Entertaiment

Rahasia di balik pembangunan tugu pahlawan yang jarang diketahui orang

Bagi masyarakat surabaya, pasti sangat mengenal bangunan bersejarah ini. Ya, tugu pahlawan, warga surabaya pasti tahu betul monumen tugu pahlawan yang ada di Surabaya ini. Miumen kebanggaan warga surabaya ini kini tidak hanya difungsikan sebagai tugu peringatan bagi para pahlawan yang telah gugur namun kini juga difungsikan sebagai tempat wisata bagi masyarakat umum. Namun ada rahasia di balik pembangunan tugu pahlawan tersebut tidak banyak yang mengetahu sejarah di balik pendirian tugu pahlawan dan juga makna yang tersirat dari wujud tugu palawan tersebut. Padahal terdapat pesan yang ingin disampaikan oleh perancang tugu pahlawan kepada masyarakat luas.

Rahasia di balik pembangunan tugu pahlawan

Sponsor – kezia skin expert

Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai kota pahlawan yang paling terkenal. Karena melalui monuen inilah identitas Kota Surabaya sebagai kota pahlawan tercerminkan. Kota surabaya memang dijuluki sebagai kota pahlawan. Namun bukan tanpa sebab Kota Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan. Telah tercatat dalam sejarah bagaimana keberanian arek-arek Suroboyo dalam menghalau penjajah di Kota Surabaya. Untuk itu monumen Tugu Pahlawan ini dibangun khusus untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Kota Surabaya.

Tentu saat kita masih pelajar dulu seringkali diceritakan bagaimana perjuangan para pahlawan dari kota surabaya yang berusaha untuk mengusir penjajah setelah kemerdekaan dikumandangkan. Saat itu tentara sekutu datang kembali ke Surabaya dengan dalih ingin melucuti senjata tentara jepang. Namun kembalinya tentara sekutu tercium sebagai kedok untuk kembali menancapkan taring jajahannya di negeri pertiwi. Melihat hal tersebut, arek-arek suroboyo dengan gagah berani menentang kedatangan tentara sekutu yang berbuah kerusuhan di depan hotel majapahit. Pada kerusuhan tersebut jenderal tentara sekutu yang bernama AWS Mallaby tewas di tangan pejuang surabaya.

Tewasnya jenderal Mallaby membuat tentara sekutu marah dan megeluarkan ultimatum bagi warga surabaya untuk segera menyerah. Mendapatkan ultimatum seperti itu, bukanya menyerah, arek-arek suroboyo malah semakin muntab. Apalagi pidato Bung Tomo yang disiarkan melalui saluran radio di Surabaya membuat semangat arek-arek suroboyo seakan terbakar membara. Dengan pekikan keras merdeka atau mati mereka berbondong-bondong mengangkat senjata sederhananya untuk melawan tentara sekutu. Pertempuran pun tidak dapat terelakkan. Dengan semangat membara arek-arek suroboyo pun berhasil mengusir tentara sekutu dari wilayah Surabaya. aksi heroik inilah yang membuat Surabaya mendapatkan gelar sebutan sebagai kota pahlawan. Kota lahirnya para pahlawan yang gagah berani untuk memperjuangkan kemerdekaan. Semangat memperjuangkan kemerdekaan inila yang tertuang pada monumen tugu pahlawan.

Tugu Pahlawan dibangun 66 tahun yang lalu. Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno lah yang meletakkan batu pertama pembangunan Tugu Pahlawan pada tanggal 10 November 1951. Proses pembangunan Tugu Pahlawan membutuhkan waktu 10 bulan hingga dapat berdiri kokoh menjulang angkasa. Dan setahun setelah peletakan batu pertamanya, Tugu Pahlawan di resmikan oleh Presiden Ir. Soekarno tepatnya pada tanggal 10 November 1952. Disini terlihat keunikan dari pendirian tugu pahlawan. Perhatikan angka 10. 10 November di Indonesia diperingati sebagai hari pahlawan. Pembangunan tugu pahlawan di mulai pada tanggal 10 november, dikerjakan selama 10 bulan dan di resmikan pada tanggal 10 november pula. Tentu saja ini bukanlah kebetulan semata, namun memang kejadian ini terdapat makna tersirat bahwa monumen tugu pahlawan berdiri untuk membuat masyarakat mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan.

Tidak hanya pada aspek tanggal dan waktu pembangunan saja yang unik dan memiliki pesan tersirat. Namun, dibalik pembangunan monumen berbentuk lingga atau paku terbalik ini, rupanya setiap detail bangunan Tugu Pahlawan memiliki makna. Tugu Pahlawan memiliki ketinggian mencapai 41,15 meter. Selain itu tubuh dari Monumen Tugu Pahlawan sendiri berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) dengan jumlah sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas. Ketinggian, jumlah lengkungan dan ruas rupanya memiliki makna tanggal 10 bulan 11 dan tahun 1945. 10 November sendiri di Indonesia diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Di masa awal pembangunan Tugu Pahlawan tidaklah sama seperti saat ini. Kini area Tugu Pahlawan telah dikelilingi taman yang indah sehingga selain sebagai tempat untuk mengenang keberanian para pahlawan di Kota Surabaya juga dapat dinikmati untuk berekreasi. Di bawah Tugu Pahlawan juga saat ini dijadikan museum yang memamerkan beragam dokumentasi di masa pertempuran sebelum dan sesudah peristiwa 10 November 1945. Disini anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Kota Surabaya. oleh karena itu selain dapat menjadi tempat untuk berekreasi bersama keluarga juga bisa menjadi sarana pembelajaran bagi putra-putri anda.

Untuk mengunjungi monumen tugu pahlawan pun anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. anda bisa meinkmati indahnya taman di sekitar tugu pahlawan. Atau mengabadikan momen di beberapa spot yang keren banget untuk dijadikan background foto selfie anda. Dan yang paling penting anda bisa mengenang serta mengajarkan kepada anak dan keluarga anda tentang kisah keberanian para pahlawan di kota surabaya yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. sehingga putra-putri anda akan tumbuh menjadi anak yang mencintai tanah airnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top