Tips Kesehatan

Prinsip Pola Makan Ini Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari

Prinsip Pola Makan Ini Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari

Sudahkan tidur malam Anda hari ini nyenyak? Jika belum coba lakukan prinsip pola makan bantu tidur lebih nyenyak berikut agar tubuh di pagi hari kembali segar. Sejatinya, makanan dan minuman yang kita konsumsi sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur pada malam harinya. Maka dari itu, memperhatikan selalu apa yang Anda konsumsi memang bisa membantu mencegah gangguan tidur. Makanan dan minumam yang baik justru akan membantu Anda tidur lebih nyenyak serta memperbaiki kualitas tidur.

Prinsip Pola Makan Ini Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari

Sponsor: pemutih wajah

Seperti apa dampak yang dirasakan jika tidur tidak nyenyak?

Jangan menyepelekan waktu tidur Anda di malam hari. Selama 24 jam kita diberi waktu untuk beraktivitas dan juga beristirahat. Bagi orang dewasa waktu ideal untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah 8 jam per hari. Sejumlah masalah yang umum terjadi jika terlalu sering begadang dan tidur tidak nyenyak yakni;

  • Berpengaruh pada otak

Hal ini sangat berbahaya sebab otak merupakan bagian penting dalam hidup kita. Otak mengatur hampir sebagian besar aktivitas kita seperti bekerja, belajar, bergerak dan masih banyak lainnya. Menurut penelitian, damkat tidur tak nyenyak akan mempengaruhi area di bagian otak yang memungkinkan seseorang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Pada area ini, akan mudah merespon emosi negatif pada mereka yang tidurnya tak nyenyak. Ketika tidur nyenyak, maka otak akan beristirahat total. Sebaliknya, jika tidur tak nyenyak maka akan muncul gelisah bahkan depresi. Akibatnya, seseorang jadi tidak bisa mendapatkan energi untuk beraktivitas kesokan harinya.

  • Penuaan

Tidur yang nyenyak mampu membuat tubuh melepaskan hormon ‘pertumbuhan’, yang ini sangat dibutuhkan oleh usia muda. Dan semakin bertambahnya usia, hormon inipun akan berkurang. Padahal hormon pertumbuhan penting untuk menguatkan tulang, menbalkan lapisan kulit dan meningkatkan masa otot. Sementara kurang tidur bisa mengakibatkan tubuh kekurangan asupan hormon ini. Justru sebaliknya, hormon pemicu stress (kartisol) akan muncul dan memecah protein dan kolagen, sehingga kulit jadi mudah kasar, dehidrasi, muncul garis halus, kulit pucat, muncul lingkar hitam di mata hingga kulit kusam.

  • Obesitas hingga picu penyakit serius

Kurangnya tidur akan membuat berat badan bisa bertambah. Seperti yang diungkap oleh para peneliti dimana gangguan pada saat tidur bisa menyebabkan seseorang berpotensi menambah jumlah makan dan meningkatkan rasa lapar sangat tinggi. Akibatnya mereka cenderung malan lebih banyak termasuk makanan berlemak dan tinggi karbohidrat. Penyakit serius bisa muncul seperti diabetes, hipertensi penyakit pada jantung hingga stroke. Kesuburan sampai gairah sex juga akan terganggu karena menurunnya hormon reproduksi. Jadi bagi yang ingin segera punya anak maka hindari begadang agar dapatkan tidur yang nyenyak.

Bisahkan dapatkan tidur nyenyak dengan menjaga pola makan?

Tentu saja sangat bisa. Sejumlah penelitian ungkap rahasia mendapatkan tidur yang nyenyak untuk hidup yang lebih berhara. Berikut penjelasannya.

Prinsip Pola Makan Ini Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari

1. Hindari minuman berkafein dan minuman berenergi

Minuman berkafein atau berenergi memang bisa membuat tubuh terasa segar dalam sekejab. Akan tetapi, efek kafein yang dikonsumsi oleh setiap orang jelas berbeda, tergantung sensitivitasnya. Namun secara umum, kafein harus dihindari supaya tidur bisa nyenyak. Kafein adalah zat yang memberi stimulan supaya seseorang yang meminumnya akan terjaga dalam waktu lama. Senyawa ini pun ditemukan pada kopi, coklat atau teh bahkan minuman bersoda dan alkohol juga ditemukan kafein. Lebih baik untuk menghindari minuman berkafein jelang waktu tidur atau sekitar 6 jam sebelum tidur. Jika ingin membuat tubuh terjaga di pagi hari, Anda bisa ganti dengan berjalan-jalan, atau minum air dingin.

Prinsip Pola Makan Ini Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari

2. Camilan malam tinggi karbohidrat kompleks

Camilan tinggi karbohidrat komplek ternyata bisa bantu mengatasi gangguan tidur di malam hari. Hal ini pun telah diungkap oleh sebuah tulisan jurnal berjudul American Journal of Clinical Nutrition, dimana makan malam dengan karbohidrat komplek bisa membuat seseorang tidur dengan nyenyak. Makanan kaya karbohidrat kompleks bisa memic kadar serotonin dalam tubuh sehingga membuat seseorang menjadi rileks. Beberapa pilihan makanan kaya karbohidrat adalah sereal, susu, gandum, atau selain kacang. Anda dapat mengolah bahan camilan ini menjadi makanan kaya karbohidrat dan serta. Namun pilihkan bahan makanan ini yang mengandung rendah lemak bahakan tanpa lemak.

Prinsip Pola Makan Ini Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari

3. Jus ceri

Jus ceri adalah pilah lain untuk Anda yang ingin bisa tidur lebih nyenyak. Buah ceri merupakan buah yang tinggi vitamin dan mineralnya. Buah yang kaya anti oksidan dan baik dikonsumsi pada malam hari menjelang tidur. Menurut penelitian yang termuat didalam jurnal Medicinal Food, meminum segelas jus ceri di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Kandungan yang berperan dalam membuat buah ini baik dikonsumsi pada malam hari adalah terdapatnya melatonin. Senyawa melatonin yakni senyawa alami yang bermanfaat mengatur fungsi dalam tubuh terutama siklus tidur.

Prinsip Pola Makan Ini Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari

4. Mengatur porsi dan jam makan 

Mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Begitupun dengan mengatur porsi dan jam makan Anda. Seperti makan terlalu sedikit di siang hari bisa membuat seseorang berpotensi mengalami rasa lapar pada malam hari sehingga membuatnya mencari cara untuk mengatasi rasa laparnya. Akhibatnya makan di malam hari saat menjelang tidur bisa mengganggu organ pencernaan. Sementara makan terlalu sedikit di malam hari bisa membuat tubuh merasakan lapar dan terbangun di tengah malam.

Demikian penyebab jika tidur malam tidak nyenyak serta cara mudah mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan porsi makan Anda setiap hari agar kualitas hidup tetap terjaga. Selamat mencoba!

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top