Info Kedokteran

Rahasia Mandi Air Panas Untuk Kesehatan

Mandi merupakan salah satu aktivitas wajib yang harus Anda lakukan setiap hari. Dengan mandi secara teratur, tentu kebersihan tubuh akan lebih terjaga dan tubuh akan terhindar dari bakteri yang menyebabkan tubuh menjadi kotor dan berbau tidak sedap. Selain itu, mandi juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesegaran tubuh. Sesaat setelah Anda mandi, tentu Anda akan merasa lebih segar dan nyaman, bukan? Jika Anda merasa badan terlalu lelah setelah seharian bekerja, Anda dapat mencoba mandi dengan menggunakan air panas. Mandi dengan air panas adalah cara yang sudah sejak dulu diterapkan untuk mengembalikan kesegaran tubuh sehingga kondisi tubuh akan menjadi lebih baik. Nah, dalam kesempatan ini, kita akan membahas beberapa rahasia mandi air panas untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu. Dengan mengetahui manfaat dari mandi dengan air panas, tentu saja Anda memiliki alasan yang cukup untuk melakukannya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Rahasia Mandi Air Panas Untuk Kesehatan.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Membersihkan tubuh secara menyeluruh

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa salah satu manfaat mandi secara teratur adalah memiliki tubuh yang bersih dan terjaga setiap hari. Namun, ada kelebihan manfaat dari mandi dengan air panas yang harus Anda ketahui. Mandi dengan air panas dapat membersihkan tubuh secara lebih menyeluruh dan lebih baik. Hal ini dikarenakan air panas dapat membuka seluruh pori-pori yang ada pada kulit. Membukanya pori-pori pada kulit secara lebih besar tentu akan memberikan manfaat yang cukup berarti, yakni semua kotoran yang ada di bawah lapisan kulit akan keluar melalui pelebaran pori yang terjadi. Akan lebih baik jika dalam bilasan terakhir Anda membasuh tubuh dengan air dingin agar pori-pori kulit akan kembali tertutup kembali.

  1. Melancarkan peredaran darah

Kelancaran peredaran darah adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Oleh karena itu, menjaga kelancaran peredaran darah merupakan hal wajib yang harus senantiasa Anda lakukan. Salah satu cara untuk melancarkan peredaran darah dengan cukup mudah adalah dengan mandi menggunakan air panas. Air panas yang tersiram pada bagian tubuh secara merata akan melepaskan molekul-molekul darah yang mengendap di bawah permukaan kulit. Dengan terlepasnya molekul di bawah permukaan kulit tersebut, tentu darah yang tadinya tertahan akan mengalir dengan lebih lancar, terutama pada darah yang beredar menuju ke otak. Nah, hal ini tentu saja akan membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat setiap hari.

  1. Meredakan demam pada buah hati

Kita tentu sering mendengar bahwa orang tua menyuruh anaknya untuk mandi dengan air panas saat ia menderita demam. Demam adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering menyerang. Tidak hanya anak-anak yang mudah terkena demam, tetapi juga orang dewasa. Lantas, apa hubungannya demam dengan mandi air panas? Mandi dengan air panas adalah salah satu cara yang paling tepat untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Demam yang terjadi akan membuat Anda merasa dingin meskipun sebenarnya suhu tubuh meningkat. Nah, peningkatan suhu tubuh ini dapat di netralisir dengan air panas. Dengan menggunakan air panas, Anda juga akan terhindar dari rasa dingin yang lebih terasa karena demam yang sedang Anda rasakan.

  1. Efektif dalam menghilangkan stress

Stress merupakan salah satu resiko yang harus Anda alami terutama saat Anda memiliki banyak sekali deadline untuk dikerjakan serta beberapa beban lain yang harus segera diselesaikan. Nah, salah satu terapi penghilang stress yang mudah dan nyaman untuk dilakukan adalah mandi dengan air panas. Mandi dengan air panas merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan dan akan membuat Anda merasa lebih segar. Hal ini tentu akan berdampak pada meningkatnya hormone yang menenangkan tubuh sehingga stress yang Anda alami dapat sedikit Anda atasi. Akan lebih baik jika Anda tidak sekedar mandi dengan air panas, tetapi juga berendam dan berdiam diri beberapa waktu dengan air panas.

  1. Menghilangkan gangguan insomnia

Gangguan susah tidur atau insomnia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyiksa karena Anda akan kehilangan waktu untuk beristirahat yang berdampak pada menurunnya kondisi kesehatan tubuh secara umum. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus dan lebih dari tiga hari, bisa saja tubuh Anda akan menjadi drop dan Anda bisa saja jatuh sakit. Oleh karena itu, insomnia tentu sebaiknya harus segera di atasi. Salah satu cara yang cukup tepat untuk mengatasi masalah insomnia adalah dengan mandi menggunakan air panas. Air panas yang digunakan untuk mandi akan membuat tubuh menjadi lebih tenang. Otot-otot tubuh yang menegang dan menjadi sebab dari insomnia dapat di relaksasi sehingga Anda bisa tidur dengan lebih nyaman setiap malam.

Beberapa manfaat dari mandi air panas terutama untuk masalah kesehatan tubuh secara umum sebagaimana di jelaskan di atas, tentu harus menjadi ilmu pengetahuan Anda yang baru. Dengan segala manfaat yang ada, mandi air panas dapat menjadi alternative untuk hidup lebih sehat dan segar setiap hari. Nah, coba mandi dengan air panas jika Anda merasa kurang fit.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top