Makanan Kesehatan

Resep Es Buah Sehat Untuk Buka Puasa

Saat sedang menjalankan puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman lebih dari 12 jam sehari, untuk itu jangan heran jika tubuh harus kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena merasakan lapar dan dahaga cukup tinggi, maka memilih menu berbuka puasa harus yang berupa mengandung serat dan air. Contohnya minuman yang segar seperti es, jus atau es buah.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Es manjadi menu andalan karena sangat menyegarkan dan mamou menghilangkan rasa dahaga selama berpuasa. Ada banyak macam variasi es untuk berbuka puasa, salah satunya yang paling terkenal dan banyak diminati adalah es buah. Es buah bukan hanya segar akan tetapi juga bergizi tinggi. Bagi Anda yang ingin membuat es buah sebagai menu berbuka puasa ada baiknya mengetahui  resep es buah sehat untuk buka puasa berikut ini.

Resep Es Buah Sehat Untuk Buka Puasa

  • Es Buah Manis Segar

Es buah manis segar terbuat dari berbagai macam buah-buahan yang tentunya mengandung air dan serat alami. Bahan alami yang berasal dari buah-buahan bermanfaat untuk menjaga kesehatan, kekebalan tubuh, kecantikan, dan mampu menyegarkan tubuh. Alasan yang membuat mengapa es buah cocok dinikmati saat berbuka adalah khasiatnya yang berguna dan gudangnya segala macam nutrisi. Buah adalah sumber vitamin, sumber air yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sumbernya antioxidant alami terbesar dan masih banyak lainnya.

Untuk membuat menu es buah ini diperlukan bahan-bahan berupa 1 buah apel segar, 1 buah apel malang, 350 gram semangka, 350 gram melon, 200 gram jeruk mandarin, 1 buah lemon diambil airnya, 1 liter air kelapa muda, dan es batu secukupnya.

Cara membuat: 

Semua bahan disiapkan kemudian potong semua buah-buahan tersebut dengan bentuk kotak-kotak dadu kecil dan memasukkannya ke dalam wadah atau mangkuk. Setelah semua buah diiris dan dimasukkan ke wadah langkah selanjutnya adalah menuangkan air kelapa secukupnya  dan jangan lupa ditambahkan perasan air jeruk lemon tadi. Setelah semua buah-buahan tercampur dengan air kelapa langkah berikutnya adalah memasukkan es batu secukupnya saja dan mengaduknya. Es buah manis sehatpun telah siap disajikan. Bias juga dicampurkan sedikit sirup atau gula apabila Anda ingin rasa yang lebih manis lagi.

  Resep Es Buah Sehat Untuk Buka Puasa

  • Es Buah Green Tea

Es buah dengan campuran green tea atau teh hijau merupakan pilihan untuk takjil berbuka puasa. Teh hijau umumnya berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya diproses dengan cara dikukus, sehingga mencegah agar zat katekin didalamnya tidak hilang. Berbeda dengan teh hitam, teh hikau yang diproses tetap tidak menghilangkan kandungan anti oksidan. Menurut penelitian, meminum teh hijau secara teraur bisa meminimalisir risiko sakit jantung hingga kanker dibanding teh hitam yang memiliki kafein. Selain itu,  flavonoid pada teh hijau dapat bersifat anti karsinogenik dan antioksidatif.

Untuk membuat es buah green tea maka diperlukan bahan-bahan berupa 1 liter air putih, 8-10 kantong teh hijau, 1 buah apel merah, 350 gram buah leci, 350 gram buah strawberry, 350 gram buah kiwi, 750 gram nata de coco dan es batu secukupnya.

Cara Membuatnya:

Pertama siapkan seduhan teh hijau yang telah tersedia tersebut dengan air putih yang telah dipanaskan dan diamkan beberapa jam sampai teh benar-benar dingin. Potong buah-buahan dengan bentuk dadu kotak-kotak kecil dan memasukkannya ke dalam mangkuk. Masukkan juga nata de coco yang telah ditiriskan terlebih dahulu. Tuangkan teh hijau yang telah dingin tadi ke dalam mangkuk yang telah diisi buah-buahan sertakan juga es batu secukupnya lalu mengaduknya. Untuk rasa yang lebih mkanis tambahkan juga gula secukupnya atau sesuai selera.

Resep Es Buah Sehat Untuk Buka Puasa

  • Es Buah Susu Almond

Resep es buah yang sehat untuk berbuka puasa selanjutnya adalah es buah dengan campuran susu dan almon. Selain buah-buahan yang kaya nutrisi dan vitamin, susu almon juga merupakan sumber alami gizi lengkap mulai dari protein, vitamin dan mineral. Susu almon sudah menjadi gaya tren sejak 2014 dan menjadi pilihan pengganti susu sapi karena memiliki kelebihan dan kualitas gizi yang lebih baik dibanding susu lainnya. Mencampur es buah dengan susu almond dianggap sebahai pilihan untuk mereka yang ingin diet. Menurut ahli diet, Kristin Kirkpatrick, dari Cleveland Clinic’s Wellness Institute, susu almond hanya mengandung kalori 50% lebih rendah dibanding susu sapi. Tak hanya itu, manfaatnya baik untuk mereka yang memiliki kolesterol.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk meracik es buah susu almond yaitu siapkan 500 mililiter susu almond, dan beberapa buah segar yaitu 150 gram semangka, 150 gram melon,  150 gram strawberry, 150 gram nangka, 100 gram alpukat, air perasan 1/2 buah lemon, 3 sdt biji selasih, dan es batu secukupnya.

Cara membuat:

Setelah semuah bahan disiapkan, pertama potong kotak-kotak kecil buah buahan tersebut menyerupai dadu dan memasukkannya ke dalam mangkuk. Masukkan juga susu almond, biji selasih yang sudah direndam kedalam air sebelumnya, dan juga air perasan jeruk lemon. Jika ingin dingin, bisa tambahkan juga beberapa balok es batu secukupnya. Untuk rasa yang lebih manis tambahkan juga gula putih dan aduk biar lebih merata. Jika tidak ingin gula, Anda juga bisa mencampurkan es dengan sirup sesuai selera. Es buah susu almond siap disajikan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top