Inspiration

Sifat Orang Jepang Yang Patut Ditiru

Sifat Orang Jepang Yang Patut Ditiru

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa negara Jepang termasuk ke dalam jajaran negara sukses di dunia. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukan tanpa alasan. Dimana alasan utamanya adalah sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara Jepang. Seperti yang diketahui, negara Jepang unggul dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang kreatif, teknologi, hiburan hingga pendidikan. Sesuatu yang tentunya membuat banyak orang yang menjadi penasaran. Dari mana semua keunggulan tersebut bisa dimiliki oleh negara Jepang. Yang bahkan bisa dibilang negaranya tidak terlalu luas tersebut. Namun ternyata memiliki potensi yang sangat luar biasa. Semua hal tersebut bisa terjadi tentunya karena negara Jepang memiliki sumber daya manusia yang unggul. Sesuatu yang tentunya banyak negara lain menjadi iri tentunya. Apalagi bagi kita yang ingin meniru kesuksesan yang dimiliki oleh negara Jepang. Maka sepertinya hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari kemudian meniru sifat-sifat baik yang dimiliki oleh orang Jepang. Agar nantinya kita bisa mengetahui rahasia mereka bisa mencapai segala kegemilangan yang dimiliki. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan sifat orang Jepang yang patut untuk ditiru.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Sifat Orang Jepang Yang Patut Ditiru

  1. Budaya Malu

Sifat Orang Jepang Yang Patut Ditiru

Sifat pertama yang pastinya dimiliki oleh semua orang Jepang adalah sifat malu mereka yang sangat tinggi. Bahkan bisa dibilang, sifat malu tersebut telah menjadi budaya yang mengakar kuat pada setiap sendi-sendi kehidupan disana. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai media yang seringkali mengabarkan bahwa banyak pejabat Jepang yang memutuskan untuk mengundurkan diri setelah tahu melakukan kesalahan. Mulai dari melakukan korupsi hingga menyalahkan wewenangnya sebagai pejabat. Budaya malu tersebut sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu. Yang paling terkenal adalah budaya harakiri bagi para samurai yang gagal memenangkan perang. Karena bagi mereka lebih baik menghadapi kematian daripada menghadapi rasa malu akibat kegagalan mengemban tanggung jawab. Walaupun tentunya kita tidak perlu meniru sifat malu tersebut hingga seekstrim itu. Yang perlu kita tiru adalah rasa malu apabila tidak mampu mengemban tanggung jawab yang diberikan pada kita. Sekaligus malu apabila kita tidak bisa memenuhi ekspektasi tersebut.

  1. Pekerja Keras

Sifat berikutnya yang bisa ditiru dari orang Jepang adalah sifat kerja keras mereka. Dimana hal tersebut sudah dapat terlihat dari rutinitas kerja mereka setiap harinya. Menurut salah satu penelitian, Jepang adalah negara dengan pekerja yang paling rajin sedunia. Bahkan mengalahkan Amerika yang membiarkan negaranya berada di posisi kedua. Dimana masih menurut penelitian tersebut, pekerjaan yang biasanya membutuhkan delapan hingga Sembilan orang dalam sehari maka bisa dilakukan oleh seorang pekerja di Jepang. Sebuah intensitas dan efektifitas kerja yang patut untuk ditiru tentunya. Bahkan ada semacam budaya bahwa bagi mereka yang pulang kerja sebelum waktunya sebagai karyawan yang tidak patuh dan juga bukan karyawan unggulan. Sesuatu yang membuat banyak pekerja di Jepang selalu bekerja sesuai jadwal bahkan sering melebihi jadwal kerja yang ada.

  1. Budaya Membaca

Nilai positif lainnya yang dimiliki orang-orang di Jepang adalah kegemarannya dalam membaca. Hal tersebut dapat terlihat dari kebiasaan orang Jepang yang tidak pernah bisa dipisahkan dari buku. Dimana pandangan tersebut dapat terlihat langsung ketika orang-orang Jepang sedang berangkat bekerja, bersekolah maupun kegiatan yang lainnya. Pasti kebanyakan dari orang Jepang tersebut memutuskan untuk ditemani sebuah buku dalam menghabiskan waktu di dalam perjalanan tersebut. Sehingga tidak heran apabila minat baca yang dimiliki oleh negara Jepang sangat tinggi. Sesuatu yang kemudian berkorelasi langsung dengan pemahaman, pengetahuan dan wawasan yang sangat luas para orang Jepang. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pengetahuan dan ilmu yang bisa didapatkan dari membaca buku. Sesuatu yang sepertinya masih sulit untuk diikuti oleh orang-orang di negara berkembang tidak terkecuali Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari kebiasaan kebanyakan orang Indonesia yang lebih suka bermain gadget untuk membunuh waktu daripada membaca buku. Jadi mulailah mengubah kebiasaan tersebut dan mulai bersahabat baik dengan berbagai macam buku.

  1. Mandiri

Sifat mandiri tentunya diperlukan untuk bisa menjadi pribadi yang disiplin dan juga mengandalkan dirinya sendiri. Sebuah kombinasi yang sangat diperlukan untuk menghadapi dunia yang keras. Dimana ternyata sifat mandiri tersebut sudah jauh-jauh hari diberikan maupun dipelajari oleh orang Jepang. Hal tersebut sudah terlihat dari anak-anak usia taman kanak-kanak di Jepang ternyata sudah diajari tentang mandiri sejak dini. Hal tersebut terlihat dari mereka yang sudah tidak diantarkan oleh kedua orang tua mereka sejak usia yang begitu dini. Bahkan juga mereka sudah diajari untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri dengan membawa bekal makan sendiri dan mengurus perbekalan mereka sendiri. Sesuatu yang kemudian membentuk sifat mental mandiri mereka sejak usia dini.

  1. Kerja Berkelompok

Sifat Orang Jepang Yang Patut Ditiru

Nilai baik lainnya yang patut ditiru adalah sifat bekerja berkelompok khas orang Jepang. Dimana ada semacam culture atau budaya orang Jepang yang enggan untuk mengerjakan sesuatu secara individualistis atau seorang diri. Hampir banyak pekerjaan di Jepang seringkali dikerjakan secara berkelompok atau bersama-sama. Sesuatu yang kemudian membuat Jepang juga dikenal sebagai negara dengan tingkat gotong royong yang tinggi. Dimana cara tersebut membuat tingkat keberhasilan bisa ditingkatkan dengan presenstasi lebih luas daripada presentasi keberhasilan yang dikerjakan seorang diri. Sehingga tidak heran apabila individualistis bukanlah budaya orang Jepang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top