Manfaat Tanaman

Rahasia Manfaat Tanaman Sirih Merah

Daun sirih merah merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang sudah sejak jaman dulu dianggap sebagai salah satu bahan terbaik. Terutama untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Daun yang bisa ditanam di sekitar lingkungan rumah ini dapat tumbuh dengan baik tanpa perawatan khusus dan cenderung cocok di beragam jenis tanah. Bentuknya yang unik sebenarnya juga dapat membuat sirih merah dijadikan sebagai salah satu tanaman hiasan yang akan mempercantik dekorasi halaman depan rumah anda. Nah, lantas, apa saja manfaat dari tanaman sirih merah ini? Berikut kita akan membahas beberapa rahasia manfaat tanaman sirih merah terutama untuk kesehatan yang dapat menjadi alasan kenapa Anda harus menanam tanaman ini di lingkungan rumah.

Rahasia Manfaat Tanaman Sirih Merah.2

Sponsor : pemutih wajah

  1. Obat mimisan

Manfaat pertama dari tanaman sirih merah dalam kaitannya dengan masalah kesehatan adalah dapat berfungsi dengan sangat baik sebagai obat mimisan. Sebagaimana kita tahu, beberapa dari kita pernah mengalami mimisan karena sebab tertentu. Darah yang keluar dari hidung tentu saja akan mengganggu pernafasan dan juga menyebabkan iritasi pada bagian dalam hidung. Nah, sirih merah ini merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi mimisan. Tanaman ini memiliki kandungan feril popada dan juga terpen yang cukup tinggi. Kedua kandungan ini secara aktif akan menyumbat darah yang keluar dari hidung. Tidak hanya itu, daun sirih merah juga akan menutrisi bagian dalam hidung dan menghentikan iritasi yang terjadi.

  1. Obat sariawan

Cuaca yang terlampau panas seperti sekarang ini terkadang menyebabkan seseorang lebih mudah terkena sariawan. Ya, sariawan sepertinya sudah menjadi masalah yang sangat sering diderita oleh beberapa orang belakangan ini. Iritasi yang terjadi di dalam mulut karena sariawan ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Anda akan menjadi lebih sulit berbicara, tidak bisa makan dengan nyaman, bahkan mengalami sakit kepala. Tentu saja ini akan sangat menjengkelkan. Nah, salah satu manfaat terbaik dari tanaman sirih merah adalah ia dapat diandalkan untuk mengobati sariawan yang Anda derita. Kandungan vitamin C dan juga zat antiseptic yang ada dalam daun sirih merah akan secara aktif menghilangkan kuman penyebab sariawan dan mengatasi iritasi yang terjadi. Untuk pengobatannya, Anda bisa mengunyah 2 lembar daun sirih merah yang sudah di bersihkan. Jika tidak tahan dengan rasa pahitnya, peras daun sirih merah dan gunakan sebagai obat kumur.

  1. Obat luka bakar ringan

Manfaat lain dari tanaman sirih merah adalah dapat menjadi salah satu obat terbaik untuk luka bakar ringan. Luka bakar karena terkena knalpot motor, panci yang panas, dan lainnya dapat disembuhkan secara efektif dengan daun sirih merah ini. Nah, daun sirih merah memiliki beberapa kandungan yang sangat baik, seperti zat alkaloid, antioksidan dan juga vitamin C. Beragam kandungan dari sirih merah ini akan secara efektif mengurangi peradangan yang terjadi pada bagian kulit Anda yang mengalami luka bakar tadi. Untuk pengobatan, Anda hanya perlu untuk menumbuk 3 hingga 5 lembar daun sirih merah dan menambahkannya dengan sedikit madu. Gunakan hasil tumbukan sirih merah untuk mengolesi kulit yang terbakar. Lakukan setidaknya 2 kali sehari untuk hasil terbaik.

  1. Obat mata merah

Mata memang merupakan salah satu organ tubuh yang sangat sensitive. Debu yang beterbangan merupakan salah satu penyebab gangguan mata yang sering terjadi. Mata akan menjadi merah karena debu yang masuk di kelopak mata. Tentu saja, mata yang memerah dapat menyebabkan iritasi lain dan berefek ketidaknyamanan saat kita beraktivitas. Untuk mengatasi mata merah ini, sirih merah dapat diandalkan sebagai pilihan alternative. Sirih merah diketahui memiliki kandungan alkaloid yang secara aktif mengatasi peradangan yang terjadi di sekitar mata. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dan saring setelah mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres mata merah secara teratur.

  1. Obat gusi berdarah

Selain beberapa manfaat di atas, tanaman sirih merah juga dapat dimanfaatkan sebagai obat gusi berdarah. Gusi berdarah adalah salah satu gangguan kesehatan yang tentu saja dapat menurunkan kondisi tubuh secara umum karena pada dasarnya kita akan kesulitan untuk mengkonsumsi makanan. Di dalam tanaman sirih merah ini terdapat beberapa kandungan yang sangat baik, yakni mineral, kalsium, tanin, saponin dan juga fosfor. Kesemua senyawa yang ada tersebut akan meredakan peradangan yang terjadi pada gusi Anda. Nah, cara pengobatannya adalah dengan merebus daun sirih merah, menyaringnya dan menggunakannya sebagai obat untuk berkumur. Untuk pengobatan efektif, lakukan setidaknya 3 kali setiap hari.

Beberapa manfaat dari tanaman sirih merah sebagaimana dipaparkan di atas tentu dapat membuat Anda menjadi tahu bahwa tanaman ini memang dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan Anda secara umum. Dengan beberapa manfaat tadi, menanam tanaman sirih merah di sekitar rumah adalah salah satu hal positif yang dapat dilakukan. Dengan memiliki tanaman ini di rumah, tentu saja Anda tidak perlu bingung saat mengalami beberapa masalah kesehatan. Tanam tanaman ini dan dapatkan manfaat besarnya untuk kesehatan keluarga dan juga diri Anda sendiri.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top