Tips Kesehatan

Ramuan Ampuh Buat Yang Lagi Flu Berat Usai Kehujanan

Ramuan Ampuh Buat Yang Lagi Flu Berat Usai Kehujanan

Ramuan usir flu usai kehujananMemasuki musim hujan, tubuh biasanya rentan terhadap penyakit seperti flu dan pilek. Jika flu sering muncul disaat padat aktivitas, bisa membuat pekerjaan jadi terganggu. Maka untuk mengurahi gejala flu, tidur atau istirahan cukup ditambah perbanyak minum air putih bisa menjadi terapi untuk flu. Bagi mereka yang memiliki rutinitas tinggi, meninggalkan kesibukan di saat flu memang sangat sulit. Belum lagi ketika pulang kerja atau pulang dari sekolah dan lupa membawa mantel, tentu saja tubuh dan kepala mudah terkena air hujan. Ditambah lagi virus dan bakteri penyebab flu terus bertebaran melalui udara atau air. Jadi, ketika tubuh terserang flu, solusi sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan ramuan alami yang dapat ditemui di dapur kita. Dan inilah daftar ramuan atau obat tradisional mengatasi flu yang tiba-tiba muncul usai kehujanan.

Ramuan Ampuh Buat Yang Lagi Flu Berat Usai Kehujanan

Sponsor: cream pemutih wajah

1. Jahe hangat yang nikmat

Jahe sudah sejak dahulu menjadi salah satu ramuan yang nikmat diminum saat musim hujan. Jahe memiliki manfaat baik sebagai ramuan penghangat tubuh dan menjaga sistem pencernaan. Jahe hangat juga bermanfaat mengatasi flu. Cara menyajikan minuman jahe adalah dengan merebus air dan jahe dan biarkan mendidih. Setelah matang dan mendidih, angkat lalu saring airnya. Tuangkan air jahe ke dalam gelas dan minum selagi hangat. Supaya rasa jahe lebih nikmat, coba tambahkan air perasan jeruk atau teh hitam. Tambah sedikit madu atau sesuai selera.

Alasan jahe bisa mengatasi flu adalah?

Dari segi manfaat, jahe memang bisa meredakan gejala flu terutama setelah kehujanan. Manfaat jahe untuk flu adalah menghangatkan tubuh agar tidak masuk angin. Biasanya ketika flu juga ditandai dengan tubuh masuk angin. Flu juga dapat membuat pernafasan menjadi tersumbat. Kemampuan jahe adalah menstabilkan suhu tubuh dan melancarkan peredaran darah serta melancarkan pernafasan di rongga hidung. Jahe akan membantu mengatasi sakit tenggorokan yang sering muncul akibat flu, mencegah flu di malam hari, menghilangkan nyeri pada ulu hati karena sering bersin, meningkatkan imunitas penderita flu dan juga mengembalikan kebugaran setelah terserang flu.

Ramuan Ampuh Buat Yang Lagi Flu Berat Usai Kehujanan

2. Madu dan Lemon

Disaat flu menyerang, stamina tubuh bisa saja menurun dengan tiba-tiba. Membuat badan jadi lemas, pusing bahkan mengantuk sehingga membuat penderitanya ingin bermalas-malasan. Akan tetapi dengan ramuan alami yang terbuat dari campuran madu dan lemon diyakini bisa mengurangi gejala flu setelah kehujanan. Madu murni mampu mengatasi peradangan dna deman akibat flu. Mengkonsumsi madu ditambah air perasan lemon bisa dilakukan sebelum beristirahan.

Alasan madu dan lemon bisa mengatasi flu adalah?

Lemon merupakan jenis buah sitrus yang mengandung kaya vitamin C dan B kompleks. Belum lagi kaya akan kalsium, magnesium, zat besi dan tentunya serat. Ada manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi lemon saat flu, diantaranya menghangatkan badan karena menggigul usai kehujanan, mengatasi gejala pilek dan demam akibat flu serta meningkatkan produksi keringat. Minum secangkir madu dan lemon bisa meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh. Membantu melawan infeksi virus influenza, cara efektif mengurangi sakit tenggorokan, mengurangi dahak, bersifat anti bakteri dan menjaga daya tah tubuh.

Ramuan Ampuh Buat Yang Lagi Flu Berat Usai Kehujanan

3. Lada

Selain madu, lemon dan jahe, bahan rempah alami yang terbukti nyata meredakan flu adalah lada. Lada merupakan salah satu bumbu dapur yang berguna memberi rasa nikmat pada masakan. Bukan hanya masakan jadi enak tetapi lada ternyata bisa untuk ramuan kesehatan. Lada putih maupun hitam, keduanya dapat Anda gunakan untuk mengatasi flu. Cara menggunakan ramuan lada adalah dengan mencampur madu dengan lada lalu minum sebelum beristirahat. Agar manfaat lada bisa efektif, perbanyak pula minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat flu.

Alasan lada bisa mengatasi flu adalah?

Lada atau yang akrab disapa merica ini merupakan bumbu dapur yang memiliki rasa pedas yang kuat.  Lada bersifat hangat, antipiretik dan rasanya sedikit pahit. Menurut masyarakat tradisional yang menggunakan ramuan lada, bumbu ini ampuh diyakini mampu mengataso flu. Campuran lada hitam dengan cuka dan jahe bisa meningkatkan penyerapan obat. Kandungan pipering pada lada cukup tinggi, dan senyawa ini dikenal sebagai zat penghilang rasa sakit dan anti demam akibat flu. Mencampurkan lada hitam ke dalam semangkuk sup hangat untuk makan siang bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat dan melegakan tenggorokan akibat pengaruh flu.

   Ramuan Ampuh Buat Yang Lagi Flu Berat Usai Kehujanan

4. Kayu Manis

Didalam pengobatan china, kayu manis dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan gejala flu. Kayu manis yang berasal dari pohon Ceylon ini mengandung minyak yang berasal dari kulit pohonnya. Minyak inilah yang memiliki bahan aktif penenang sistem saraf. Kayu manis juga ampuh sebagai bumbu untuk meredakan flu sebab sifatya yang analgesik. Wanginya yang aromatik bisa membuat kayu manis mudah dikonsumsi. Dalam penggunaannya untuk atasi flu, kayu manis bisa dijadikan campuran minuman hangat atau dimasak bersama air lalu saring dan minum selagi hangat. Disarankan bagi ibu hamil untuk menghindai kayu manis sebab dapat membuat darah lebih encer.

Alasan kayi manisbisa mengatasi flu adalah?

Menurut pengobatan tradisional dari Cina, kayu manis sudah dipakai selama lebih dari 5000 tahun sebagai obat atasi flu beserta gejala lain seperti pilek dan batuk, memperbaiki pencernaan, mengobati diare dan mual serta penghangat tubuh di musim dingin. Sementara di Romawi kuno, kayu manis sudah digunakan untuk mengobati batuk dan pilek. Kayu manis juga bertindak sebagai anti jamur dan anti bakteri pada mulut dan tenggorokan.

Sekian manfaat dari ramuan yang ampuh mengatasi dan mengobati flu akibat kehujanan. Semoga bermanfaat!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top