Inspiration

Perusahaan Yang Berhasil Menggebrak Dunia Dengan Ide Gila

Perusahaan Yang Berhasil Menggebrak Dunia Dengan Ide Gila

Perusahaan yang berhasil menggebrak dunia dengan ide pasti tak lepas dari peran penting para pendirinya di masa lalu. Meski sebagian orang yang tahu akan menganggap itu gila, tapi kenyataanya ide ‘gila’ tersebut justru sukses dan berhasil mencapai apa yang diimpikan. Selain ketenaran nama perusahaan, secara financial juga bermanfaat bagi banyak orang. Berikut ini lima perusahaan besar dunia yang sukses dengan ide gilanya. Semoga bisa menginspirasi Anda.

Perusahaan Yang Berhasil Menggebrak Dunia Dengan Ide Gila

Sponsor: halo jasa

  • Dropbox (Situs Penyimpan Data Berbasis Cloud)

Anda yang banyak berkecimpung dalam pekerjaan online, mungkin sudah tak asing dengan situs Dropbox. Situs dari perusahaan raksasa dunia berbasis web ini merupakan sebuah layanan aplikasi yang diterbitkan agar membantu kebutuhan pengguna online. Dropbox memperi layanan File-Sharing paling besar yang memungkinkan pengguna online menyimpan file dalam jumlah sangat besar. Media penyimpanan yang disediakan oleh situs ini menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 2 GB, mudah tersinkronisasi langsung dengan PC sehingga pengguda bisa mengakses langsung file baik dalam kondisi online atau ofline.

Pertama kali muncul ide Dropbox ini, pendirinya bernama Drew Houston mengaku memiliki cerita unik. Sebelumnya, sang pembuat sering mengalami insiden tak terkira dimana beberapa kali USB Drive miliknya selalu tertinggal. Saat itu ia masih menjadi murid di MIT. Dan saat itu, ide yang muncul dari gagasan Houston dianggap sebagai ide inovatif yang cukup sulit diterapkan. Namun karena usahanya, kini layanan penyimpan data online bisa dinikmati banyak orang. Ide tersebut juga jadi inspirasi banyak layanan penyimpan data online.

Perusahaan Yang Berhasil Menggebrak Dunia Dengan Ide Gila

  • Facebook (Situs Media Sosial)

Meski kini banyak para pesain media sosial facebook, namun sampai saat ini facebook masih banyak diminati para pengguna setiannya. Facebook pertama kali diciptakan berkat ide inovasi oleh Mark Zuckerberg dan timnya. Facebook menjadi pusat perhatian karena perusahaan raksasa dunia ini memberi layanan jejaring ke dua setelah Google yang meraup pendapatan tertinggi. Di balik kisah suksesnya, Facebook menaruh harapan tinggi pada industri online yang akhirnya muncul ide gila.

Pada 2003, Mark Zuckerberg mengalami titik awal seorang mahasiswa psikologi di Universitas Harvard masuk dalam dunia medsos. Dirinya mulai bereksperimen dengan Facemash, yang merupakan situs yang memperbolehkan mahasiswa disana membandingkan dua gambar mahasiswi mana yang lebih cantik. Dua gambar tersebut diperoleh Mark saat melakukan hack database milik kampusnya. Dan keesokan harinya, banyak para mahasiswa yang marah dan meminta Mark menutup situsnya. Uniknya Mark membuktikan pada mahasiwa lain tentang siapa saja yang senang membuka internet untuk melihat foto orang lain. Artinya, Facebook didesain oleh mark untuk memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk bisa saling terhubung satu sama lainnya.

Perusahaan Yang Berhasil Menggebrak Dunia Dengan Ide Gila

  • PayPal (Perusahaan Transaksi Online)

Pelopor pertama transaksi online adalah paypal. Transaksi dengan Paypal bisa digunakan untuk berbagai bisnis online, jual beli, menerima atau membeli aplikasi dari pihak lain. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka pengguna tak perlu merasa khawatir sebab Paypal dianggap lebih cepat dalam mengirim cek atau money order. Menurut data, ada lebih dari 99 juta pengguna online memilih Paypal saat mengirim atau menerima uang bahkan ada juga layanan transfer.

Sebelum muncul layanan ini, orang-orang pada masa itu belum terfikirkan tentang melakukan transaksi dengan mudah secara online. Lalu tiga sahabat, Mark Elon, Peter Thiel dan Max Levchin menjadi inspirator kemunculan layanan transaksi online. Bisnis terkemuka ini pertama kali berdiri pada 1999 muncul dengan ide sederhana dan elegan. Saat itu ada jutaan orang yang membawa dompet dan  PDA untuk membantu kemudahan membayar tagihan. Namun karena sedikit kerepotan, akhirnya muncul gagasan yang bisa membayar tagihan secara digital. Ginu tak hanya bisa untuk membayar tagihan saja, namun sudah bisa dipakai untuk hampir semua transaksi online.

Perusahaan Yang Berhasil Menggebrak Dunia Dengan Ide Gila

  • Amazon (Toko Online Terbesar di Dunia)

Perusahaan online terbesar dunia, Amazon awalnya sempat dianggap mustahil. Amazon pertama kali diperkenalkan lewat jasa jual buku online. Dan seiring berkembangnya waktu, perusahaan toko online ini menawarkan berbagai transaksi terbanyak di dunia. Jeff Bezos adalah pendiri Amazon pada 1994. Nama Amazon sendiri muncul sesuai nama sungai terbesar di dunia yang berada di benua Amerika. Sementara situs Amazon awalnya hanya menjual buku-buku daring lalu DVD hingga software, perlengkapan furniture, makanan hingga perhiasan.

Perusahaan Yang Berhasil Menggebrak Dunia Dengan Ide Gila

  • Linked In (Media Sosial Para Profesional)

Serupa dengan facebook dan perusahaan berbasis jejaring sosial lainnya, nama Linked In memiliki perbedaa sedikit. Media sosial ini lebih diperuntukkan untuk para pengguna profesional sehingga ia bisa terlihat lebih unggul secara online. Banyak para penggunanya memilih layanan Linked In saat merekrut para karyawan.

Dan awalnya Linked In muncul berkat gagasan Reid Hoffman. Reid Hoffman berkeinginan untuk menghubungkan orang satu dengan lainnya berdasarkan status pekerjaannya. Dan kini terbukti sudah banyak penggunanya terutama para perusahaan yang menggemari layanan Linked In untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi seputar pekerjaan dengan mudah secara online.

Demikian ide-ide gila yang muncul dari ke lima perusahaan besar di dunia. Perusahan raksasa ini juga jadi cikal bakal munculnya banyak perusahaan berbasis online lainnya. Meski berawal dari ide gila, Anda pun bisa menciptakan bisnis masa depan untuk membantu banyak orang. Tentunya butuh keterampilan dalam mengolah kebutuhan digital. Jika anda menyukai dunia internet, salah satu yang harus dikuasai adalah pandai dalam melakukan SEO. Untuk itu, anda membutuhkan seorang guru untuk melatih cara membuat program atau aplikasi sesuai SEO. Halo Jasa adalah wadah dimana anda bisa menemukan para ahli SEO profesional yang siap membantu sesuai kebutuhkan Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top