Makanan Kesehatan

Rahasia Di Balik Jengkol Dan Petai

Apa yang terlintas pertama kali di benak Anda saat seseorang menyebutkan jengkol dan petai? Nah, bisa jadi Anda akan berpikir terkait bau yang kurang sedap. Memang, kedua jenis makanan ini terkenal dengan baunya yang kurang sedap, terutama setelah Anda mengkonsumsinya. Akan tetapi, tidak jarang orang menyukai petai sebagai lalapan dan jengkol sebagai sayur. Mereka beranggapan bahwa kedua bahan makanan ini memiliki rasa yang lezat di balik baunya yang kurang sedap. Selain itu, ternyata petai dan jengkol juga mengandung beberapa manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan yang sayangnya tidak banyak diketahui oleh masyarakat sehingga mereka enggan mengkonsumsinya. Nah, berikut kita akan membahas beberapa rahasia di balik jengkol dan petai untuk kesehatan yang mungkin dapat merubah pandangan Anda terhadap kedua jenis makanan ini. Apa saja manfaat baik dari kedua bahan makanan tersebut? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Rahasia Di Balik Jengkol Dan Petai.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Menurunkan resiko kanker dan liver

Salah satu manfaat besar dari petai dan juga jengkol yang sebaiknya Anda tahu adalah kedua bahan makanan ini mampu secara cukup baik menurunkan resiko kanker dan juga penyakit liver. Kedua penyakit ini memang merupakan contoh penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam keselamatan jiwa, terutama kanker. Banyak kasus kanker yang muncul dan berakhir pada kematian dari si penderita. Selain itu, liver yang terkena gangguan akan mengakibatkan ketidakstabilan kondisi tubuh karena fungsi liver adalah untuk menyaring racun. Jengkol dan petai dapat diandalkan karena kedua bahan ini mampu menangkal radika bebas yang diyakini menjadi penyebab kanker dan liver. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam petai dan jengkol akan menjadi agen yang aktif menangkal radikal bebas tersebut.

  1. Meredakan stress dan depresi

Pekerjaan yang tidak kunjung selesai dan adanya tekanan dari atasan membuat kita terkadang merasa panik dan berujung pada stress. Stress atau depresi tentu merupakan kedua hal yang buruk yang akan membuat kondisi tubuh menurun. Orang yang stress atau depresi cenderung akan merasa gelisah, murung, memiliki emosi yang labil, dan lainnya. Jika Anda merasa stress atau depresi, coba konsumsi petai atau jengkol. Ya, di balik baunya yang kurang sedap, kedua bahan makanan ini memiliki zat tryptophan. Ini adalah zat sejenis protein yang terdapat dalam jengkol dan petai yang akan diubah tubuh menjadi zat serotonin. Fungsi zat ini akan membuat suasana hati menjadu lebih santai dan tenang. Tentu, stress dan depresi yang Anda rasakan dapat di tanggulangi.

  1. Menjaga kestabilan tekanan darah

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan sayangnya sering diderita oleh masyarakat kita. Seseorang yang terkena penyakit ini akan kehilangan keseimbangan tubuh dan tidak bisa beraktivitas secara lancar. Pada tahapan yang lebih serius, penyakit darah tinggi dapat menjadi cikal bakal stroke dan juga pecahnya pembuluh darah. Sangat mengerikan bukan? Oleh karena itu, berusaha menjaga kestabilan tekanan darah adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Petai dan jengkol merupakan bahan alami yang cukup efektif untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meredakan hipertensi. Kedua bahan makanan ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yang bisa mengontrol tekanan darah Anda dalam ambang batas yang normal.

  1. Membuat kulit awet muda

Memiliki penampilan yang awet muda tentu menjadi keinginan dari sebagian besar Anda. Ya, dengan penampilan yang awet muda, tentu Anda akan terlihat lebih menarik dalam setiap acara yang akan Anda ikuti. Banyak orang melakukan perawatan yang mahal hanya karena mereka ingin selalu terlihat muda. Akan tetapi, kini Anda dapat mendapatkan manfaat yang sama tanpa melakukan perawatan tubuh yang mahal. Bagaimana caranya? Konsumsi petai dan jengkol! Mengkonsumsi petai dan jengkol secara teratur akan membuat Anda nampak lebih muda. Kedua bahan makanan tersebut memiliki kandungan protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Protein dari petai dan jengkol akan secara efektif membantu regenerasi kulit sehingga kulit terlihat selalu lembut dan juga halus.

  1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat lain dari petai dan jengkol yang cukup penting bagi kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem pencernaan merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena di sinilah nutrisi makanan akan di olah dan disebarkan ke seluruh tubuh. Dalam hal ini, tentu Anda harus selalu menjaga sistem pencernaan Anda demi nutrisi yang dapat tersebar dengan baik ke seluruh tubuh. Petai dan jengkol merupakan dua bahan makanan yang memiliki serat cukup tinggi. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi inilah kedua bahan makanan dapat diandalkan untuk menjaga lambung dan usus halus. Selain itu, petai dan jengkol juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk sembelit.

Dengan banyaknya manfaat yang ada pada petai dan juga jengkol, tentu Anda kini menjadi tahu ternyata di balik baunya yang kurang sedap, kedua bahan makanan ini dapat menjaga kesehatan tubuh dengan sangat baik. Jangan ragu untuk mengkonsumsi petai dan jengkol. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, konsumsi kedua bahan makanan tersebut secara teratur. Semoga dapat menginspirasi. Bila bosan dengan masakan jengkol dan petai biasa, Anda bisa mencoba membuat resep masakan jengkol yang berbeda agar Anda bisa menikmati masakan tersebut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top