Tips Kesehatan

Puasa Bukan Halangan Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Mata

Sebagaimana kita ketahui, mata adalah anugrah penting yang harus dijaga, Dengan sepasang mata, kita bsa melihat dan menikmati apapun keindahan dunia. Mata juga jendela menuju kebaikkan, sebab keburukan pun bisa berawal dari apa yang kita lihat. Seperti hal nya demikian, di waktu puasa Ramashan, dianjurkan untuk menjaga pandangan agar tidak mengurangi pahala. Lalu bagaimana dengan kesehatannya? Yah, mata adalah organ penting yang wajib kita jaga kesehatannya. Jadi, puasa bukan halangan menjaga kesehatan mata

Sponsor: perawatan wajah

Tips Menjaga Kesehatan Mata:

1. Berhenti Merokok

Puasa Bukan Halangan Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Mata

Berhenti merokok adalah alasan bijak menuju hidup yang lebih sehat. Kebiasaan rokok kadang bisa muncul setelah berbuka puasa. Anda tentunya sudah paham apa saja dampak dan bahaya rokok bagi kesehatan. Namun kemungkinan Anda masih kurang tahu jika ada kaitannya antara rokok dan masalah kesehatan mata. Perokok aktif memiliki peluang untuk mengembangkan sejumlah penyakit yang berkaian dengan mata misalnya degeneratif nakula, katarak, sindrom mata kering atau kerusakan saraf optik. Menurut studi, berhenti dari kebiasaan merokok bisa membantu Anda berpeluang untuk bebas dari risiko penyakit mata.

2. Kendalikan Tekanan Darah Dan Gula

Puasa Bukan Halangan Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Mata

Mengidap tekanan darah tinggi dan tidak segera diobati bisa mengganggu penglihatan hingga menyebabkan retinopati hipertensif, yakni kerusakan pada retina akibat tekanan darah yang terlalu kuat. Jika retina telah rusak, maka bisa menyebabkan penglihatan terganggu. Selain tekanan darah, faktor lain seperti diabetes juga mampu mempengaruhi kesehatan mata. Naiknya glukosa darah yang berkepanjangan akan menyebabkan retinopatik diabetik serta komplikasi mata lain seperti katarak dan glaukoma. Pagi pengidap diabetes, diharapkan untuk memilih makanan sehat, pemeriksaan rutin atau suntik insulin sesuai saran dokter. Bagaimana jika sedang berpuasa? Suntik insulin bisa digantikan pada waktu setelah berbuka. Jangan lupa untuk mengontrol asupan gula pada pasien diabetes supaya tak menghasilkan komplikasi yang ada kaitannya antara diabetes dengan kebutaan, katarak, erosi kornea, pengadarana atau penggandaan penglihatan.

3. Dapatkan Nutrisi Terbaik Untuk Mata

Puasa Bukan Halangan Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Mata

Selama puasa, Anda bisa manfaatkan waktu berbuka dan sahur untuk melindungi mata dengan makanan yang kaya antioksidan. Senyawa antioksidan memiliki peran baik untuk melindungi dan memperbaiki sel pada mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Pilihan makanan bergisi bisa berupa sayur dan buah kaya vitamin A atau betakaroten guna mendukung produksi rhodopsin yakni pigmen yang sangat sensitif terhadap cahaya yang mana bisa digunakan saat cahaya buruk. Seperti kita ketahui, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja dimana seseorang tidak bisa melihat cahaya yang remang.

4. Lindungi Mata Dari Sinar Matahari

Puasa Bukan Halangan Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Mata

Faktor pendukung kesehatan mata selanjutnya adalah tetap melindungi mata dari cahaya terang termasuk sinar matahari. Paparan cahaya matahari yang terang dna panas bisa menyebabkan katarak dan degenerasi nakula karena adanya sinar UV atau ultra violet  yang bisa menembus retina mata sehingga menimbulkan kerusakan. Jadi, cara aman untuk tetap menjaga mata dari bahaya radiasi UV, disarankan untuk memakai pelindung mata seperti kacamata hitam yang dirancang khusus. Pilih kacamata yang memiliki pelindungan UV hingga 99-100%. Kacamata juga berguna untuk selalau melindungi mata dari cidera, kerusakan atau kebutaan. Kenakan kacamata juga disaat berkendara, olahraga tennis, hokki atau berenang, atau saat bekerja didepan layar.

5. Lakukan Kebiasaan Baik Untuk Mata Anda

Puasa Bukan Halangan Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Mata

Meski kebanyakan masalah mata berhubungan dengan penuaan namun juga akibat dari kebiasaan buruk yang dilakukan sepanjang dan sesering mungkin. Misalnya, menatap layar dengan mata fokus, lama atau jarak yang terlalu dekat. Tak hanya itu, membaca lama berjam-jam dan berada di tempat remang bisa membuat gangguan mata. Otot di sekitar mata cenderung terkunci pada satu titik sehingga membuatnya kehilangan fleksibilitas. Ahlasil, benda yang berada di jarak jauh akan terlihat kabur saat kita mencoba melihatnya. Jadi, agar mata tetap aman sebahiknya ambil waktu untuk beristirahat dengan cara mengalihkan pandangan ke jarak jauh. Anda juga bisa melatih mata dengan olahraga mata yakni memandang objek berselang seling dari objek yang paling jauh ke objek paling dekat. Usahakan untuk melakukan kedipan lebih dari 25%.

6. Jaga Kebersihan Mata Bila Perlu Gunakan Lensa Kontak

   Puasa Bukan Halangan Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Mata

Tahap penting membuat mata tetap sehat selama puasa adalah selalu menjaga kebersihan mata. Menjaga kebersihan mata mampu mencegah risio infeksi mata, caranya dengan membasuh mata setiap pagi dengan air mengalir atau dengan menampung air di tangan dan memasukkan mata. Anda juga bisa lindungi mata dengan lensa kontak. Pilih lensa kontak berkualitas baik agar mata tetap aman, nyaman dan tidak berisiko kerusakan. Ketahui pula produk lensa kontak mana yang memenuhi kualitas dan lensa kontak modern juga jadi pilihan bijak. Namun hal paling penting adalah tidak memakai lensa kontak sesering mungkin. Gunakan sesuai jadwal yang disarankan, karena semakin lama Anda memakai lensa, semakin tinggi pula risiko infeksi pada mata.

Demikian beberapa langkah pasti yang bisa Anda lakukan agar kesehatan mata tetap terjaga meskipun tengah berpuasa. Pastikan untuk menjauhi alkohol dan bila perlu kunjungi dokter mata untuk memantau kesehatan mata. Lakukan pula pemeriksaan secara rutin 1-2 tahun sekali.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top