Info Kedokteran

Penyebab Vertigo Saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Penyebab Vertigo Saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Vertigo adalah sakit kepala yang dirasakan sangat parah bahkan sampai merasa semua yang berada di sekelilingnya berputar-putar. Penyakit ini rentan menyerang siapa saja yang kondisi kesehatan tubuhnya sedang kurang fit ditambah lagi pada bulan puasa yang tidak makan dan minum pada siang hari serta pengaruh cuaca yang ekstrim. Ketika vertigo sudah menyerang maka yang terjadi adalah serangan sakit kepala yang sangat hebat. Agar ketika sedang berpuasa Anda terhindar dari resiko terserang vertigo ada baiknya Anda mengetahui penyebab serta cara pencegahannya. Inilah penyebab vertigo saat puasa dan cara mencegahnya.

Sponsor: cream perawatan wajah

Penyebab Vertigo Saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Penyebab terjadinya vertigo selama puasa:

Migrain. Penyebab paling umum vertigo adalah migrain atau sakit kepala sebelah. Jangan pernah menganggap sepele migarin ini, jika migrain sudah terlampau parah dan tidak segera mendapatkan perawatan maka ada kamungkinan dapat terjadi vertigo. Apabila Anda terserang migrain ada baiknya segera beristirahat atau tidur agar migrain segera disembuhkan. Hal ini karena tubuh dalam kondisi puasa dan tidak memungkinkan untuk minum obat.

Sirkulasi Darah Yang Buruk. Selain karena migrain vertigo juga sewaktu-waktu dapat menyerang bagi Anda yang mempunyai sirkulasi darah yang buruk dan tidak lancar. Penyumbatan yang terjadi pada aliran darah dapat menganggu siklus kerja jantung saat memompa darah sehingga aliran darah menjadi terganggu dan darah yang diedarkan menjadi odak lancar sampai otak dan telinga bagian dalam.

Tekanan Darah Rendah. Bagi Anda yang mempunyai tekanan darah rendah lebih baik tidak terlalu memaksakan diri untuk beraktivitas. Dampak terburuk yang dapat terjadi adalah munculnya vertigo karena faktor kelelahan. Masalah ini bisa terjadi karena peredaran darah menuju anggota tubuh bagian atas yaitu otak dan telinga bagian dalam terhambat sehingga dapat memunculkan sakit kepala hebat yang berujung pada vertigo.

Gula Darah Rendah. Selain tekanan darah yang rendah, kadar gula darah yang cukup rendah juga dapat memicu Anda terserang vertigo. Selama puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan lebih dari 12 jam sehari sehingga sangat memungkinkan membuat teknan gula darah menurun dan mengakibatkan tubuh menjadi lemas, pusing, bahkan sampai pingsan.

Dehidrasi. Penyebab vertigo bisa dipicu karena tubuh sedang mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada saat puasa adalah hal yang wajar, tubuh selama hampir sehari tidak mendapatkan asupan minuman. Kondisi yang demikian ini jika kondisi tubuh kurang fit ditambah lagi cuaca yang sangat panas dapat memicu munculnya vertigo.

Penyebab Vertigo Saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Untuk mencegah vertigo mengganggu pada saat puasa

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah vertigo selama puasa yaitu dengan melakukan olahraga yang cukup seperti melakukan gerakan olahraga ringan. Cara lainnya yakni tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi, bangun dari tempat duduk atau tidur dengan perlahan-lahan, hindari aktivitas yang banyak membungkukkan badan, hindari mengangkat leher terlalu tinggi saat beraktivitas, menggerakkan kepala secara perlahan. Jangan lupa untuk membiasakan otak dengan berbagai jenis olahraga berat yang dapat memicu vertigo agar otak menjadi terbiasa menghadapi kondisi yang demikian.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top