Manfaat Tanaman

Rambut Jagung Jangan Dibuang! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

 Rambut Jagung Jangan Dibuang! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mulai tak ada salahnya Anda memanfaatkan rambut jagung, karena apa? Yah, ternyata selama ini ada manfaat rambut jagung untuk kesehatan yang sayang bila terbuang. Jagung, merupakan sumber makanan yang enak dikonsumsi. Jagung biasanya menjadi menu pelengkap sayur, atau camilan. Namun tahukah selama ini rambut jagung jauh lebih berkhasiat selain bijinya? Meski tak lazim dikonsumsi, berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi rambut jagung.

Rambut Jagung Jangan Dibuang! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sponsor: cream pemutih wajah

Kandungan nutrisi rambut jagung:

Jagung atau Zea mays L. adalah tanaman yang banyak dikenal masyarakat. Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan salah satunya rambut jagung. Ekstrak air rambut jagung menunjukan hasil positif untuk penyembuhan gagal ginjal pada tikus tikus percobaan. Berdasar uji coba, rambut jagung mengandung kadar air 6.75 %. Kandungan lainnya berupa Flavonoid dan Steroid triterpenoid, senyawa anti radikan yang bermutu tinggi.

1. Menurunkan kadar gula pasien diabetes

Selama berabad-abad, rambut jagung sudah dipakai sebagai ramuan untuk mengobati berbagai macam  penyakit. Umumnya rambut jagung dapat diolah menjadi teh atau kapsul. Khasiat rambut jagung yang pertama adalah bisa membantu turunkan kadar gula para pasien diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang membuat kadar gula dalam darah meningkat. Diabetes juga jadi masalah utama penyakit ginjal dan stroke. Menurut penelitian dalam Journal Nutrition and Metabolism tahun 2009, khasiat rambut jagung dapat bantu turunkan kadar gula darah. Rambut jagung bisa membantu meningkatkan kadar insulin dan  memperbaiki sel dalam pankreas yang rusak. Cara konsumsinya bisa dalam bentuk minum teh atau suplemen.

2. Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Khasiat menakjubkan rambut jagung selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida, penyebab darah tinggi dan stroke. Hal ini pun dibenarkan oleh salah satu penelitian oleh  Lung and Blood Institute. Kolesterol adalah penyebab utama penyakit jantung, pembunuh nomor satu pria dan wanita di tahun 2012. Sementara itu, menurut uji coba rambut jagung yang dilakukan di Universitas Jilin Tiongkok menyebut bahwa ada senyawa kimia khusus pada rambut jagung yang membantu menurunkan kolesterol, trigliserida hingga kadar gula darah. Tak cukup disitu saja, rambut jagung sangat kaya akan polisakarida, yakni senyawa yang bermanfaat mengontrol naiknya kadar Trigliserida, atau jenis lemak yang terbawa oleh aliran darah.

3. Membantu tubuh mengeluarkan cairan berlebih

Manfaat rambut jagung yang satu ini adalah membantu menjaga komposisi cairan dalam tubuh. Rambut jagung berperan untuk membantu mengeluarkan cairan tubuh yang berlebihan karena bersifat diuretik. Diuretik sendiri adalah sifat zat yang terdapat pada makanan. Diuretik akan membantu ginjal bekerja untuk meningkatkan keluarnya urine. Seperti yang diungkap oleh badan National kesehatan, yang mana zat diuretik ini akan membantu tekanan darah tinggi, organ jantung, dan ginjal terlindungi dengan baik. Hasilnya membantu menjaga kesehatan tubuh dari gangguan jantung kongestif, hipertensi dan penyakit ginjal. Disarankan mengkonsumsi makanan yang bisa membantu proses pembuangan urin sehingga dapat mencegah penumpukan bakteri atau risiko infeksi pada saluran kemih.

4. Melindungi saluran kemih

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, khasiat rambut jagung salah satunya bisa membantu mencegah infeksi pada saluran kemih. Rambut jagung memiliki senyawa alami yang bersifat sebagai anti sepik dan diuretik. Kedua sifat inilah yang berperan aktif dalam mempertahankan sistem kekebalan di dalam saluran kemih. Alhasil, meminum teh yang berasal dari rambut jagung akan membantu mengurangi peradangan, mencegah iritasi serta menekan pertumbuhan bakteri dalam saluran kemih.

5. Mengatasi nyeri sendi

Kesehatan sendi merupakan langkah menuju hidup yang aktif. Itu sebabnya menjaga kesehatan sendi Anda merupakan hal paling utama. Teh jagung berperan mengurangi tingkat keasaman dalam tubuh sehingga mencegah timbulnya reaksi inflamasi atau nyeri parah pada sendi-sendi tubuh. Sebuah penelitian menyebut khasiat rambut jagung berguna untuk membantu mengontrol ketegangan otot para atlet. Para atlet yang beraktivitas dalam intensitas tinggi memang beresiko alami ketegangan otot bahkan nyeri sendi. Sementara memanfaatkan rambut jagung akan membantu menghidrasi tubuh supaya kadar elitrolotnya tetap seimbang. Cairan yang cukup dalam tubuh, kunci bebas nyeri otot dan sendi.

Rambut Jagung Jangan Dibuang! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara membuat teh rambut jagung:

Ramuan teh rambut jagung memang kaya manfaat terutama menjaga kadar gula, tekanan darah dan kolesterol. Teh rambut jagung dapat dijadikan alternatif minuman sehat yang menyehatkan. Untuk bisa membuatnya, bahan yang harus dipersiapkan yakni 3 sendok makan rambut jagung atau sekitar 30 g. Siapkan juga 1 liter air. Cara membuatnya dimulai dengan memasak air dengan api kecil dan masukkan rambut jagung. Tunggu proses memasak hingga air mendidik kurang lebih 2 menit. Angkat dan saring airnya. Minumlah air rebusan rambut jagung 3-4 cangkir sehari. Demi menjaga keamanan, lebih baik hindari minum teh ini pada wanita hamil, pasien ginjal dan bagi pasien hipertensi usahakan berkonsultasi sebelum mencoba.

Sekian beberapa manfaat utaman rambut jagung bagi kesehatan tubuh yang selama ini sering disepelekan orang. Banyak penelitian yang sudah membuktikan akan khasiat rambut jagung. Bahkan menurut jurnal Phytomedicine, rambut jagung adalah sumber diuretik paling efektif. Meski begitu, tak menutup kemungkinan untuk Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsi rambut jagung. Karena apa, agar informasi, cara meracik atau pantangan apa yang tak boleh dilakukan bisa membantu penyembuhan. Semoga manfaat rambut jagung untuk kesehatan ini bisa membantu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top