Tubuh ku

Perawatan Kecantikan Wanita Melalui Bikini Waxing

Bikini waxing kerap dilakukan oleh sebagian wanita dengan alasan latar belakang budaya, keindahan, kesehatan personal, atau hanya mengikuti metode dan tren terkini. Bahkan para wanita yang tidak memiliki keinginan untuk memakai bikini, ternyata juga suka terhadap perawatan bikini waxing. Berikut adalah penjelasan singkat perawatan kecantikan wanita melalui bikini waxing.

Perawatan Kecantikan Wanita Melalui Bikini Waxing

sponsor: dr rochelle skin expert.

Tren Perawatan Kecantikan Wanita Melalui Bikini Waxing

Bikini waxing yaitu sebuah perawatan dengan cara mencabut bulu atau rambut kemaluan menggunakan lilin. Perawatan ini disebut bikini waxing karena secara umum rambut kemaluan tersebut dicabut atau dibersihkan agar tidak terlihat ketika seseorang tersebut mengenakan bikini. Tren yang berkembang saat ini menganggap bahwa, rambut kemaluan yang terlihat adalah sesuatu yang memalukan, apalagi ketika mengenakan bikini waxing.

Prosedur dan Risiko Bikini Waxing

Biasanya, bikini waxing dapat Anda lakukan di salon kecantikan, spesialis kecantikan, atau pun klinik spa dengan ahli kecantikan yang sudahterlatih. Terdapat juga berbagai jenis pilihan bikini waxing, semuanya berdasarkan luas area yang akan ditangani. Perbedaan perawatan bikini waxing ini, juga akan mempengaruhi biaya perawatam dan juga rasa sakit yang ditimubulkannya. Berikut jenis-jenis waxing yang ada:

  • Wax Brazilian total

Waxing jenis ini akan menghilangkan semua rambut yang ada di sekitar organ kelamin dan selangkangan.

  • Bikini wax Brazilian parsial

Waxing jenis ini akan membersihkan semua rambut yang ada di sekitar organ kelamin, bokong, dan selangkangan. Hanya menyisakan garis tipis yang ada di sekitar atas pusar.

  • Bikini waxing yang diperluas

Bulu atau rambut akan dihilangkan hingga 5 cm pada batas bikini.

  • Bikini wax tradisional

Waxing ini hanya akan menghilangkan bulu atau rambut yang berada di luar area yang tertutup bikini.

Waxing yang biasanya menggunakan lilin dalam prosesnya, namun waxing pada rambut kemaluan juga dapat dilakukan dengan mecukur atau menggunakan krim perontok. Jika Anda tidak mau dicabut, ada juga cara yang hanya memotong bulu kemaluan tersebut. Keuntungan yang Anda dapatkan ketika melakukan bikini waxing secara rutin, aalah rambut kemaluan semakin lama akan tumbuh lebih lambat sehingga mudah dicabut. Bagi Anda yang belum pernah menjalani bikini waxing sebelumnya, berikut prosedur yang biasa dilakukan dalam proses bikini waxing:

  • Seorang wanita yang akan menjalani prosedur bikini waxing, harus membuka semua pakaian bagian bawah dan Anda akan mengenakan pakaian celana dalam untuk sementara.
  • Jika rambut kemaluan panjang, maka rambut tersebut akan dirapikan terlebih dahulu dengan gunting.
  • Akan dioleskan lilin hangat pada rambut bulu kemaluan Anda dengan menggunakan spatula.
  • Kemudian, lilin akan ditutup dengan plester.
  • Jika lilin sudah cukup mengeras, plester akan ditarik dengan sangat cepat sehingga rambut kemaluan akan tercabut hingga akarnya.

Karena area kemaluan adalah area yang sangat sensitif, jadi Anda akan merasakan sakit ketika menjalani bikini waxing. Biasanya, rasa sakit akan berkurang setelah 5 hari. Anda juga dapat menggunakan produk-produk tertentu yang dapat mengurangi rasa sakit, seperti anestesi oles. Sehingg orang yang baru pertama kali menjalani bikini waxing, sebaiknya mengonsumsi obat antinyeri seperti iboprofen, setidaknya 1 jam sebelum waxing. Selain rasa sakit, seseorang yang akan menjalani bikini waxing harus menyadari risiko yang mungki terjadi, beberapa risiko tersebut di antaranya adalah:

  • Folikulitis

Folikulitis adalah infeksi yang terjadi di folikel rambut. Hal ini adalah salah satu risiko yang mungkin terjadi ketika seseorang menjalani bikini waxing. Menurut sebagian kasus, infeksi mungkin saja berkembang dan menjadi lebih serius menjadi abses atau nanah yang kemudian harus mendapatkan penanganan lebih lanjut berupa pemberian antibiotik dan pengeluaran nanah.

  • Staphylococcus aureus

Kemungkinan akan memicu timbulnya bakteri staphylococcus aureus, yaitu bakteri yang mengakibatkan folkulitis.

  • Perdarahan

Risiko perdarahan juga mungkin terjadi walaupun tidak akan parah.

  • Rambut yang tumbuh ke dalam

Kemungkinan kecil, justru akan ada rambut yang tumbuh ke dalam.

  • Alergi

Seseorang yang menjalani bikini waxing, juga mungkin saja akan mengalami alergi terhadap lilin yang digunakan. Biasanya, kulit akan menjadi lebih sensitif setelah melakukan proses waxing. Dalam hal ini, Anda akan disarankan untuk menggunakan pelembap pada kulit yang berfungsi untuk mendinginkan bagian kulit yang sensitif setelah melakukan bikini waxing. Jika kulit tetap terasa gatal, kering, dan merah setelah 24 jam, Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penangnan yang tepat.

Tips Perawatan Kecantikan Wanita Melalui Bikini Waxing

Untung mengurangi rasa sakit, dan agar bikini waxing dapat berhasil dengan sempurna, Anda dapat menerapkan tip-tips berikut ini:

  • Anggapan yang salah

Kebanyakan orang beranggapan bahwa, meminum alkohol sebelum melakukan bikini waxing dapat menghilangkan rasa sakit. Hal ini adalah kesalahan besar, karena meminum alkohol justru dapat mengencangkan pori-pori Anda sehingga rasa sakit akan semakin parah.

  • Mengurangi rasa sakit

Anda dapat mengurangi rasa sakit saat melakukan bikini waxing dengan melembapkan kulit terutama di area kemaluan. Caranya adalah, sebelum melakukan bikini waxing Anda dapat mencukupi kebutuhan air dan mengoleskan pelembap. Selain mengurangi rasa sakit, hal tersebut juga akan membantu kesehatan tubuh Anda.

  • Panjang bulu yang ideal

Agar mendapatkan hasil terbaik saat melakukan bikini waxing, pastikan bulu rambut di daerah kemaluan Anda telah sepanjang seperdelan atau seperempat inci. Hal ini akan mempermudah pencabutan bulu hingga ke akarnya saat bikini waxing.

  • Waktu yang tepat

Jangan melakukan bikini waxing sekitar 2 hingga 3 hari sebelum atau sesudah menstruasi, begitu juga saat Anda sedang menstruasi. Dalam kondisi tersebut, kulit Anda akan lebih sensitif dari biasanya sehingga risiko infeksi akan lebih tinggi, ditambah lagi dengan rasa sakit yang lebih dari biasanya.

  • Jenis bikini waxing yang tepat

Saat ini telah tersedia berbagai jenis bikini waxing yang ditawarkan dengan berbagai metode dan cara. Sebaiknya Anda menanyakan kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis bikini waxing tersebut dan tentukan mana yang paling tepat untuk Anda.

Demikian sedikit informasi mengenai perawatan kecantikan wanita melalui bikini waxing. Jika terjadi sesuatu seperti kemerahan, pembengkakan, perih saat disentuh, atau bahkan muncul nanah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Meski tergolong hal yang cukup rumit, banyak orang yang melakukan bikini waxing sendiri di rumah. Jika Anda melakukan hal tersebut, yang perlu diingat adalah Anda harus menggunakan alat-alat yang steril dan produk yang aman.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top