Career Tips

Rahasia Bikin Karir Naik Dalam 6 Bulan

Tentu bukan sebuah rahasia jika seseorang ingin mencapai sebuah kesuksesan di tempat kerja. Terlebih bila karir kita naik maka kemungkinan gaji ikut naik pula. Karir yang menanjak dan gaji yang lebih menjanjikan memang merupakan dua hal yang dianggap dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Akan tetapi, untuk mencapai hal tersebut, tentu Anda tidak bisa hanya berpangku tangan atau berusaha semaunya. Perlu usaha yang ekstra untuk mendapatkannya terlebih jika Anda menargetkan untuk menggapainya dalam waktu tertentu. Beberapa masalah yang sering muncul adalah seorang pekerja yang ingin karir nya menanjak tetapi sering teledor dalam mengerjakan job desknya. Atau, seorang pekerja yang sudah berada di jalur yang benar untuk menaikkan karir nya tetap tidak cukup sabar hingga akhirnya keluar. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait rahasia bikin karir naik dalam 6 bulan yang dapat Anda lakukan dengan cukup mudah. Berbekal beberapa tips ini, tentu saja Anda dapat mendapatkan karir yang lebih tinggi sesuai dengan keinginan. Simak beberapa tips tersebut berikut ini.

Rahasia Bikin Karir Naik Dalam 6 Bulan.2

Sponsor : cream pemutih wajah

  1. Memberikan kontribusi

Merasa sedikit tidak nyaman saat berada di awal karir merupakan hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena Anda membutuhkan waktu beradaptasi dengan lingkungan Anda yang baru. Terlebih bagi Anda yang kurang mengenal pekerjaan Anda dengan baik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Anda harus mencoba memacu diri Anda untuk memberikan kontribusi yang nyata pada pekerjaan yang Anda emban. Sesekali, ikutkan diri Anda pada beberapa proyek yang diadakan oleh perusahaan atau ikutilah beberapa rapat pekerjaan yang sedang berlangsung. Ini adalah salah satu langkah yang penting untuk mengenalkan siapa diri Anda dengan segala potensi yang Anda miliki. Dengan terlibat aktif dalam beberapa urusan kantor, siapa tahu Anda akan mendapatkan perhatian khusus dari atasan.

  1. Tingkatkan kemampuan

Untuk mencapai pada tingkat karir yang Anda inginkan terutama dengan waktu 6 bulan saja, maka langkah yang paling tepat adalah dengan selalu meningkatkan kemampuan yang Anda miliki. Harus dipahami bahwa kemampuan adalah hal yang paling penting dalam dunia pekerjaan. Atasan tentu tidak akan mengangkat seorang karyawan dan menempatkannya dalam posisi yang lebih tinggi jika ia tidak memiliki kemampuan yang baik. Oleh karena itu, Anda memang harus memacu diri Anda untuk menggali beragam potensi yang masih terpendam yang Anda miliki. Lakukan perbaikan terhadap kemampuan Anda secara bertahap. Tidak hanya kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga kemampuan penunjang lainnya, seperti bagaimana cara Anda berkomunikasi, ketepatan waktu sampai di kantor dan lain sebagainya.

  1. Bersikap fleksibel

Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk menggapai tingkat karir yang lebih tinggi di perusahaan dalam waktu 6 bulan adalah bersikap fleksibel. Apa maksudnya? Terkadang, pekerja yang mengejar target harus naik jabatan akan melakukan segala hal untuk menggapainya dan juga akan terlalu fokus pada targetnya tersebut. Hal ini memang terlihat bagus sebagai salah satu bukti semangat, tetapi ada beberapa efek buruk yang juga akan ditimbulkan. Nah, terlalu fokus mengejar karir dapat memperburuk hubungan Anda dengan sesama pekerja. Akan ada persaingan yang nampak nyata dan terkadang berujung pada persaingan yang tidak sehat. Sebagai saran, berusaha meningkatkan kemampuan dan persaingan adalah hal yang diperbolehkan, akan tetapi harus disadari bahwa dunia Anda bukan hanya di situ. Anda memiliki dunia sosial yang perlu diperhatikan. Jadi, bersikap fleksibellah dalam segala hal.

  1. Jangan malu bertanya

Salah satu masalah yang sering menyerang karyawan terutama karyawan baru, adalah malu bertanya. Ini adalah salah satu penghambat utama bagi Anda yang ingin mencapai karir yang lebih tinggi di suatu perusahaan. Bagi karyawan yang malu untuk bertanya padahal memiliki masalah pada pekerjaan yang akan ia lakukan, tentu saja pekerjaan mereka tidak akan maksimal. Oleh karena itu, jauhilah sifat malu untuk bertanya. Tanyakan apa yang menjadi kendala dan masalah saat Anda bekerja. Dengan bertanya sebenarnya atasan juga akan mengetahui jika Anda memiliki sebuah rasa ingin tahu yang tinggi dan keinginan untuk berkembang yang kuat. Selain itu, bertanya juga sangat efektif untuk membangun rasa percaya diri yang tinggi.

  1. Perhatikan sikap Anda di luar kantor

Untuk mencapai target kenaikan karir dalam waktu 6 bulan sebagaimana yang Anda inginkan, salah satu tips yang juga penting untuk Anda lakukan adalah memperhatikan sikap Anda saat berada di luar kantor. Dapat disimpulkan bahwa sikap seorang pekerja yang baik tidak hanya saat berada di kantor saja tetapi juga saat ia berada di kehidupannya sehari-hari. Dalam hal ini, hindari untuk mengeluh di laman jejaring sosial yang Anda miliki. Hal ini penting karena bisa saja atasan Anda akan mengetahuinya dan menggunakannya sebagai salah satu bahan penilaian. Di samping itu, sering mengeluh juga merupakan salah satu hal yang akan menghambat motivasi Anda. Jika Anda sudah terbiasa mengeluh, maka Anda akan cenderung melakukannya saat mendapatkan kesulitan, bukan mencari solusi lain yang lebih tepat.

Beberapa tips di atas dapat menjadi salah satu acuan yang dapat membantu Anda mendapatkan karir yang lebih tinggi dalam waktu 6 bulan. Lakukan beberapa cara tersebut dan dapatkan apa yang Anda inginkan. Semoga menginspirasi!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top