Relationship

Sayang Boleh, Tapi Kalau Terlalu Sayang dan Bergantung pada Pasangan, Malah Justru Berbahaya!

Rasa sayang kepada pasangan atau pacar terkadang tanpa kamu sadari menjadi rasa sayang yang berlebih dan bahkan bisa diatas batas wajar. Mungkin kamu akan kurang sadar dan tidak bisa merasakan jika kamu sudah terlalu sayang ataupun cinta dengan pasangan kamu. Tetapi biasanya justru orang lain lah yang bisa melihatnya dan merasakan jika kamu sudah terlalu berlebih atau Terlalu Sayang dan Bergantung Pada Pasangan kalian.

Sponsored: kezia skin expert

Sayang Boleh, Tapi Kalau Terlalu Sayang dan Bergantung pada Pasangan, Malah Justru Berbahaya!

Sebenarnya rasa sayang yang terus tumbuh terhadap pasangan itu sesuatu yang lumrah. Namun jika rasa sayang yang terlalu berlebih bisa membuatmu menjadi terlalu bergantung kepada pasangan kamu, malah justru tidak akan baik untuk dirimu sendiri, pasanganmu dan juga hubungan kalian.

Disaat kamu sudah terlalu menyayanginya hingga kamu berbuat yang tidak wajar kepada pasangan kamu. Misalnya saja, kamu terlalu bergantung kepadanya sehingga kemana kamu pergi harus bersama dia, kamu terlalu takut kehilangan dia atau bahkan dia harus terus melapor kekamu dia lagi apa, dimana dan sebagainya.

Perasaan yang terlalu sayang terhadap pasangan malah bisa  justru akan memberikanmu efek yang kurang baik.

  1. Terlalu Bergantung Kepada Pasangan Malah Akan Membuatmu Tidak Bisa Tumbuh Dewasa

“Tak Bisa Hidup Tanpamu” satu pedoman dalam hubungan dengan pasanganmu yang sepertinya harus kamu rubah saat ini juga. Bergantung kepada pasangan dengan berlebih seperti, dia harus siap menjadi satpam dan pengawalmu saat kamu kemana saja, kemana dia pergi kamu juga harus ikut dengan dia, melakukan sesuatu harus dengan komando dia ataupun berbagai sikap lainnya, malah justru akan membuatmu tidak bisa tumbuh menjadi dewasa.

Kenapa? Sebab dengan terbiasa melakukannya bersama pasangan, maka kamu tidak akan bisa lagi mengurus diri kamu sendiri jika suatu saat pasangan kamu harus pergi. Pergi bukan hanya berarti hubungan kalian berakhir lho ya, tetapi misalnya saja pasangan kamu harus melakukan pekerjaan keluar kota, sibuk dengan kerjaannya atau kuliahnya maka kamu tidak bisa mengurus sendiri urusan kamu.

Padahal, jika mengurus segalanya sendiri kamu bisa melatih diri kamu untuk lebih dewasa lagi. Kamu juga masih bisa kok meneruskan hidupmu meskipun harus berangkat ke sekolah, kantor, makan atau kemanapun sendirian. Kamu harus tetap bisa mengurus hidup kamu sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain meskipun itu pasangan ataupun pacar kamu.

  1. Rasa Sayang dan Bergantung yang Berlebih Akan Membuatmu dihantui Ketakutan

Seseorang yang sudah terlalu sayang hingga yang berlebih biasanya malah justru akan menimbulkan rasa takut yang luar biasa. Rasa takut yang sering menghantui pikiranmu jika sudah terlalu sayang adalah rasa takut akan ditinggalkan oleh pasangan, rasa takut jika si pasangan berbuat sesuatu hal di belakang kamu, rasa takut jika dia berbohong ataupun perasaan yang lainnya.

Khawatir itu wajar, tetapi jika sudah merasa takut dengan sangat berlebih seperti contoh diatas maka malah justru akan membuatmu merasa capek sendiri. Sebab, secara otomatis otak akan terus memikirkan pasangan kamu dengan berbagai pertanyaan “Dia Lagi dimana?”, “kok dia belum ngasih kabar juga, jangan-jangan…”, “dia lagi sama siapa ya…” yang justru akan sangat menguras tenaga dan pikiranmu sendiri.

Rasa terlalu sayang dan khawatir dengan pertanyan-pertanyaan diatas yang terus menghantui yang luar biasa akan membuatmu merasa tidak nyaman, tidak tenang dan akhirnya urusanmu sendiri pun akan menjadi terbengkalai. Nah, oleh karena itu, sayang sih boleh tapi tetap bangun rasa percaya untuk mengurangi rasa takut yang meletihkan itu ya.

  1. Rasa Sayangmu Akan Membawamu ke Rasa Mudah Sensitive dan Ujung-ujungnya Baper

Kebawa perasaan merupakan salah satu situasi dimana kamu akan merasa sangat sensitive dengan berbagai hal yang berhubungan dengan pasanganmu. Perasaan ini bisa saja datang kapan saja, terutama jika kamu sudah dibayang-bayangi oleh rasa khawatir dan takut yang tak berkesudahan.

Hati yang sudah dibayangi oleh rasa takut dibarengi dengan rasa sensitive yang sangat tinggi pasti juga akan sangat mengganggumu. Setiap ada hal sedikit saja yang kurang enak di hati kamu, biasanya kamu akan langsung terbawa emosi yang sedih berkepanjangan.

Hilangkan rasa ini, sebab jika tidak segera kamu hentikan kamu sendiri akan merasa lelah sendiri. Selalu tanamkan pikiran yang positive dan cobalah melakukan sesuatu hal meskipun tanpa ditemani oleh sang kekasih. Dengan begitu, kamu akan merasakan rasa damai dan lebih tenang pada hatimu.

  1. Saking Tergantungnya Kamu Pada Pasangan, bisa Membuatmu Anti Sosial lho

Terlalu sering menghabiskan waktu bersama pasangan bisa membuat waktumu bersama keluarga, teman dan lingkunganmu menjadi sangat berkurang. Apalagi kalau sudah sampai di level yang terlalu bergantung kepada pasangan. Dengan sikap yang terlalu bergantung pastinya kamu hanya ingin ditemani oleh pasangan kamu saja sehingga tak ada ruang lagi untuk orang lain di diri kamu.

Ini juga sangat berbahaya, sebab jika kamu terus menghabiskan waktu bersama pasanganmu, kamu malah justru akan kehilangan lingkunganmu. Waktumu hanya habis untuk kamu gunakan bersama pasangan entah itu untuk pergi kencan, makan, berlibur atau sebagainya. Biasanya juga, kamu yang sudah bergantung ke pasangan akan merasakan jika lebih baik pergi bersama pasangan jika dibandingkan dengan teman-temanmu.

Jika kamu sudah merasakan hal yang satu ini ada baiknya jika untuk segera menarik dirimu dari zona nyamanmu. Keluarlah sebentar baik itu bersama teman, sahabat ataupun dengan keluarga. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi ketergantungan untuk melakukan berbagai hal dengan pacar kamu.

  1. Sayangnya dan Tergantung nya Kamu ke Dia, Akan Membuat Dia Merasa Hidupnya kamu Rampas

Satu hal yang paling mengerikan dari efek rasa sayang hingga rasa yang terlalu bergantung dengan pasanganmu adalah dia akan merasa jika dunianya kamu rampas. Memang, ada beberapa pasangan yang bisa mengerti akan perasaan rasa sayang dan rasa tergantung kamu dengan pasangan kamu. Akan tetapi, tidak selamanya juga dia akan bisa mengerti dan malah menjadi sebaliknya dia yang harus kamu mengerti.

Jika dia sudah merasa dunianya kamu rampas hingga ia tak sempat untuk mengurus sendiri hidupnya, cita-citanya, ataupun pekerjaannya malah justru bisa saja dia malah akan meninggalkanmu. Percayalah, dia juga butuh berkembang dan menikmati dunianya sendiri. Oleh karena itu, tetap beri dia waktu sewajarnya untuk mengurus hidupnya ya.

Lima hal tersebut yang merupakan efek dari saking sayang dan tergantungnya kamu terhadap pasangan kamu yang harus kamu hindari. Boleh kok menyayangi pasangan kamu dengan sepenuh hati, tetapi kamu juga harus tahu tentang batasan dari rasa sayang itu. Apalagi jika kamu sudah ketergantungan dengan pasangan kamu, segeralah keluar dari zona nyaman kamu.

Saling menghargai dan salinglah percaya antara satu sama lain. Dengan begitu, kamu dan dia akan menemukan hubungan yang sehat, asyik dan baik.

 

Baca juga: 10 Tips Agar Hubungan Tidak Membosankan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top