Manfaat Tanaman

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Asupan garam yang dibutuhkan oleh tubuh harus kita kontrol. Tak hanya itu jumlah asupan yang dibutuhkan tubuh sebenarnya sangat sedikit. Namun tanpa sadar, kita justru banyak memasukan jumlah garap dalam makanan yang terlalu banyak. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menjadi pemicu penyakit serius seperti stroke, tekanan darah, bahkan jantung.

Sponsor: cream perawatan wajah

Sebagai alternatif, kadang kita menggunakan asupan sodium dengan menggunakan bahan rempah-rempah. Selain alami, bahan rempah tersebut dapat menjadi bumbu sekaligus penyedap yang mampu memberikan rasa nikmat pada masakan. Sudah tahukah rempah-rempah apa saja yang bisa digunakan sebagai pengganti garam dalam bumbu masakan? Berikut seputar bumbu alami rempah-rempah yang bisa jadi bahan pengganti garam.

Garam memang bisa memberikan rasa gurih pada makanan olahan atau kripik. Dan garam sebenarnya baik untuk memberikan nutrisis yodium hanya saja jika dikonsumsi dalam takaran yang pas. Karena garam adalah komponen utama untuk membumbui makanan, maka jika komposisi nya tetap, bisa memberikan rasa pas, gurih dan lezat. Bahaya yang bisa ditimbulkan jika terlalu banyak konsumsi garam yaitu mampu mengikat cairan tubuh sehingga penumpukan lemak jadi makin bertambah dan lemak juga sulit dihilangkan. Lain halnya dengan rempah-rempah, ia mampu membuat masakan jadi lebih kaya rasa sekaligus memberikan rasa asin yang alami. Rempah-rempah yang alami pun akan jadi bahan sehat untuk tubuh dan bahkan jadi obat yang menyembuhkan.

1. Daun mint

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Bumbu rempah alami yang pertama datang dari daun mint. Daun dengan rasa pedas dingin dan aroma khasnya yang sejuk ini mampu memberikan citarasa segar pada masakan. Bahkan, saat melalui proses pemasakan dalam masakan, daun mint mampu menghasilkan rasa pengganti garam. Tak hanya itu daun mint juga menghasilkan rasa manis yang segar. Untuk memanfaatkan daun mint sebagai pengganti garam, yaitu dengan mengambil beberapa helai daun mint segar, cuci bersih dan langsung campurkan pada masakan. Daun mint jauh lebih nikmat lagi jika dicampur dengan bahan lain seperti wortel, polong, atau dressing salad.

2. Bawang merah dan  bawang putih

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Sudah sejak lama kedua rempah-rempah dijadikan bumbu yang mampu menghasilkan citarasa masakan yang lezat. Terlebih bagi masyarakat Indonesia, bawang merah dan putih jadi bumbu wajib yang harus ada dalam setiap masakan. Keduanya akan menghasilkan aroma dan rasa yang khas dimana mampu meningkatkan rasa makanan. Baik bawang merah atau bawang putih menjadi salah satu bumbu pengganti garam yang alami. Tak hanya itu, keduanya bahkan sering dijadikan ramuan ibat untuk atasi berbagai gangguan dalam tubuh dan penyakit mulai penyakit kulit hingga penyakit mematikan seperti kanker, diabetes atau jantung.

3. Cabe

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Selain memberikan rasa khas pedasnya, cabe juga bisa dijadikan bumbu lezat pengganti garam dalam masakan. Terutama rasa pedas yang dihasilkan ini justru bisa menghasilkan rasa asin layaknya garam. Umunya, cabe yang digunakan adalah yang sudah dalam bentuk bubuk atau bisa juga yang masih segar dan utuh. Untuk memeberi rasa nikmat, bisa dengan kombinasi rempah lainnya seperti jintan, ketumbar, atau kunyit. Rasa pedas dari cabai akan berpadu dengan rempah lainnya.

4. Kayu manis

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Meski rasa kayu manis tergolong manis, namun jangan salah jika rempah ini mampu memberikan rasa asin pada masakan. Bumbu rempah kayu manis sudah sejak lama dipakai olah bangsa-bangsa terdahulu dan jadi resep yang paling tua. Kayu manis atau  cinnamon sering diolah untuk proses pembuatan kue atau minuman. Untuk mendapatkan rasa asin yang pas, campurlan bubuk kayu  manis atau bisa berupa batangan kedalam makanan yang diolah.

5. Jahe

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Jahe menjadi salah satu rempah paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Banyak hal yang bisa diolah dengan menambahkan jahe baik masakan, kue, atau minuman tradisional. Jahe juga bisa jadi bahan alami untuk mengatasi berbagai penyakit, menghangatkan badan, hingga penyedam alami masakan. Itu sebabnya mengapa masyarakat terutama Indonesia paling banyak menggunakan jahe untuk bumbu dapur. Jahe mampu memberikan rasa pedas, aroma yang kuat dan penyedap pengganti garam. Jahe mampu memeprkuat aroma masakan dan memberikan rasa manis juga. Untuk memanfaatkan jahe, Anda bisa menumbuh, memarut atau membakarkan sebelum mencampurkan pada masakan.

6. Kunyit

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Selain jahe, rempah dalam bentuk rimpang yang bisa dijadikan bumbu alami pengganti garam selanjutnya adalah kunyit. Selain mampu memberikan warna kuning yang khas, aroma kunyit juga lebih segar dan sedap. Kunyit banyak digunakan pada olahan masakan masyarakat India seperti pada menu kare. Anda bisa memarutnya atau menumbuk kunyit dan campur kedalam olahan.

7. Cuka, sari lemon, keju dan kecap asin

Rempah-Rempah Yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Bumbu lain yang bisa Anda gunakan untuk memperkuat citarasa masakan sekaligus pengganti garam adalah Cuka, sari lemon, keju dan juga kecap asin. Meski bukan tergolong tanaman atau rempah, tetapi bisa jadi alternatif untuk Anda yang ingin mendapatkan rasa asin yang pas dalam setiap menu masakan. Cuka memiliki rasa asin yang mudah meresap dalam makanan. Begitupun dengan kecap asin. Atau Anda bisa tambahkan keju parut ke dalam menu olahan misalnya kue. Keju juga jadi bahan alternatif yang banyak dikonsumsi warga Eropa. Makanan hasil fermentasi susu ini menjadi menu wajib yang ada di negara-negara barat. Tetapi jika ingin mendapatkan sensasi alami dan segar bisa dengan memanfaatkan sari atau air perasan jeruk lemon. Sari lemon akan membuatasakan lebih sedap, segar dan lezat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top