Kulit ku

Perawatan Kulit Dengan Jahe

Perawatan Kulit Dengan Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rimpang yang sering digunakan sebagai bahan bumbu masakan dan obat-obatan herbal. Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat keluarga (Toga) yang sering ditanam di dekat rumah. Jahe bisa dikonsumsi untuk menghangatkan badan, dan seringkali dihidangkan dalam bentuk wedang jahe, susu jahe, hingga kopi jahe. Jenis jahe yang umum beredar di masyarakat yaitu jahe merah dan jahe putih. Jahe merah memiliki warna rimpang merah dan bentuknya lebih kecil dari pada jahe putih. Selain dikonsumsi, jahe ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kulit. Perawatan kulit dengan jahe secara tradisional ini diperuntukkan bagi masalah-masalah kulit tertentu.

sponsor: cream perawatan wajah.

  1. Mencegah timbulnya jerawat

Untuk mencegah timbulnya jerawat menggunakan jahe dapat dilakukan dengan membuat air jahe sebagai bahan pencuci wajah. Jahe dipercaya dapat menghilangkan bakteri dan kuman pada kulit area wajah. Perlu dipahami bahwa penyebab utama timbulnya jerawat adalah kulit yang tidak bersih. Cara pembuatan air jahe yaitu dengan menggunakan potongan jahe yang telah dimemarkan secukupnya dicampur ke dalam setengah liter air. Tidak ada takaran pasti menggunakan berapa banyaknya jahe. Campuran ini kemudian dididihkan sehingga sari jahe keluar.

  1. Menghaluskan kulit

Cara menghaluskan kulit yang paling awam adalah dengan menggunakan lulur pada kulit tubuh. Jahe ternyata bisa digunakan sebagai bahan penghalus kulit yang dicampurkan pada lulur. Jahe yang digunakan secukupnya dan tidak ada takaran pasti, selanjutnya diparut halus. Campurkan parutan jahe tersebut pada lulur yang dimiliki dan gunakan ke seluruh bagian tubuh untuk scrubbing.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan nparutan jahe dengan setengah cangkir gula dan satu sendok minyak zaitu. Setelah dicampur merata, dapat digunakan untuk lulur yang beranfaat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit bisa lebih halus dan cerah.

  1. Menghilangkan selulit

Cara yang ampuh menghilangkan selulit pada bagian kulit tertentu adalah dengan mengkonsumsi air rebusan jahe secara teratur setiap hari. Penyebab timbulnya selulit adalah banyaknya jumlah lemak dalam tubuh. Dengan minum rebusan jahe, lemak bisa larut dan berkurang, sehingga selulit pun hilang.

  1. Mengatasi kulit berminyak

Cara mengatasi kulit berminya terutama pada area wajah bisa dilakukan dengan menggunakan jahe. Jumlah bahan yang digunakan tidak ada takaran pasti, yakni terdiri dari parutan jahe, garam, bubuk kayu manis, dan bubuk pala yang dicampurkan dengan air secukupnya sehingga terbentuk campuran berupa pasta. Selanjutnya, pasta jahe dioleskan pada bagian kulit berminyak secara merata dan didiamkan kurang lebih 10 menit. Tahap akhir, wajah dibilas dan dibersihkan dengan air dingin.

  1. Mengatasi vitiligo

Vitiligo merupakan suatu kondisi pada kulit yang kehilangan melanin, sebagai penentu warna pada kulit, rambut dan mata. Pigmen kulit yang terus berkurang dapat dibantu untuk diatasi dengan menggunakan ramuan berbahan dasar jahe. Gunakan jahe merah kira-kira 30 gram. Setelah dicuci, jahe dihancurkan dengan diblender. Ramuan ini kemuadian dibalurkan pada kulit yang mengalami vitiligo.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top