Travelling

Serunya piknik bersama keluarga di Kebun Raya Purwodadi

Bila kita perhatikan kalender di bulan ini dan bulan depan, ternyata terdapat cukup banyak long weekend. Sebelum masuk bulan ramadhan dan lebaran. Nah tidak ada salahnya bukan kalau kita memanfaatkan long weekend tersebut untuk sejenak melepaskan kepenatan pikiran dari beban pekerjaan yang setiap hari menuntut kita untuk berjibaku menghadapinya. Pilihan untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan pemandangan alam nan hijau mungkin bisa membantu anda untuk melepaskan kepenatan pikiran. Jangan lupa ajak sekalian istri dan anak anda. Ini akan menjadikan momen yang indah untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta. Sebagai saran, mungkin anda bisa melakukan piknik bersama keluarga di kebun raya purwodadi sebagai salah satu rujukan tempat refreshing.

piknik bersama keluarga di Kebun Raya Purwodadi

Sponsor – cream pemutih wajah

Kebun raya purwodadi merupakan salah satu tempat konservasi bagi ribuan jenis tanaman. Kebun raya ini terletak di purwodadi sebelah selatan kota Sidoarjo. Untuk menuju kesana ada banyak transportasi umum yang bisa digunakan. Bila anda menggunakan bus dari sidoarjo atau surabaya anda harus naik bus dari terminal bungurasih. Pilihlah bus dengan tujuan Malang. Karena kendaraan apapun yang akan menuju Malang akan melewati tepat di depan kebun raya purwodadi ini. Harga tiket bus pun sangat murah, hanya 10.000 untuk satu orang. Perjalanan menggunakan bus ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Dan biasanya anda akan turun di purwosari bukan di depan pintu gerbang kebun raya purwodadi. Hal ini dikarenakan kendaraan MPU besar dilarang berhenti di depan kebun raya agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas. Ketika turun di purwosari anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik mobil angkutan umum berupa ELF atau masyarakat sekitar seringkali menyebutnya Bison. Harga ongkos naik Bison ini hanya 2000 dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke depan kebun raya purwdadi.

Sedangkan bila anda menggunakan transportasi kereta api maka anda harus turun di stasiun Lawang. Dan dari stasiun Lawang anda harus naik Elf atau Bison ke arah surabaya. harga ongkos Bison dari stasiun Lawang ke kebun raya purwodadi juga hampir sama dengan ongkos dari purwosari ke purwodadi. Namun bila anda menggunakan mobil pribadi maka akan lebih mudah lagi karena aksesnya sangat terjangkau. Letak kebun raya purwodadi ini pas sebelah jalan antar kota Surabaya – Malang. Artinya bila anda dari Sidoarjo atau Surabaya menuju arah Malang maka anda pasti akan melewati depan kebun raya terbesar di Jawa Timur ini.

Untuk harga tiket masuknya pun sangat murah sekali. hanya dengan 6000 rupiah anda bisa masuk ke kebun raya ini. Bila anda ingin membawa mobil anda masuk ke dalam kawasan kebun raya purwodadi maka anda akan dikenakan biaya sebesar 10.000 sebagai tambahan. Mengapa perlu membawa mobil untuk masuk ke kawasan ini? Karena kawasan ini sangatlah luas sekali. anda akan merasa lelah sekali bila mengelilingi kebun raya ini dengan berjalan kaki.

Kebun raya purwodadi memang digunakan sebagai pusat konservasi dan penelitian tentang tumbuhan berbagai jenis. Terdapat ribuan jenis tanaman yang dikembangkan di tempat ini. Meski demikian kebun raya purwodadi ini juga menjadi salah satu tempat wisata. Oleh karena itu kebun raya purwodadi ini juga memiliki spot-spot yang cocok untuk berekreasi. Salah satunya adalah taman tematik.

Sesuai dengan namanya taman tematik ini adalah taman yang berisikan tumbuhan dengan tema tertentu. Misalnya taman texas, maka taman ini berisikan berbagai tanaman yang mencerminkan keadaan texas yang kering. Sehingga tanaman yang tumbuh seperti kaktus dan sejenisnya. Selain itu juga ada taman toga yang berisikan tanaman-tanaman toga. Disini anda bisa rekreasi sekaligus menjadi sarana pembelajaran bagi putra-putri anda.

Di tempat ini jangan kawatir anda akan kekurangan tempat untuk menggelar tikar dan bermain kejar-kejaran dengan putra putri anda, karena tempat ini sangat luas sekali. terdapat banyak tanah lapang yang bisa dijadikan tempat piknik bersama keluarga kecil anda.

Suasana yang sejuk dan teduh karena pepohonan lebat yang menjadi payung anda ketika piknik menambah nikmat suasana rekreasi anda bersama keluarga. Belum lagi ketika anda sesekali mendengar suara burung yang berkicau dari dahan pohon di sekeliling anda. Benas-benar menjadikan anda bersama keluarga menjadi malas untuk beranjak pulang ke rumah.

Anda bisa berangkat dari rumah pagi hari sebelum jam 6 agar tidak terjebak kemacetan yang seringkali terjadi di daerah porong dan pasuruan. Dan apabila anda bisa tiba di kawasan ini pagi hari, anda akan mendapatkan kesempatan menikmati kesejukan alami yang ditawarkan dari kawasan ini. Untuk pulangnya, usahakan jangan melebihi petang hari. Karena biasanya ketika waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore maka petugas akan menganjurkan untuk segera pulang. karena kawasan yang sangat luas ini akan berubah menjadi gelap gulita ketika malam tiba. Jangan sampai anda tersesat akibat kemalaman berada di tempat ini.

Di kawasan ini memang tidak melarang pengunjung membawa makanan dari luar. Namun meski demikian anda sebagai wisatawan yang peduli terhadap kelestarian tempat wisata ini, harus selalu menjaga kebersihan tempat ini. Pihak pengelola telah menyediakan beberapa tempat sampah yang tersebar di seluruh kawasan ini.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top