Olahraga

Sit Up Ternyata Punya Efek Merugikan

Sit Up Ternyata Punya Efek Merugikan

Benarkan sit up ternyata punya efek merugikan bagi tubuh kita?  Seperti telah diketahui untuk mendapatkan badan yang sehat serta membentuk otot tubuh diperlukan olahraga secara teratur dalam setiap harinya. Salah satu jenis olahraga yang sangat ampuh untuk membentuk otot tubuh adalah dengan melakukan sit-up. Sit-up adalah jenis olahraga dengan cara posisi tidur telentang kemudian bangun dan tidur kembali secara berulang-ulang. Selain bermanfaat untuk kesehatan serta sangat ampuh untuk membentuk otot tubuh perut ini ternyata juga mempunyai efek negatif dan merugikan.

Sponsor: kezia skin expert

  • Sit-up Tidak Dapat Meningkatkan Performa Atletik

Seperti telah diketahui sit-up berperan besar dalam membentuk otot tubuh agar terlihat atletis. Akan tetapi sit-up hanya akan memberikan bentuk tubuh yang atletis saja dan tidak meningkatkan performa atletik. Olahraga ini difokuskan hanya untuk membentuk tubuh serta mengencangkan otot dan tidak bertujuan untuk meningkatkan tenaga. Berbeda dengan jenis olahraga seperti lari, berenang, dan olahraga lainnya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa atletik. Untuk itu bagi Anda yang suka dengan olahraga sit-up memang bentuk tubuh yang atletis dapat diperolah, akan tetapi hal tersebut tidak akan berpengaruh pada performa serta tenaga atletik Anda.

  • Tekanan Pada Saraf Tulang Belakang

Salah satu dampak merugikan dari melakukan sit-up adalah tekanan saraf pada tulang belakang. Menurut sebuah penelitian para ilmuwan mengungkapkan bahwa orang yang secara terus menerus melakukan sit-up dalam setiap harinya akan sangat beresiko mengalami cidera pada tulang belakang. Cidera tersebut berupa saraf pada tulang belakang akan tertekan karena dampak dari membungkuk secara terus menerus ketika sedang melakukan sit-up. Tekanan pada saraf tulang belakang tersebut dapat mengakibatkan berbagai masalah seperti sakit pada bagian punggung atau bahkan dapat menyebabkan hernia. Untuk itu agar Anda terhindar dari resiko berbagai masalah tersebut ada baiknya Anda tidak terlalu sering melakukan sit-up dan lebih memilih jenis olahraga lainnya yang minim efek samping yang merugikan.

  • Sangat Rentan Mengalami Cidera

Dampak negatif lainnya dari melakukan sit-up adalah rentan mengalami cidera. Cidera dapat saja terjadi kepada setiap siapapun yang berolahraga, akan tetapi cidera sangat rentan terjadi pada jenis olahraga yang membutuhkan banyak tenaga dan juga gerakan di dalamnya seperti sit-up ini salah satu contohnya. Gerakan yang sering membungkukkan badan secara terus menerus selain membuat saraf pada tulang belakang menjadi tertekan juga sangat beresiko membuat Anda mengalami cidera. Memang resiko mengalami cidera sudah diantisipasi dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu akan tetapi kegiatan sperti sit-up ini banyak melakukan gerakan membungkuk secara terus menerus sehingga sangat dikhawatirkan dapat membuat Anda mengalami cidera.

Setiap jenis olahraga pastinya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Jika dilakukan dengan benar serta kadarnya yang tidak berlebihan pastinya olahraga apapu itu sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menghindarkan Anda dari resiko mengalami berbagai masalah serta efek negatif dari olahraga tersebut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top