskan Line Webtoon

 Sosok Di Balik Ghiana Fianny Yang Mensukseskan Line Webtoon

Siapa sangka ternyata ada wanita bernama Ghiana Fianny yang melatar belakangi hadirnya sebuah aplikasi kartoon berbasis web yang banyak digemari kalangan muda termasuk pemuda Indonesia. Sosok dibalik Ghiana Fianny yang mensukseskan Line Webtoon memang bisa jadi salah satu inspirasi kita. Kisah suksesnya memang bisa dibilang cukup asing kita ketahui, namun bisa menginsiprasi para rekan-rekan yangenggemari komik online berbasis aplikasi Line Webtoon. Yah, selama ini Line Webtoon merupakan salah satu aplikasi chatting asal Korea Selatan yang populer.

Sponsor: halojasa

Sosok Di Balik Ghiana Fianny Yang Mensukseskan Line Webtoon

Meski Indonesia bukan pengembang asli aplikasi chat ini, namun kebanyakan pembacanya berasal dari Indonesia. Salah satu yang jadi penyumbang kreatifitas weebtoon adalah Ghina Fianny, manager LINE Webtoon Indonesia. Seperti apa perjalanan dan kisah di balik sosok insilatif komikus online yang satu ini?

Kisah sebelum bergabung dengan perusahaan Line Webtoon Wanita yang lulus dari salah satu perguruan negeri tanah air Institut Teknologi Bandung ini mengambil jurusan kesenian Fakultas Seni Rupa Dan Desain. Dirinya memulai karir sebagai penulis konten pada sebuah perusahaan digital bernama Seratus Company. Dengan pengalaman yang didapatnya hampir 9 bulan itu rasanya sudah cukup bagi Ghina untuk memutuskan beralih ke perusahaan lain betnama JobsDB. Di perusahaan tersebut, dirinya pun masih memegang posisi sama yakni sebagai content writer.

Menginjak tahun 2015, aplikaai LINE Webtoon untuk pertama kalinya mulai dikembangkan di Indonesia. Karena sudah merasa kemampuannya pada bidang visual dan pembuatan konten cocok diterapkan di layanan LINE Webtoon yang berbasis komik online, maka  dirinya mulai tertarik mencoba. Perlahan Ghina mulai mendaftarkan diri dan langsung diterima sebagai manager di LINE Webtoon Indonesia. Berkat diterimanya ia menjagi manager di salah satu perusahaan online, membuat Ghina belajar bagaimana caranya mengembangkan Line Webtoon di pasar Indonesia. Dirinya mulai belajar dan menerapkan strategi agar bisa menggait banyak pembaca aplikasi ini.

Tanggung Jawab Sebagai Manager

Menjadi salah satu pengembang Line Webtoon Indonesia dengan posisi manager membuat Ghina memiliki tanggung jawab besar untuk mengatur dan memanag para pembaca termasuk komikus Indonesia yang ingin bergabung dengan layanan ini. Bagi Ghina, Indonesia sendiri memiliki banyak para
komikus berbakat sehingga berpotensi untuk bersaing dengan para kominikus luar negeri. Tak hanya mencari para komikus berbakat, dirinya juga harus pandai menyeleksi setiap karya komik mana yang benar-benar berkualitas sehingga layak dinikmati. Untuk memulai pemilihan, maka dibuat pula kompetisi Webtoon Challenge dan berhasil menjaring sekitar 88 judul komik dari 7 ribu judul yang telah masuk. Akhirnya sebanyak 52 komik diterbitkan dan 36 komik diantaranya berasal dari karya komikus muda asal Indonesia.

Sosok Di Balik Ghiana Fianny Yang Mensukseskan Line Webtoon

Seperti Apakah Tantangan Pengembangan Webtoon Indonesia?

Meskipun ada lebih dari 6 juta pembaca Webtoon, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pembaca tertinggi setiap bulannya. Sayangnya Ghina mengungkap bahwa masih ada kendala untuk mengangkat tema dari para komikus lokal yang menyajikan unsur budaya. Sayang kebanyakan komikus lokal masih banyak memilih tema mainstream seperti romansa. Meski disadari tema tersebut memang masih banyak digemari dan mendatangkan banyak pembaca terutama kaum hawa.

Itulah beberapa kisah dan tantangan Ghina Fianny yang berangkat dari seorang content writer biasa menjadi seorang manager dari perusahaan populer Indonesia, Line Webtoon. Semoga kisahnya mampu membuat Anda terinspirasi dan lebih giat dalam mengambil peluang. Jika Anda tertari dengan sosok inspratif Ghina bisa mencoba lakukan perubahan hidup salah satunya belajar kemampuan digital marketing.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top