Tips & Trik Parent

Permainan Ayah dan Anak yang Bisa Dimainkan Saat Luang

Menjaga hubungan ayah dan anak baik itu anak perempuan ataupun anak laki-laki tentu sangat penting untuk dilakukan. Ditengah-tengah kesibukan ayah yang begitu padat, ayah tetap harus memiliki waktu sebaik mungkin untuk menemani anak hanya sekedar bergurau ataupun bermain. Apalagi pada saat ayah sedang memiliki waktu libur atau cuti, tentu akan sangat bagus untuk terus menemani anak hanya sekedar bermain atau menghabiskan waktu hanya berdua saja.

Sponsored: produk pemutih wajah

Permainan Ayah dan Anak yang Bisa Dimainkan Saat Luang

Tak perlu bingung untuk mencari permainaan seperti apa yang ingin dimainkan untuk menghabiskan waktu terbaik bersama anak-anak. Bahkan anda tak perlu menggunakan gadget ataupun video game yang justru akan membuat anak menjadi senang terhadap game tersebut bukan karena ditemani oleh sang ayah, Permainan ayah dan anak yang tradisional dan sederhana malah justru akan menjadi permainan-permainan yang tak terlupakan dan membuat anak tetap senang.

  1. Petak Umpet

Tak perlu keluar rumah, seluruh ruangan pun bisa menjadi tempat bermain yang sangat mengasyikan dengan anak. Petak umpet bisa menjadi salah satu permainan yang sangat seru untuk anak karena mereka akan merasa penasaran, takut untuk ditemukan asyiknya mencari dan berbagai hal lainnya. Namun yang perlu ayah ingat ketika ingin mengajak anak untuk bermain permainan yang satu ini adalah pastikan jika anak sedang tidak mengantuk, kurang sehat ataupun lapar. Perhatikan juga keamanan ruangan jika rumah memiliki dua lantai dan juga pastikan anak tidak berlari-larian yang bisa membuat anak jatuh dan cidera.

  1. Permainan Harta Karun

Anak yang masih memiliki rasa penasaran yang tinggi bisa menjadi salah satu cara untuk membuat permainan yang baru. Mainkan saja menemukan harta karun yang bisa anda buat sendiri dengan menggunakan benda-benda tertentu kemudian anda sembunyikan diseluruh bagian rumah. Akan sangat menyenangkan juga jika anda membuat peta yang sederhana untuk menjadi petunjuk dari mereka. Pasti anak akan sangat senang dan benar-benar merasakan permainan yang berbeda untuk mereka rasakan.

  1. Memasak

Tak ada salahnya untuk mengajak anak sibuk untuk didapur. Meskipun seorang ayah, anda juga tetap bisa menghabiskan waktu berdua dengan anak hanya didapur seharian penuh. Jika ibu sedang keluar dan anda harus membuatkan makan siang untuk anak, hal ini juga bisa menjadi satu cara untuk membuat anak menjadi tertarik untuk masuk dan memasak didapur. Masak saja masakan yang sederhana namun sangat menarik untuk anak-anak, dengan begitu mereka akan dengan suka rela menghabiskan waktu berlama-lamaan hanya didapur bersama ayah.

  1. Menggambar Bersama

Jika anak sangat suka untuk berkreasi dan lagi senang-senangnya untuk menggambar, ayah juga bisa menjadi juru gambar sehari untuk anak. Meskipun anda menyadari jika anda tidak terlalu ahli untuk menggambar namun tetap saja turuti setiap apa saja yang anak inginkan untuk menggambar. Meskipun tidak bagus, namun anak akan tetap merasa senang dengan berbagai gambaran yang diberikan oleh ayahnya. Bahkan ayah juga bisa mengajari anak untuk belajar menggambar secara pelan-pelan untuk lebih mendapatkan perhatian dari anak dan anak pun tak hanya bermain tetapi juga belajar.

  1. Membaca Buku

Jika anak sangat suka dengan cerita atau mendengarkan cerita, saat liburan anda bisa menyiapkan berbagai jenis buku untuk kemudian anda eksplore bersama dengan anak. Usahakan jika buku-buku tersebut memiliki gambar-gambar yang cantik dan unik dimana anak akan semakin tertarik dan terus penasaran dengan cerita yang akan dilontarkan oleh ayah. Jika memang memungkinkan anda juga harus membaca berbagai cerita tersebut bagaikan ahli dongeng dengan mimic muka yang sangat menarik untuk anak. Dengan begitu mereka tak akan merasa bosan dan malah justru menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi anak.

  1. Bersepeda

Anak yang sudah mulai bisa untuk bermain sepeda tak ada salahnya untuk anda ajak bersepeda keliling taman. Aktivitas yang sudah biasa mereka lakukan tentu akan berbeda jika dilakukan dengan ayah. Bersepeda berdua akan sangat seru dan membuat ia benar-benar bisa mendapatkan suasana yang menyenangkan hanya dengan ayahnya. Pasti cara ini akan menjadi cara bermain yang paling disukai oleh anak.

  1. Mendaur Ulang

Membuat mainan baru bersama sang anak tentu akan sangat mengasyikan bagi anak-anak. Anda bisa mengambil dan mendaur ulang berbagai barang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan menjadi aneka jenis mainan yang baru. Proses pembuatan yang menyenangkan tentu akan membuat anak tidak hanya mendapatkan permainan yang asyik dan berbeda tetapi anak juga bisa belajar dan mencoba hal-hal yang baru. Mengumpulkan dan menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai menjadi makanan dan kemudian memainkan pasti akan memiliki rasa yang berbeda untuk bisa mendapatkan suasana liburan yang menyenangkan dan penuh dengan pembelajaran hal yang baru.

Permainan yang sederhana namun bisa sangat membantu untuk terus memberikan rasa saling mendekatkan diri antara anak dan ayah. Permainan tradisional yang seru ini tentu akan sangat menyenangkan untuk anak. Permainan yang sederhana namun seru ini juga akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk anak jika dibandingkan hanya terus bermain game dengan menggunakan tablet, laptop ataupun dengan video game lainnya. Menghabiskan waktu dalam jangka waktu yang lama juga akan membuat anak dan ayah menjadi semakin dekat.

 

Baca juga: Cara Sederhana Mengatasi Anak yang Susah Mandi

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top