Motivation

Sering Menunda Pekerjaan, Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu

Sering Menunda Pekerjaan, Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu

Ketika pekerjaan menumpuk, tak ada waktu lagi buat kamu bisa bersantai. Mengejar deatline justru bisa membuat pekerjaan jadi super berantakan, tidak sesuai bahkan salah. Jika sudah begitu, tentu atasan yang akan geram melihat pekerjaan yang ditanggunggan padamu. Jika kamu termasuk orang suka membuang banyak waktu untuk bersantai, lama kelamaan banyak pekerjaan yang menumpuk. Dan stress adalah salah satu hasilnya dari kejar deadline.

Sponsor: cream perawatan wajah

“ah, waktu masih panjang. Nanti saja dikerjaka”. Bukan malah dikerjalam, kamu justru tengah asyik bersantai. Padahal waktu sangat cepat sementara tugas yang ditanggungkan belum selesai. Jika hal itu terus terjadi, artinya kami butuh motivasi penuh dan suntikan semangat agar dapat menghadapi rasa malas. Siapa bilang menunda pekerjaan itu enak, semakin banyak pekerjaan kamu semakin susah untuk dikerjakan. Dan bagi yang sering menunda pekerjaan karena berfikir bahwa masih banyak waktu, berikut ini tips agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

    Sering Menunda Pekerjaan, Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu

1. Lakukan struktur pekerjaan saat menunda

Melakukan struktur pekerjaan adalah langkah awal yang bisa dilakukan. Jika kamu termasuk orang yang suka menunda pekerjaan, buatlah struktur penundaan dengan mencatat daftar pekerjaan satu persatu. Tulis juga waktu yang diberikan untuk mengerjakan tugas tersebut. Kamu juga harus memperkirakan waktu yang di perlukan untuk mengerjakan hal tersebut. Jika daftar penundaan telah tersusum, maka tunda pekerjaan kamu yang tidak mendasak sampai batas waktu yang ditentukan. Membuat daftar pekerjaan mana yang harus lebih dahulu adalah kunci keberhasilan pertama bagi kamu yang suka menunda pekerjaan.

Sering Menunda Pekerjaan, Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu

2. Trik disaat rasa malas datang ketika saat akan mengerjakan sesuatu

Kita semua tahu bahwa rasa malas bisa muncul kapan saja. Jika kamu termasuk orang yang suka menunda pekerjaan, bad mood adalah hal yang biasa terjadi. Tapi jika kamu terus mengalir bersama arus kemalasan, maka pekerjaan tak akan pernah selesai. Akibatnya, masalah yang lebih besar bisa terjadi. Hal yang harus dilakukan yakni membangkitkan kembali semangat dengan mendengarkan musih, atau bernyayi sambil mencicil pekerjaan satu persatu. Hasilnya, tanpa sadar pekerjaan kamu bisa selesai tepat waktu. Jika tiba-tiba kamu merasakan rasa bosan yang berkepanjangan habus rasa jenuh itu dengan memberi waktu sejenak untuk istirahat. Kamu juga bisa menonton video dan bisa ulangi hal sama saat rasa bosan kembali hadir.

Sering Menunda Pekerjaan, Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu

3. Kerjakan tugas yang paling mendesak

Perlu dingat bahwa tugas yang pertama hayus segera diselesaikan lebih dahulu. Dan pilih tugas yang memiliki tenggang waktu paling singkat dan bukan yang lama. Pilih pekerjaan yang memiliki deadline paling dekat untuk diakhiri. Biasanya mengerjakan tugas dengan deadline yang singkat bisa membantu kamu yang suka bermalas-malasan untuk mengerjakannya dengan cepat dan tanggap. Jika pekerjaan telah usai, kamu boleh bersantai kembali namun bukan berarti mengulangi rasa malas yang sama untuk pekerjaan berikutnya. Ingat bahwa kunci kualitas hidup kamu salah satunya adalah semakin cepat tugas terselesaikan, maka semakin hilang beban hidup. Dan kamu juga bisa memanfaatkan banyak waktu untuk pekerjaan dan hal lain.

Sering Menunda Pekerjaan, Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu

4. Kerjakan tugas yang paling kamu sukai

Salah satu pilihan bagi yang suka menunda pekerjaan adalah memilih yang kamu paling suka. Atau yang kamu anggap paling mudah untuk dikerjakan lebih dahulu. Bekerja dengan perasaan senang akibat dari memilih tugas paling mudah akan memberikan energi positif. Menurut banyak ahli, rasa senang akan memunculkan energi positif. Semakin positif energi, dan semakin senang kamu mengerjakan tugas, maka semakin pekerjaan semakin terselesaikan dengan mudah. Tanpa sadar kamu juga akan mengerjakan tugas dengan cepat akibat deadline yang makin mendesak. Jadi jangan sia-siakan waktu dan kesempatan dan kerjakan tugas yang paling mudah. Jangan lupa buat skala prioritas dengan memilih pekerjaan termudah untuk waktu tercepat. Dan pilih pekerjaan tersulit dengan jangka waktu cukup lama. Pekerjaan dengan skala mudah tentu memakan waktu sedikit, begitu sebaliknya, semakin sulit pekerjaan maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan, terlebih jika pekerjaan itu membutuhkan kemampuan berfikir dan strategi yang tepat.

Sering Menunda Pekerjaan, Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu

5. Tetap santai dan tenang saat deadline tiba

Agar pekerjaan kamu cepat selesai, jangan panik, tergesa-gesa yang bisa membuat pekerjaan jadi berantakan membuat stress. Tetap santai dan tenang. Ketika waktu makin mendesak, memang menjadi tantangan luar biasa bagi orang yang terbiasa  menunda pekerjaan yang menjadi kebiasaannya mengerjakan tugas di akhir waktu. Sikap tenan justru bisa membuat pekerjaan kamu lebih stabil. Yang paling penting adalah tetap bertanggungjawa dengan tugas dan jangan jadi orang yang melalaikan pekerjaan. Penting untuk kamu selalu melihat jam agar bisa membaca waktu dan menyelesaikan tugas dengan tepat.

Jadi, hentikan kebiasaan suka menunda pekerjaan. Curahkan semua usaha sesuai tanggungjawab yang kamu ambil. Karena pengorbanan tak akan menipu, pekerjaan baik kamu akan memberi manfaat dan keuntungan besar dimasa berikutnya. Ingatlah bahwa sikap suka menunda pekerjaan dan bermalas-malasan bisa menjadi kunci hidup yang tidak sehat. Pasalnya, semakin banyak pekerjaan akibat menumpuk maka semakin membuat pikiran jadi stress, lemas, tidak bertenaga dan bisa menurunkan kualitas pekerjaan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top