Travelling

Rekomendasi Tempat Wisata Kulineran ala Kota Solo

Solo merupakan salah satu kota terkenal di Jawa Tengah. Solo memang kerap terkenal dengan warung hiknya yang biasanya digunakan untuk menikmati suasana malam di sana. Tetapi masih banyak kuliner khas Solo terkenal lainnya, yang dapat kamu jadikan tujuan wisata kuliner Dan semua sangat lezat. Apa saja wisata kulineran ala kota Solo?

wisata kulineran ala kota solo

Sponsor: kezia skin expert

  1. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan khas Solo. Terdiri dari nasi gurih, sayuran Jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor, dan berbagai bahan lainnya. Penyajiannya sedikit unik yakni menggunakan alas daun pisang berbentuk kerucut yang sedikit ditekuk dan disematkan lidi

Rekomendasi tempat : Nasi Liwet Wongso Lemu yang bertempatan di Keprabon, Jalan Teuku Umar, (dekat dengan Kraton Mangkunegaran). Warung Nasi liwet Wongso Lemu  buka dari pukul 5 sore sampai 2 pagi.

  1. Gudeg Ceker

Gudeg ceker juga merupakan makanan khas kota ini. Tak jauh berbeda dengan Gudeg ala Jogja, isinya terdiri dari nangka muda, krecek/kulit sapi, telur rebus, daging ayam dan cakar/ceker ayam.

Rekomendasi tempat: Gudeg Ceker Bu Kasno. Berpangkalan di pinggir jalan daerah Margoyudan dekat SMA 1 Sol. Warung buka pada pukul 1 dini hari hingga pukul 5 subuh.

  1. Nasi Pecel

Sama dengan pecel pada umumnya, nasi pecel ala Solo terdiri dari sayur bayam, jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi, kacang panjang. Semua sayur direbus, kemudian ditambah sambal kacang.

Salah satu warung pecel/ rumah makan pecel terkenal adalah Pecel Solo di Jl Dr Supomo No 55, Pasar Mbeling, Mangkubumen, Solo

  1. Sate buntel

Buntel adalah istilah Jawa yang berarti bungkus. Sebab sate tersebut dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus lemak kambing baru, lalu dibakar sehingga.

Rekomendasi tempat:

  • Sate Haji Bejo di Jl. Sebakung 10 Lojiwetan. Terletak tepat di belakang swalayan Luwes Sangkrah, di seberang GKI Sangkrah.
  • Sate Kambing Tambak Segaran di Jl. Sutan Syahrir No 39 Widuran.
  • Sate Kambing Mbok Galak di Jl. Ki Mangunsarkoro Sumber, Banyuanyar, Solo.
  1. Masakan Tengkleng

Tengkleng adalah masakan dengan olahan daging kambing campuran dengan tulang-tulang kambing yang memilii sedikit tempelan daging pada tulang tersebut, jerohan kambing, mata, pipi, kuping. Diolah seperti gulai—kuah kental dan bumbunya yang begitu terasa.

Rekomendai tempat: tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo. Lokasinya di samping Gapura Pasar Klewer.

  1. Timlo

Timlo adalah makanan khas Solo yang isinya potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat.

Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo

  1. Soto Khas Solo

Tidak hanya kota Lamongan, Solo pun mempunyai soto khas sendiri. Rasanya juga tidak kalah enak, kok.

Rekomendasi tempat:

  • Soto Triwindu. Terletak di Pasar Barang Antik Triwindu, beredkatan dengan dengan Kraton Mangkunegaran
  • Soto Kirana di Jl. M Yamin. Letaknya di depan Masjid Kawasan Solo
  • Soto Gading di daerah Gading, sebelah selatan Keraton Kasunanan Surakarta.
  1. Bakso Solo

Nah, semua orang pasti sudah tahu bakso Solo. Atau bahkan gemar memakannya. Bakso solo telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kalau sedang berkunjung di kota Solo, sempatkan pula mencicipi bakso Solo di kotanya sendiri.

Rekomendasi tempat: Bakso Urat Alex di Jalan Honggowongso. Berada di depan hotel Novotel Solo.

  1. Mie Ayam

Makanan favorit setiap kota. Mie dengan taburan potongan daging ayam, sayur sawi menjadi santapan enak dan terjangkau.

Rekomendasi tempat: Mie Gajah Mas. Letaknya di sebelah barat Pasar Gede, tepat di samping kali pepe. Menyediakan berbagai menu antara lain: mie bakso, bakso kuah, mie ayam jamur, mie pangsit, kwetiau, pangsit goreng, dll. Buka mulai pukul 9 pagi sampai jam 9 malam.

  1. Tahu Kupat

Makanan Tahu Kupat terdiri dari ketupat, mie basah, taoge/kecambah, tahu goreng hangat, bakwan goreng yang dipotong-potong, dan ditaburi kacang goreng. Semua bahan tersebut dicampur dengan bumbu kecap manis encer.

Rekomendasi tempat: Tahu kupat Sholihin di Jalan Jl. Gajah Mada. Lokasinya berada di samping Masjid Sholihin.

  1. Serabi

Serabi termasuk makanan yang serupa pancake. Adonannya terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil. Lalu ditutup dengan penutup dari tanah liat. Tunggu sampai serabi mekar. Serabi mempunyai tekstur kenyal tetapi rasanya lembut dan sangat legit.

Rekomendasi tempat:

  • Serabi Notosuman Ny Lidia
  • Serabi Notosuman Ny Handayani
  1. Bebek Goreng

Bebek goreng yang terkenal di Solo adalah bebek Goreng milik H Slamet di Kartosuro. Alamat lengkapnya adalah  di Sedahromo Lor RT 01 RW 07 Kartosuro. Seperti bebek goreng lainnya bebek goreng milik H Slamet disajikan bersama dengan lalapan dan sambal. Namun uniknya sambal yang digunakan adalah sambal korek yang disajikan pada cobek dari tanah liat

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top