Kulit ku

Perubahan Kulit Dari Waktu Ke Waktu

Perubahan Kulit Dari Waktu Ke Waktu
Setiap orang dilahirkan dengan kulit yang sempurna, kenyal, elastis, dan sehat. Namun seiring bertambahnya usia kulit juga akan mengalami perubahan. Mulai dari masalah keriput, kendor,dan mengering. Sebenarnya ini adalah hal yang alami dan wajar, namun Anda harus mengetahui perubahan-perubahan ini sehingga Anda bersemangat untuk merawatnya agar tanda-tanda penuaan tersebut dapat diperlambat. Berikut perubahan kulit dari waktu ke waktu yang harus Anda ketahui.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Perubahan Kulit Dari Waktu Ke Waktu

  1. Masa remaja

Ketika awal masa pubertas, kulit akan mengalami beberapa perubhan untuk berubah menjadi kulit orang dewasa. Ketika remaja banyak perubahan yang terjadi mulai dari pematangan folikel rambut, peningkatan kelenjar sebaceous (penghasil minyak alami), dan kelenjar keringat kulit. Mungkin perubahan terbesar yang terjadi pada kulit remaja adalah meningkatnya produksi minyak atau sebum. Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon estrogen, androgen, dan progesteron yang merangsang produksi minyak pada kelenjar sebaceous. Dampak buruk yang terjadi ketika perubahan ini terjadi adalah mulai muncul gangguan jerawat.
Pada kulit seorang remaja masih memiliki banyak protein elastin dan kolagen yang dapat menjaga kekenyalan dan kelembutan pada kulit. Karena produksi kolagen masih dalam keadaan baik, kulit seorang remaja menjadi lebih ketat dan terlihat baik. Kekuatan kulit seorang remaja juga akan meningkat yang terjadi pada epidermis yaitu lapisan kulit terluat.
Pada masa remaja, kandungan lemak pada kulit laki-laki maupun perempuan juga akan meningkat. Kandungan lemak ini berfungsi untuk membantu mempertahankan kelembapan dan mencegah kekeringan pada kulit.

  1. Usia dua puluhan

Dalam usia dua puluhan kondisi kulit masih dalam keadaan baik, namun tidak jika Anda mengalami masalah kulit tertentu seperti jerawat atau eksim. Memasuki usia ini Anda harus mulai merawat kulit dengan rutin misalnya menggunakan pembersih, pelembap, atau perawatan kulit yang lain. Cara-cara tertentu seperti eksfoliasi atau pengelupasan kulit juga sesekali dapat Anda lakukan. Pengelupasan kulit sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering, kusam, dan gelap. Pada usia ini wajar jika Anda mengalami masalah jerawat, minyak berlebih dan lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan dan merawatnya.
Mulai usia dua puluhan Anda juga harus lebih berhati-hati terhadap risiko penuaan dini, yaitu munculnya garis-garis halus dan kerutan. Anda dapat mencegah penuaan dini dengan menggunakan beberapa produk perawatan. Misalnya melindungi diri dari sinar ultraviolet matahari menggunakan SPF. Sinar ultraviolet mengandung radikal bebas yang menjadi penyebab utama penuaan dini.

  1. Usia tiga puluhan

Pada usia ini mulai terjadi penurunan komponen pada kulit seperti asam hylauronic dan glikoprotein. Garis-garis halus dan kerutan mungkin mulai terlihat, tergantung dari seberapa besar kerusakan yang terjadi akibat sinar matahari, dan perawatan yang telah Anda lakukan. Ada beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan pada usia ini seperti pengelupasan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan pengelupasan kulit yang baik mengandung 3 bahan yaitu asam salisilat, asam nitrat, dan asam laktat yang mampu menghapus setiap noda dan mengangkat sel-sel kulit mati. Perawatan ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran pada kulit, sehingga Anda akan kembali di usia dua puluhan.

  1. Usia empat puluhan

Ketika menginjak usia empat puluhan tingkat estrogen dalam tubuh mulai menurun, disertai dengan penuruan epidermal lipids (lemak epidermis). Pada usia ini sangat penting untuk menutrisi kulit Anda dengan omega 6 dan 9, karena nutrisi ini berisi minyak yang tubuh sudah tidak mampu lagu memproduksinya. Pada usia ini tanda-tanda penuaan mulai terlihat walaupun Anda telah melakukan perawatan terbaik di usia tiga puluhan. Jadi Anda harus lebih berhati-hati lagi terhadap sinar matahari dan meningkatkan perawatan kulit.

  1. Usia lima puluhan

Pada usia lima puluhan penurunan kolagen dan elastin akan sangat terlihat. Hal dapat Anda lihat dari tanda-tanda visual seperti garis-garis halus, keriput, dan kulit yang mulai mengendor. Pada usia ini juga sangat sulit untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan tersebut. Semua tanda-tanda ini disertai dengan gejala menopause yang dapat merubah penampilan seseorang secara total. Mulai usia ini, Anda hanya perlu menjaga kesehatan dan mengoptimalkan perawatan kulit agar terhindari dari berbagai masalah gangguan kulit.
Jika Anda mau, ada sebuah perawatan dan peremajaan kulit yang dapat dilakukan bahkan kepada seseorang dengan usia lima puluh tahun. Ini adalah laser peremajaan kulit yang mampu mengurangi keriput dan mengembalikan kekenyalan pada kulit yang kendur untuk mendapatkan penampilan yang lebih baik dan muda. Laser peremajaan kulit dapat dilakukan dengan aman dan non-bedah. Laser peremajaan kulit ini bekerja dengan cara memanaskan kolagen di bawah permukaan kulit yang berfungsi untuk mengencangkan kulit Anda. Namun sudah tentu laser peremajaan kulit membutuhkan biaya yang tidak murah.

  1. Usia enam puluhan

Setelah mengalami banyak perubahan kulit dari waktu ke waktu, usia enam puluhan adalah puncak dari perubahan tersebut. Kulit Anda mungkin akan menjadi lebih rapuh, kerutan yang lebih terlihat dan tegas, lalu disertai dengan munculnya bintik-bintik penuaan. Namun bukan berarti Anda tidak lagi perlu merawat kulit, Anda harus tetap merawat kulit Anda agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian perubahan kulit dari waktu ke waktu yang secara alami akan dialami oleh setiap orang. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top