Manfaat Buah

Sering Terpapar Polusi, Tangkal Dengan Buah Ini

Sering Terpapar Polusi, Tangkal Dengan Buah Ini

Menurut penelitian polusi udara menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Polusi juga menjadi penyumbang utama radikal bebas yang mampu merusak sistem imun dalam tubuh dan menjadi faktor pemicu penuaan dini. Selain olahraga, istirahat dan perbanyak minum air, mengkonsumsi buah adalah mencegahan utama terhadap paparan polusi karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Antioksidan penting untuk menangkal masuknya zat berbahaya dan menjadi anti radikal. Menurut  data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), hampir 3 juta orang setiap tahunnya tahun meninggal akibat pengaruh paparan polusi udara, dimana 600 ribu diantanya adalah anak-anak. Karena kesehatan adalah aset berharga kita, maka bagi Anda dan keluarga yang sering terpapar polusi, tangkal dengan buah penangkan polusi penyebab radikal.

Sering Terpapar Polusi, Tangkal Dengan Buah Ini

1. Buah Naga

Buah naga dengan kulit berwarna merahnya ini mengandung zat antioksidan yakni antosianin. Selain buah naga, buah yang berwarna serupa dan ungu juga memiliki antosianin tinggi.  Antosianin adalah jenis antioksidan penting penangkal radikal bebas.

Sering Terpapar Polusi, Tangkal Dengan Buah Ini

2. Tomat

Meski sama-sama berwarna merah, buah tomat justru tidak mengandung antosianin yang sama dengan buah naga namun mengandung antioksidan lain berupa zat likopen. Kelebihan zat ini adalah sebagai zat dengan sifat anti kanker. Kontribusi terbesar zat likopen adalah obat antioksidan golongan karotenoid dan dinilai lebih efektif dibandingkan antioksidan golongan karotenid dan sejenisnya. Menurut Dr. Edward Giovannucci, profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health menyebut bahwa likopen memiliki sifat khusus yang dapat melindungi sel dengan kerusakan dan menjadi salah satu langkah terbaik mencegah kanker prostat dan kandung kemih.

Sering Terpapar Polusi, Tangkal Dengan Buah Ini

3. Jeruk dan buah kaya vitamin C

Buah yang kaya vitamin c seperti strawberry, jeruk, anggur atau buah lainnya telah banyak dijadikan bahan alami oleh para peneliti sebagai makanan kaya antioksidan alami. Tak hanya itu, vitamin C dapat juga membantu  enzim pencernaan, dan pembentuk  kolagen dan struktur protein. Mengkonsumsi sari buah jeruk dapat memenuhi sekitar 40-70 mg vitamin C per 100 ml. Namun untuk mendapat manfaatnya sebaiknya pilih jeruk yang rasanya sedikit asam. Sebab semakin manis rasanya, semakin berkurang kandungan vitamin C nya.

Sering Terpapar Polusi, Tangkal Dengan Buah Ini

4. Buah mengandung vitamin B

Menuruy WHO, populasi lebih banyak tinggal di daerah yang udaranya buruk sebanyak 90%. Dampaknya nya juga tidak sedikit karena partikel halis PM2,5 dapat masuk ke dalam tubuh seperti paru-paru, pembuluh darah dan merusak genetik. Menanggapi hal tersebut, peneliti internasional telah mencoba apakah vitamin B dapat digunakan untuk obat melawan dampak buruk polusi. Hasilnya, responden yang mendapat suplemen vitamin B ternyata mampu mengurangi dampak polusi sebanya 28-76 % dan DNA tubuh diketahui juga terlindungi. Buah yang kaya vitamin B salah satunya melon yang mengandung vitamin B cukup lengkap. Disusul buah blackberry, apel dan pisang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Comments

comments

To Top