Info Kedokteran

Relaksasi Ibu Hamil Menjelang Kelahiran Buah Hati

Momen hamil bagi wanita adalah hal indah yang pasti sudah ditunggu-tunggu. Anak adalah buah cinta yang diharapkan bisa meneruskan garis keturunan keluarga selanjutnya. Bagi seorang ibu, kelahiran seorang buah hati memberikan kebahagiaan tersendiri. Bulan demi bulan dilalui oleh seorang wanita sampai pada proses persalinan. Selain kebahagiaan, ada rasa tegang yang mungkin muncul, terutama pada saat wanita kondisi hamil tua. Menjelang kelahiran seorang anak, apalagi jika hal tersebut menjadi pengalaman pertama, seorang ibu pasti akan lebih tegang ketika mendekati waktu persalinannya. Hal ini terjadi karena memang belum memiliki pengalaman saat persalinan. Seorang ibu hamil perlu melakukan langkah relaksasi untuk ibu hamil menjelang melahirkan. Berikut ini ulasan beberapa langkah-langkahnya:

relaksasi untuk ibu hamil

  1. Bernapas dalam

Seorang ibu hamil dapat melakukan relaksasi secara mudah dengan bernapas dalam-dalam. Caranya dengan menarik nafas panjang lewat hidung, mulut tertutup, tahan sejenak, lalu dihembuskan perlahan lewat mulut. Latihan pernafasan ini dilakukan berulang dalam beberapa menit agar lebih rileks, sehingga mampu mengalihkan nyeri. Ibu hamil perlu melakukan latihan pernapasan dengan rutin dan teratur.

  1. Lakukan dengan bersuara

Selain dengan latihan pernapasa secara sederhana, ibu hamil bisa juga melakukan latihan pernapasan sambil bersuara dalam nada rendah, misalnya bergumam atau mengulang-ulang kalimat.

  1. Berendam di air hangat

Saat melakukan aktivitas mandi, ibu hamil bisa sekalian melakukan relaksasi. Tidak hanya sekedar mandi, tapi diikuti dengan aktivitas berendam di air hangat selama beberapa menit. Ibu hamil bisa menikmati relaksasi saat berendam ini. Efek air hangat bagi tubuh adalah melebarkan pembuluh-pembuluh darah sehingga mengendurkan otot-otot tegang. Selain berendam, ibu hamil bisa juga mandi menggunakan hot shower.

  1. Pemijatan

Hampir pada kebanyakan orang, saat tubuh capek dan pegal bisa diatasi dengan cara pemijatan. Sedangkan bagi wanita hamil, untuk lebih rileks, bisa pula dengan melakukan pemijatan ringan. Cara ini bisa dilakukan dengan bantuan suami untuk memijat punggung dengan gerakan memutar. Suami yang aktif mendukung istrinya saat hamil, akan memberikan efek secara psikologis pada wanita terutama menjelang hari persalinan.

  1. Afirmasi

Afirmasi di sini adalah mengubah dan menghilangkan kekhawatiran dan pikiran negatif mengenai kehamilan dan persalinan. Caranya dengan memikirkan hal positif, semisal  menerima bahwa kontraksi dalam kehamilan kadang-kadang terjadi dan setiap ibu hamil bisa melaluinya. Seorang wanita hamil yang mendekati proses persalinan hendaknya membuang semua pemikiran negatif dan mengurangi kekhawatiran akan sesuatu hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, langkah afirmasi ini bisa dibantu dengan memanjatkan banyak doa sesuai tuntunan agama.

  1. Memikirkan hal menyenangkan

Kadar hormon oksitosin di dalam tubuh cenderung tinggi saat kontraksi. Rasa takut berlebihan akan menghambat pelepasan hormon itu.

  1. Posisi nyaman.

Ibu hamil bisa bergerak ringan atau mengambil posisi nyaman untuk kelancaran sirkulasi darah. Posisi yang nyaman akan membuat tubuh wanita hamil bisa lebih rileks.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top