Entertaiment

Pilihan Tempat Wisata di Wilayah Timur yang Nggak Kalah Indah

Indonesia mempunyai banyak keindahan alam yang berpotensi menjadi tempat wisata bagi penduduk negeri dan luar negeri. Khususnya di bagian Indonesia wilayah timur. Salah satu daerah wilayah Indonesia timur ialah Papua Barat. Banyak masyarakat yang belum tahu keindahan-keindahan di Papua Barat. Keindahan-keindahan di sana menjadi objek wisata, namun masih belum banyak terjamah. Objek pariwisata yang menjadi salah satu andalan Provinsi Papua Barat seperti Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang berada di Kabupaten Teluk Wondana, Taman Nasional Lorenz, Keindahan Kepulauan Raja Ampat dan banyak lagi yang lainnya. Agar lebih jelas, kali ini akan mengulas banyak mengenai keindahan objek-objek wisata tersebut. Tempat wisata di wilayah timur.

tempat wisata wilayah timur

Sponsor: kezia skin expert

  1. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terdiri atas empat rangkaian gugusan pulau yang berdekatan di Provinsi Papua Barat, Indonesia, yakni meliputi meliputi Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta.  Kepulauan Raja Ampat kerap menjadi tempat tujuan wisata bagi penyelam. Sebab raja ampat mempunyai bawah lau yang amat indah. Begitu indah bagaikan surga bagi para penyelam dunia. Bahkan disebutkan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Dan tempat yang menawarkan lebih dari 540 jenis karang.

Belum lagi keunikan di kawasan gugusan Pulau Misool. Anda akan menemukan peninggalan prasejarah berupa cat tangan yang diterakan pada dinding batu karang yang berada sangat dekat dengan permukaan laut.

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman nasional perairan laut terluas di Indonesia. Taman yang terletak di Teluk Cendrawasih, Provinsi Papua Barat dijadikan sebagai perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, magrove dan hutan tropika daratan Pulau Papua. Tercatat memiliki sekitar 150 jenis dari 15 famili terumbu karang. Juga kaya akan berbagai jenis ikan, dengan jumlah lebih dari 209 jenis ikan,  4 jenis penyu seperti Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Hijau, dan Penyu Lekang.

Di samping itu terdapat Gua Alam peninggalan Zaman Purba. Adalah sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, Gua dalam air sedalam 100 meter di Tanjung Manguar.

  1. Taman Nasional Lorenz

Taman Nasional Lorenz terletak di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Dengan luas taman sekitar 2,4 juta ha, serta merupakan taman nasional terluas di Asia Tenggara. Taman Nasional Lorenz juga dinobatkan sebagai perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Pasifik. Kawasn ini juga merupakan salah satu kawasan dari tiga kawasan yang memiliki gletser di daerah tropis. Taman Nasional Lorenz pun mempunyai keanekaragaman budaya yang tak kalah mengagumkan. Kebudayaan tersebut telah berusia 30.000 tahun dan merupakan tempat kediamana Suku Nduga, Suku Dani, Suku Amungme, Suku Sempan dan Suku Asmat. Bisa jadi barangkali masih ada lagi suku lainnya yang hidup terpencil di hutan belantara Pulau Papua yang belum tersentuh oleh manusia modern.

  1. Salju Abadi Di Puncak Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya merupakan sebuah rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia yang membujur di Provinsi Papua. Memiliki puncak tertinggi setinggi 4.884 mdpl, yakni Puncak Jaya. Di puncak jaya tersebut terdapat Salju Abadi. Tetapi sayang kabarnya junlahnya sekarang semakin menipis gegara pemanasan global. Selain Puncak Jaya, juga ada puncak  lebih rendah yaitu Puncak Mandala setinggi 4.760 mdpl, Puncak Trikora setinggi 4.730 mdpl, Puncak Idenberg setinggi 4.673 mdpl, Puncak Yamin setinggi 4.535 mdpl dan Puncak Cartenzs Timur setinggi 4.400 mdpl.

  1. Teluk Triton

Teluk Triton berada di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat Indonesia. Teluk Triton dikenal dengan keindahan bawah laut. Selain raja ampat, teluk ini juga dikenal sebagai surganya para penyelam. Bagaimana tidak, di sana terdapat pemandangan yang amat menawan. Batu karang dan air nan jernih, pun pasir putih ada di sana. Sudah pasti pandangan pantai di sana indah, bukan? Para wisatawan yang telah mengunjungi Teluk Triton menjuluki teluk ini dengan sebutan Kota Senja karena mempunyai lukisan sunset yang sangat indah di langit Teluk Triton.

Menurut para ahli biologi laut terdapat 937 jenis ikan laut dan 492 jenis terumbu karang berbeda. 16 jenis diantaranya adalah jenis baru yang tidak ditemukan di laut di dunia. Lebih menakjubkan bahwa semuanya masih dalam kondisi bagus.

Apabila anda mengunjungi teluk Tritton, anda akan mendapat pengalaman seru tak terlupa, yaitu berenang bersama Ikan Paus Hiu. Secara langsung anda bisa memegang kulitnya.

  1. Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih memang banyak ditemukan di Indonesia bagian timur seperti di Selat Torres dan Pulau Misool di Provinsi Papua Barat. Burung Cendrawasih yang paling terkenal adalah jenis Burung Cendrawasih Merah. Cendrawasih merah dijadikan sebagai mascot Papua sebab memiliki warna bulu yang amatlah indah. Karena kemolekan warnanya, Burung Cendrawasih juga sering disebut burung dari surga atau Bird of Paradise. Selain menjadi Maskot Papua, Masyarakat di Papua juga menggunakan Bulu Cendrawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Namun sayangnya keberadaan Burung Cendrawasih kian terancam. Karena maraknya perburuan dan penangkapan liar yang bertujuan perdagangan. Juga disebabkan oleh kerusakan habitat asli mereka di alam liar.

Wah. Ternyata keren juga ya keindahan tempat wisata di sana.  Anda tertaik untuk mengunjunginya?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top