Tips & Trik Parent

Rasakan Manfaat Ini dengan Mengajak Anak Ke Pameran Seni

Rasakan Manfaat Ini dengan Mengajak Anak Ke Pameran Seni

Bakat seni anak bisa dimulak sejak usianya masih kecil, yakni dengan memperkenalkan seni melalui pameran. Manfaat mengajak anak ke pameran seni bisa menambah wawasan anak karena dengan berkunjung, anak jadi mudah mengemal tentang seni, pertunjukkan hiburan, musik dan tarian. Hal ini juga disepakati oleh seorang pendiri Art Stage Singapura, Lorenzo Rudolf yang menyebut bahwa mengajak anak melihat pameran seni bisa memberikan ia kesempatan bereksplorasi dan kembangkan bakat serta minatnya suatu saat. Sementara itu, ada manfaat tak terduga dengan mengajak anak ke pameran seni.

Rasakan Manfaat Ini dengan Mengajak Anak Ke Pameran Seni

Sponsro: dr rochelle skin expert

1. Memancing kreativitas anak

Pertama memancing sisi kreativitas anak. Ketika anak tengah mengamati benda atau hasil seni yang dipamerkan, maka secara otomatis jiwa kreatifitasnya bisa tumbuh. Perasaan tersebut masih terus diingat anak hingga sesampainya di rumah anak akan mencoba menciptakan seni seperti menggambar, mewarnai dan sebaginya. Oleh sebab itu, Anda bisa memberikan anak kebebasan berkreasi tanpa harus membatasi ruang geraknya. Cukup dengan mengarahkan dan memperhatikan caranya membuat sesuatu. Jika anak membutuhkan, Anda bisa membantunya sesegera mungkin.

Rasakan Manfaat Ini dengan Mengajak Anak Ke Pameran Seni

2. Anak jadi mudah belajar bersosialisasi

Manfaat yang didapat dengan mengajak anak menghadiri pameran seni adalah mengajarkan pentingnya bersosialisasi. Di saat anak mengunjungi museum atau pameran seni maka ia akan menemui banyak orang dengan begitu bisa melatih ia bersosialisasi. Ada banyak orang mulai dari pengunjung, penonton, atau petugas. Keberanian anak akan terasah dengan interaksi yang ia lakukan bersama orang lain. Jadi, langkah yang bisa Anda lakukan adalah terus mengawasi dan tuntun anak. Jika Anda berkomunikasi dengan orang lain, maka ajak anak berbicara dengan memperkenalkan nama atau sekolahnya. Buka dengan percakapan sederhana yang mudah dimengerti oleh anak.

Rasakan Manfaat Ini dengan Mengajak Anak Ke Pameran Seni

3. Memahami tentang peraturan

Ketika anak berada di sebuah pameran seni maka ia akan menemukan aturan yang harus dipatuhi pengunjungnya. Misalnya peraturan untuk tidak menyentuh benda seni atau membuat keramaian bersama teman-temannya. Begitupun saat anak menyaksikan pameran atau akan memasuki rungan museum maka ia harus belajar mengantri agar bisa masuk sambil menunjukkan tiket. Selanjutnya jika anak tengah berada di pertunjukan musik atau teater maka ia akan belajar cara duduk yang baik dan melatih sikap agar tidak berisik sehingga tidak mengganggu pengunjung lainnya.

  Rasakan Manfaat Ini dengan Mengajak Anak Ke Pameran Seni

4. Mengembangkan imajinasi dan menunjukkan ekspresi bahagia

Mengajak anak menonton peran tentu bisa menjadi pengalaman baru baginya. Sehingga tak jarang anak mudah menampilkan rasa ketertarikannya terhadap seni dan karya. Anak yang pertama kali memberi respon positif pada hasil lukisan orang lain bisa saja akan melakukan hal sama misalnya menggambar ketika ia sudah berada dirumahnya. Atau bisa saja anak tiba-tiba ingin belajar bermain biola atau menari.

Mengajak anak pergi ke pameran seni bisa menjadikan pengalaman baru yang menambah wawasan anak. Tetapi jika tiba tiba anak tidak tertarik pergi bersama Anda dan memilih bermain game atau bersama temannya maka lakukan tips sederhana berikut. Pertama jelaskan kemana tujuan Anda ingin mengajak anak. Kedua bisa memastikan anak tetap kenyang, selanjutnya bisa bawa stroller jika nanti anak mengantuk, terakhir berceritalah saat berada di pameran sambil perhatikam tanda jika anak rewel. Sekian dan semoga kreatifitas anak melalui pameran seni ini bisa bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top