Manfaat Buah

Perbedaan Blueberry, Raspberry, Dan Blackberry

Buah impor menjadi satu yang paling favorit karena dinilai lebih unggul dan memberi tampilan fisik buah yang menggiurkan. Bagi Anda yang sangat menyukai buah-buahan impor seperti buah berry, ada baiknya mengetahui macam-macam jenis dari buah-buahan berry ini. Buah yang terkenal dengan bentuknya yang kecil serta rasanya yang manis menyegarkan ini terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya Blueberry, Raspberry, dan juga Blackberry. Ketiga jenis beri ini masing-masing mempunyai manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Seperti apakah manfaat, kandungan serta perbedaan blueberry raspberry dan blackberry ini?

Sponsor: cream pemutih wajah

Perbedaan Blueberry, Raspberry, Dan Blackberry

  • Blueberry

Jenis buah berry yang pertama adalah Blueberry yang merupakan buah dari tanaman khas Amerika Utara. Sesuai dengan namanya buah ini berwarna biru tua serta agak ungu dengan bentuk bulat-bulat kecil yang hampir mirip dengan buah anggur. Buah ini juga mempunyai rasa manis dengan sedikit agak asam seperti buah anggur ataupun apel. Buah Blueberry mempunyai beberapa kandungan nutrisi di dalamnya diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin B-6, Vitamin C, kalsium, serat, mineral, zat besi, dan juga magnesium.

Buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta membuat tulang lebih padat dan kuat. Selain menyehatkan tulang kandungan serat yang terdapat dalam buah ini juga berguna untuk menyehatkan pencernaan. Kemudian, blueberry menjadi salah satu antioksidan kuat yakni jenis Anthocyanidins, polifenolik dimana antioksidan ini mampu memberi warna ungu, hitam, dan merah. Menurut penelitian dari sekelompok ilmuwan NIH pada tahun 1999, blueberry berperan efektif dalam mengurangi efek penuaan pada sistem jaringan syaraf. Oleh sebab itu mengapa buah ini sangat bermanfaat sebagai suplemen yang menyehatkan otak, membantu mengembalikan daya ingat yang pendek, dan mengatasi kondisi memori lain terkait usia dan penuaan. Antioksidan inilah yang berperan dalam membantu kemampuan motorik, pencegah penyakit Alzheimer serta penyusutan otak. Buah ini juga paling banyak dijadikan suplemen untuk mengatasi gangguan mata sekaligus menyehatkannya.

Perbedaan Blueberry, Raspberry, Dan Blackberry

  • Raspberry

Buah berry yang selanjutnya adalah raspberry. Buah ini mempunyai ciri-ciri bentuknya bulat kecil dan tidak rata, mempunyai warna yang kemerah-merahan serta mempunyai rongga yang agak besar di tengah buah ini. Buah rasperry juga mempunyai rasa yang manis dan sedikit agak asam akan tetapi rasa asamnya tidak sekuat buah blueberry dan lebih dominan rasanya yang manis. Buah ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, diantarnya adalah kandungan Vitamin C, zat besi, serat, dan magnesium. Vitamin C yang terkandung dalam buah raspberry lebih tinggi yaitu 43% dari yang terkandung dalam buah blueberry yang hanya 16%. Untuk itu agar kebutuhan vitamin C untuk tubuh dapat selalu terpenuhi maka ada baiknya Anda lebih memilih buah raspberry dibandingkan buah blueberry.

Manfaat penting raspberry salah satunya adalah menyehatkan mata. Studi yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry 2006, buah raspberry memiliki anthocyanin yang berfungsi untuk mempertajam penglihatan saat malam hari. Rasberry juga mampu meningkatkan sirkulasi kapiler pada retina, sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya retinopati pada pasien diabetes. Raspberry dikenal sebagai menu diet yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat namun rendah gula. Mengkonsumsi buah ini mampu memberi rasa kenyang lebih lama, bebas lemak dan rendah kalori 64. Manfaat lainnya hampir sama dengan blueberry yakni menyehatkan tulang dan memperbaiki masalah pencernaan. Jadi dengan mengkonsumsi buah raspberry secara rutin maka akan mendapatkan manfaat yang sama dengan buah blueberry. Bedanya, kandungan zat besinya jauh lebih tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan darah.

Perbedaan Blueberry, Raspberry, Dan Blackberry

  • Blackberry

Jenis buah berry yang terakhir adalah blackberry. Sesuai dengan namanya buah blackberry mempunyai warna yang hitam serta rasanya yang sedikit agak pahit. Buah ini pun memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Nutrisi yang tersimpan yakni Vitamin C, Vitamin A, Zat Besi, Magnesium, serat, serta Kalsium. Buah ini juga menawarkan 43 kalori saja sehingga rendah kalori. Dari beberapa literatur mengungkap bahwa senyawa atau ekstrak buah blackberry sangat kaya flavonoid, anthrocyanin, dan senyawa fenol. Buah ini pun memiliki kemampuan super yakni menyerap radikal oksigen atau ORAC yang berguna untuk melawan masuknya radikal jahat seperti perosokil, radikal hidroksil, hidrogen peroksida, superoksida, dan singlet oksigen.

Sejumlah manfaat blackberry pun disajikan, diantaranya mampu mengatasi menurunnya daya tahan tubuh karena vitamin C nya termasuk yang paling banyak dibanding blueberry. Fungsi vitamin C inilah sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, mencegah risiko anemia, dan membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan, menyehatkan fungsi otak, melindungi mata dan meningkatkan pertumbuhan sel baru bagi wanita hamil. Dengan rutin mengkonsumsi buah blackberry ini juga dipercaya sangat ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker terutama kanker kulit dan paru-paru. Buah yang berasa agak pahit ini juga mengandung kalori yang cukup rendah sehingga sangat aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Buah Berry Mana yang Terbaik?

Seperti kita ketahui diatas ketiga jenis berry memang memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Blueberry memiliki bentuk bundar kecil seperti ceri dan jika matang warnanya akan berubah menjadi biru tua keunguan. Sementara bentuk buah raspberry dan blackberry hampir sama yakni berbentuk agak bulat kecil dengan tekstur bergelombang mirip sekumpulan buah anggur dalam bentuk mini dengan rongga ditengah yang cukup besar. Perbedaannya terletak pada warna yakni raspberry berwarna kemerahan sedangkan blackberry berwarna hitam. Kemudian dari segi rasa blueberry terlihat lebih asam manis, mirip anggur hijau dan merah, hanya sedikit lebih manis. Kemudian raspberry tekstur rasanya sedikit mirip manis dan asam, namun tak semanis atau seasam blueberry. Sementara blackberry rasanya cenderung lebih pahit dan tajam dibanding dua jenis berry lainnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top