Gosip

Ragam Perayaan Idul Adha Di Berbagai Penjuru Dunia

Ragam Perayaan Idul Adha Di Berbagai Penjuru Dunia

Ragam perayaan Idul Adha di penjuru dunia bisa dibilang memiliki keunikan dan tradisi yang berbeda. Misalnya, tradisi Idul Adha di Timur Tengah tentu berbeda dengan tradisi Tanah Air. Dan hari raya ini juga menjadi pertanda berakhirnya ibadah haji yang dilakukan oleh seluruh jamaah yang tiba di Mekkah dari seluruh duni. Setiap tahunnya idul adha juga menjadi peristiwa kurban yang ada dalam kisah nabi Ibrahim AS.

Ragam Perayaan Idul Adha Di Berbagai Penjuru Dunia

Sponsor: perawatan wajah

Di Indonesia, perayaan idul adha biasanya dilakukan dengan cara mengawali shalat ied dua rakaat. Umumnya shalat dilakukan di masjid atau tanah lapang. Setelah shalat ied selesai dilaksanakan, selanjutnya warga bergotong royong melakukan prosesi penyembelihan hewan kurban. Daging kurban lalu akan dibagikan kepada tetangga dan fakir miskin. Warga musli yang telah mendapat daging kurban, mereka akan memasak olahan sesuai tradisi dan keinginan masing-masing. Itulah sederet perayaan idul adha yang rutin dilakukan tiap tahunnya di Indonesia. Lalu bagaimana dengan perayaan di berbagai negara?

Ragam Perayaan Idul Adha Di Berbagai Penjuru Dunia

1. Amerika Serikat

Negara adidaya ini merupakan sebuah negara barat yang kini memiliki jumlah penduduk kaum muslim cukup banyak dan berkembang. Setiap tahunya, warga muslim di Amerika Serikat rutin menggelar acara hari raya idul adha dimulai dengan melaksanakan shalat idul adha di masjid. Selanjutnya perayaan akan dilakukan bersama keluarga dan teman sembari menikmati daging kurban dengan olahan yang beragam. Suasana penuh kecerian dan saling berbagi terlihat di sana.

Ragam Perayaan Idul Adha Di Berbagai Penjuru Dunia

2. Mesir

Berbeda dengan Amerika Serikat yang warga muslimnya didominasi oleh pendatang dan mualaf, maka di Mesir sudah memiliki jumlah penduduk asli muslim. Umat muslim disana melaksanakan shalat, setelah shalat selesai, biasanya imam melaksanakan kutbah lalu dianjutkan dengan pesta makan. Untuk merayakan pesta, warga disana akan berkunjung kerumah saudara untuk menikmati hidangan kurban. Sementara para dermawan akan membagikan daging kurban kepada orang yang kurang mampu.

Ragam Perayaan Idul Adha Di Berbagai Penjuru Dunia

3. Pakistan

Pakistan termasuk wilayah dengan jumlah penduduk muslimnya cukup mendominasi. Negara yang pernah jadi bagian dari India ini tiap tahun salalu merayakan idul adha selama 4 hari. Dan selama waktu libur tersebut, hampir tiap toko libur demi menghormati perayaan idul adha.

   Ragam Perayaan Idul Adha Di Berbagai Penjuru Dunia

4. China

Negara dengan jumlah penduduk terbesar didunia ini memiliki serangkaian tradisi menyambut idul adha yang unik. Dimana para pria beramai-ramai menjalankan sholat idul adha di masjid. Sementara itu kaum perempuan hanya boleh melaksanakan sholat di rumah. Selama takbir, warga muslim china biasanya membakar Hio atau tradisi dimana para jemaah akan membawa Hio lalu dibakar ke dalam masjid. Selanjytnya warga akan menancapkan Hio ke dalam mangkok. Prosesi tersebut dilakukan sebelum kutbah sholat dimulai.

Itulah beberapa ulasan tentang tradisi unik selama Idul Adha yang ada di berbagai negara. Selain empat negara diatas, tradisi-tradisi unik lainnya tentu dilaksanakan di berbagai penjuru dunia. Seperti perayaan idul Fitri, seluruh umat islam begitu antusias menyambut hari bersar kurban yang penuh makna dan bukti ketaqwaan diri terhadap Allah, Tuhan Semesta Alam.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top