Info Kedokteran

Sering Bersin Karena Alergi? Ini Cara Mengatasinya

Bersin merupakan salah satu masalah yang mengakibatkan hidung kita belendir disertai hidung tersumbat.  Jika seseorang terkena alergi misalnya, maka ia bisa bereaksi akibat benda asing yang masuk ke dalam saluran hidung seperti debu, bulu hewan atau serbuk sari. Untuk mengatasi hal tersebut, jangan sampai sembarang obat dikonsumsi karena flu akibat alergi berbeda dengan flu karena virua. Biasanya, dokter akan memberi obat semprot dengan antihistamin untuk meredakan gejala flu. Meski kini banya obat alternatif lain juga bisa digunakan. Jadi, seperti apakah cara mengatasi bersin karena alergi?

Sponsor: dr rochelle skin expert

Sering Bersin Karena Alergi Ini Cara Mengatasinya

1. Mengobati alergi bersin dengan terapi imun

Langkah biasa yang sering disarankan  oleh ahli kesehatan khususnya dokter pada pasien flu adalah dengan mengobati alergi melalui terapi imun. Langkah ini berguna untuk membantu mengembalikan vitalitas tubuh yang menurun akibat sistem kekebalan tubuhnha terjangkin flu. Dengan salah satu terapi bernama Sublingual immunotherapy (SLIT) ini mampu bekerja dengan cara memberikan obat tetes. Obat ini nantinya akan diteteskan tepat di bawah lidah. Guna dari terapi ini memang sengaja dilakukan agar sistem imun tubuh dapat terlatih untuk mentoleransi masuknya alergen ke dalam tubuh.

Menurut dr Deborah Gentle, ahli kesehatan dan spesialis alergi dari Allegheny Health Network mengungkap jika pasien yang mendapatkan terapi imun ini secara perlahan akan meningkatkan kembali sistem imun yang sebelumnya menurun akibat alergi dari serbuk bunga. Studi lain dari Journal of the American Medical Association SLIT, terapi juga membantu mengurangi gejala asma dan alergi musiman mencapai 40%.

Sering Bersin Karena Alergi Ini Cara Mengatasinya

2. Akupunktur untuk mencegah risiko ketergantungan obat alergi

Cara berikutnya yang bisa berguna dan membantu pasien dengan gangguan alergi bersin adalah memakai akupuntur. Menurut beberapa praktisi, akupuntur ini dikaitkan dengan terapi guna membantu mengurangi rasa sakit. Akupunktur yang biasa dilakukan yakni dengan memakai alat berupa jarum-jarum kecil yang ditanam atau disuntikkan kedalam tubuh pasien beberapa saat sebelum nantinya jarum diambil kembali. Ada studi terkait akupuntur yang menyatakan bahwa praktik tradisional ini bisa meredakan gejala alergi akibat pergantian musim. Selain meredakan gejala bersin, hidung meler dan tersumbat, akupuntur bisa juga membantu mengatasi mata gatal yang sering muncul setelah bersin.

Pendapat serupa juga diungkap oleh badan American Academy of Medical Acupuncture dimana pasien yang menggunakan metode akupunktur bisa berguna meminimalkan alergi dan mengurangi ketergantungan obat pada pasien. Bagi mereka, inilah metode komplementer yang bermanfaat dan aman digunakan.

Sering Bersin Karena Alergi Ini Cara Mengatasinya

3. Olahraga untuk redakan gejala alergi

Olahraga adalah bentuk terapi selain membuat tubuh bugar dan fit juga membantu menyembuhkan alergi. Salah satu aktifitas fisik yang banyak diyakini mampu redakan gejala alergi adalah lari. Dari hasil studi yang diterbitkan oleh Asian Pacific Journal of Allergy and Immunology 2013 ditemukan adalah fakta jika berlari selama 30 menit mampu mengurangi gejala alergi seperti bersin disertai hidung meler, hidung tersumbat, gatal pada hidung hingga 70 persen. Menurut penelitian itu, diyakini bahwa olahraga kardio akan membantu menenangkan protein inflamasi yang ada di sepanjang salurah hidung sehingga mencegah munculnya tanda alergi. Dan kata dr Gentle, olahraga yang dilakukan oleh pasien flu akan membantu menstimulasi sistem imunnya sehingga tubuh akan terlindung dari pengaruh alergi.

Sering Bersin Karena Alergi Ini Cara Mengatasinya

4. Obat herbal dan suplemen adalah pilihan

Kebanyakan orang akan memilih mengkonsumsi obat untuk mengurangi gejala bersin. Beberapa obat tersebut bahkan bisa didapar secara bebas di toko obat atau apotik. Dan sebagian orang lainnya akan memilih obat herbal untuk mengurangi paparan alergi karena dianggap memiliki kandungan berbeda dan lebih rendah risiko paparan bahan kimia. Meski begitu, perlu diketahui bahwa penggunaan obat kimia, obat herbal atau suplemen memiliki berbeda aturan yang harus ditaati. Artinya tidak semua obat atau suplemen bisa dikonsumsi secara bebas dan sembarangan. Namun jika memang mengharuskan minum obat, maka bisa memilih obat yang mengandung minyak ikan atau dari tanaman butterbur (hasil kerabat dari bunga matahari).

Dari studi British Medical Journal pada 2002 dijelaskan bahwa obat yang berasal dari butterbur membantu kurangi dampak gejala demam, sedangkan dalam American Review of Respiratory Diseases dijelaskan kaitan antara minyak ikan dengan efek anti inflamasi untuk penderita alergi.

Sering Bersin Karena Alergi Ini Cara Mengatasinya

5. Makan coklat bisa jadi pilihan tepat atasi alergi

Siapa sangka bahwa makan coklat dapat kurangi gejala alergi lo. Makanan manis dan enak ini adalah salah satu pilihan tepat. Alasannya karena didalam coklat terkandung bahan alami bernama kokoa yang
bersifat anti-alergi. Penelitian di Frontiers of Pharmacology pada 2013 menjelaskan bahwa zat polifenol dalam kokoa adalah sumber antioksidan kuat dan berpotensi sebagai antialergi paling potensial redakan gejala bersin. Jadi, ketika mengkonsumsi coklat minimal 70% kokoa paaien bisa dapatkan manfaatnya. Namun perli diingat bahwa mengkonsumsi coklat tidak boleh berlebihan karena adanya bahan tambahan gula atau pemanis. Agar lebih mendapat manfaatnya, bisa pilih jenis dark chocolate atau coklat hitam.

Sering Bersin Karena Alergi Ini Cara Mengatasinya

6. Jaga stres lebih utama

Cara lain untuk bantu redakan gejala flu selain obat adalah tetap jaga stress. Mengelola stress secara signifikan bisa mencegah munculnya reaksi alergi karena stress bisa dibilang sebagai faktor utama melemahkan sistem imun sehingga risiko serangan alergi juga semakin meningkat. Jadi, pandai mengelola stres akan memberi dampak yang manfaatnya bisa dirasakan oleh pasien dengan alergi bersin.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top