Tips & Trik Parent

Resep Alami Obat Cacingan Pada Anak

Obat Cacingan Pada Anak

Cacingan merupakan suatu penyakit dimana cacing hidup di dalam tubuh manusia sebagai parasit yang mengambil nutrisi makanan yang telah dikonsumsi. Penyakit ini seringkali menjangkiti anak-anak, sehingga tubuhnya terlihat kurus, karena penurunan berat badan secara signifikan. Anak yang menderita cacingan biasanya rewel, karena ada beberapa gejala yang menyebabkannya menjadi diare, pusing, atau terasa gatal di sekitar anus.

Cacingan pada anak akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja, karena akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Orang tua, terutama ibu hendaknya mengetahui dan peduli terhadap setiap gejala penyakit yang mungkin saja menghinggapi anaknya, terutama cacingan ini, sehingga tahu harus mengambil langkah pengobatannya. Gejala cacingan bisa dilihat dari kotoran atau faeces pada saat buang air besar (BAB), apakah terdapat cacing atau telur yang terkadang bisa saja ikut keluar. Jika seorang anak sepertinya terindikasi mengalami cacingan, untuk tahap awal bisa diberikan resep alami untuk mengobati cacingan, dengan cara memanfaatkan bahan-bahan yang bisa diperoleh dari sekitar.

  1. Biji dan daun pare

Pare bisa dimanfaatkan untuk mengobati cacingan,yaitu dengan memnfaatkan bijinya. Caranya adalah dengan menggunakan 2-3 biji pare yang ditumbuk halus dan ditambahkan dengan sedikit air matang. Air campuran tersebut diminum dan dilanjutkan dengan minum air hangat. Ramuan ini adalah sebagai pengobatan infeksi cacing gelang. Selain biji, daunnya pun bisa dimanfaatkan. Caranya dengan menggunakan daun pare segar sebanyak 7 gram, diseduh dengan tambahan 1/2 cangkir air panas. Setelah ramuan dingin, dilanjutkan airnya disaring, ditambahkan 1 sendok teh madu. Ramuan ini diminum sebelum makan pagi.

  1. Wortel

Cara mengobati cacingan dengan menggunakan wortel dapat ditempuh dengan mengambil air perasan wortel yang sudah diparut. Perasan sari wortel yang kental ini dicampur dengan santan kental dengan perbandingan 1 : 1. Jika perasan wortel 1 gelas, maka gunakan santan kental juga 1 gelas. Kedua bahan dicampur dengan ditambah dengan sedikit garam. Ramuan tersebut kemudian bisa diminum oleh anak yang menderita cacingan 2 kali sehari.

  1. Biji dan daun pepaya

Jika menggunakan biji pepaya, maka biji tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu hingga benar-benar kering. Selanjutnya, biji pepaya ditumbuk hingga halus atau menjadi serbuk. Untuk meminumnya, siapkan 1 sendok makan serbuk biji pepaya seduh dengan setengah gelas air, dan dicampur dengan dengan 1 sendok madu. Setelah diaduk rata, bisa langsung diminum.

Selain biji, daun pepaya juga disa dimanfaatkan untuk mengatasi cacingan. Cara membuatnya dengan menggunakan 1 lembar daun pepaya berukuran besar dan kira-kira 15 gram akar dari pohon bunga melati. Kedua bahan tersebut dibersihkan dengan dicuci, selanjutnya direbus menggunakan air sekitar 600 ml. Saat perebusan biarkan hingga tersisa menjadi separuhnya. Rebusan ini bisa langsung diminum ketika hangat 2 kali sehari.

Jika memang obat cacing alami ini dirasa tidak memberikan efelk postif pada cacingan pada anak, maka orang tua harus segera mengkonsultasikannya kepada dokter ahli yang terkait agar bisa diberikan penanganan lebih lanjut untuk mengobati dan membuat cacing di dalam tubuh anak mati dan hilang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top