Entertaiment

Perhatikan hal-hal ini sebelum rumah ditinggal mudik

Momen lebaran adalah momen yang sangat membahagiakan. Selain kita semua telah berhasil melewati perjuangan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, momen lebaran adalah momen dimana kita bisa saling berkumpul dan berjumpa dengan sanak saudara yang selama setahun terpisah jarak dan waktu. Untuk itu tradisi mudik ketika moment lebaran bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat indonesia. ketika lebaran tiba, akan banyak sekali orang yang dalam kesehariannya tinggal dan bekerja di suatu kota akan kembali ke kota asal ia di lahirkan untuk bertemu dengan keluarga besarnya. Tradisi ini telah berlangsung bertahun-tahun lamanya, dan sudah menjadi rutinitas yang setiap tahunnya terjadi. Artikel ini akan membahas tentang apa saja yang perlu dilakukan sebelum rumah ditinggal mudik ke kampung halaman.

sebelum rumah ditinggal mudik

Sponsor kezia skin expert

Ketersediaan lapangan pekerjaan di indonesia yang tidak merata di setiap daerahnya membuat banyak orang yang bepergian mengadu nasib ke kota-kota besar. Dan ketika lebaran tiba mereka akan berbondong-bondong kembali ke kampung halamannya untuk waktu beberapa hari. Bahkan kota besar seperti jakarta akan terasa seperti kota hantu saking sepinya ketika lebaran tiba karena sebagian besar warganya mudik ke kampung halaman. Kondisi yang sepi serta rumah yang tidak ada penghuni menjadi salah satu kesempatan emas bagi para pelaku kejahata untuk melancarkan aksinya.

Tentu saja siapapun tidak akan menginginkan kondisi ketika kembali ke rumah usai mudik ke kampung halaman, beberapa barang berharganya di rumah telah raib di ambil oleh para penjahat. Atau rumah karena kejadian lain seperti kebakaran dan sebagainya akibat kelalaian kita ketika meninggalkan rumah untuk beberapa hari di kampung halaman. Untuk itu kita musti memperhatikan beberapa hal sebelum meninggalkan rumah agar kejadian yang tidak di harapkan tidak terjadi pada rumah kita.

Apa sajakah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman?

Pastikan perhiasan, uang, dan surat berharga tersimpan dalam brankas yang kuat

Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman, maka kumpukanlah uang, perhiasan dan surat-surat berharga yang ada di dalam rumah, untuk di simpan dalam satu tempat tersembunyi dan kuat. Pilihan untuk membeli brankas rasanya sangat tepat untuk menyimpan berbagai benda berharga ini. Hal ini karena prioritas utama pencuri adala uang cash atau perhiasan. Karena kedua hal tersebut tidak membutuhkan tempat besar dan mencolok untuk membbawanya. Berbeda dengan kulkas, TV, atau AC yang sangat mencolok ketika membawanya pergi dari rumah anda.

Cabut semua peralatan listrik dari stopkontak, cukup sisakan lampu teras yang tetap menyala

Kebanyakan kejadian kebakaran diakibatkan oleh konsletting arus listrik dikarenakan peralatan elektronik yang lupa untuk di cabut dari sumber listrik. Sebenarnya hubungan arus pendek hingga menyebabkan kebakaran itu tidak terjadi secepat kilat, hanya saja percikan bunga api yang kecil dari hubungan arus pendek listrik tidak di sadari dalam waktu yang cepat oleh pemilik rumah, sehingga memberikan waktu yang cukup bagi percikan bunga api perlahan-lahan menjadi api yang besar. Oleh karena itu ketika anda meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman maka sebaiknya anda mencabut seluruh peralatan listrik dari sumber listriknya. Bahkan akan jauh lebih baik bila anda mematikan beberapa sekring listrik yang tidak dibutuhkan (apabila anda menggunakan sistem pembagian arus listrik pada sekring).

Pastikan semua pintu, jendela dan pagar terkunci rapat

Sebelum anda meninggalkan rumah untuk mudik maka anda harus memastikan terlebih dahulu seluruh jalan masuk ke dalam rumah anda telah terkunci dengan baik dan kuat, mulai dari pagar utama, pintu depan maupun pintu belakang, hingga jendela. Terkadang jendela ini yang sering luput dari perhatian kita, asalkan tertutup maka tidak kita cek lagi apakah sudah terkunci atau tidak. Bila ternyata tidak maka sama halnya anda memberikan jalan masuk bagi para pecuri untuk meneksplorasi rumah anda.

Untuk itu anda harus memastikan semua pintu, jendela dan pagar terkunci dengan benar. Bahkan bila perlu anda bisa menggunakan kunci tambahan. Selain itu untuk pemakaian gembok pilihlah gembok dengan kunci berbentu kotak batang. Karena gembok jenis ini jauh lebih aman dari pada gembok biasa.

Berpamitanlah pada tetangga terdekat dan satpam perumahan

Sebelum anda pergi, anda haruslah berpamitan dengan tetangga terdekat dan juga satpam perumahan anda. menjalin hubungan baik dengan tetangga bukan hanya kewajiban namun juga merupakan kebutuhan yang pastinya akan menguntungkan anda kedepannya. Salah satunya ketika anda meninggalkan rumah untuk mudik, ketika anda memiliki tetangga yang berhubungan baik dengan anda, maka anda bisa menitipkan rumah anda padanya. Sehingga mereka juga akan menjaga rumah anda, ketika ada orang asing tidak dikenal di dekat rumah anda mereka akan waspada dan menghalaunya. Begitu pula dengan satpam yang menjaga komplek perumahan anda. sehingga ia bisa fokus mejaga rumah-rumah mana saja yang ditinggal mudik oleh pemiliknya. Sebagai gantinya, ketika anda telah kembali dari kampung halaman bawakanlah beberapa oleh-oleh dari kampung untuk mereka. Mereka akan senang sekali dengan keramahan anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top