Olahraga

Penyebab Serangan Jantung Saat Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas paling baik yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Dengan melakukan olahraga yang teratur, tentu saja tubuh akan menjadi lebih segar dan bugar. Olahraga yang kita lakukan akan secara efektif mengeluarkan racun yang terkadung dalam tubuh melalui mekanisme keringat. Nah, sebagaimana kita tahu, banyak sekali menu olahraga yang dapat kita pilih baik itu olahraga ringan maupun berat. Namun, kita perlu hati-hati karena ada beberapa orang yang mengalami serangan jantung saat melakukan olahraga. Serangan jantung tentu bukanlah hal yang sepele karena dapat berujung pada kematian. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk mengetahui beberapa hal terkait penyebab serangan jantung saat olahraga yang tentu saja dapat membuat kita mawas diri dan lebih hati-hati dalam berolahraga. Simak beberapa paparan singkat di bawah ini.

Penyebab Serangan Jantung Saat Olahraga.2

Sponsor : pemutih wajah

  1. Adanya bibit penyakit jantung

Berbicara tentang alasan terjadinya serangan jantung terutama saat seseorang sedang berolahraga adalah ia sudah memiliki bibit penyakit jantung sebelumnya. Ya, bibit penyakit jantung memang merupakan alasan utama dalam kasus ini. Perlu diketahi bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit turunan selain penyakit gula. Nah, cobalah lihat alur keluarga Anda. Apakah Anda memiliki orang tua atau saudara tua lain yang memiliki penyakit jantung? Jika ya, walaupun kecil kemungkinannya, Anda dapat juga terserang penyakit jantung ini, terlebih saat melakukan olahraga karena jantung bekerja lebih keras pada waktu itu. Oleh karenanya, Anda yang memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung harus lebih waspada.

  1. Sesak nafas saat olahraga

Fungsi utama jantung adalah membagi asupan oksigen menuju ke seluruh tubuh. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan digunakan untuk melakukan pembakaran dan metabolisme tubuh yang tentu berperan besar dalam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, fungsi jantung tentu saja akan sangat dekat dengan fungsi pernafasan pada tubuh manusia. Nah, salah satu alasan terjadinya serangan jantung sewaktu Anda melakukan olahraga adalah sesak nafas yang terjadi. Pada saat berolahraga, jantung akan memompa udara dengan lebih cepat karena kebutuhan oksigen di dalam tubuh akan sangat meningkat. Dalam hal ini, tentu saja Anda perlu menghirup oksigen lebih banyak. Nah, gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan yang membuat oksigen tidak terhirup dengan sempurna sesuai kebutuhan tubuh dapat menyebabkan jantung kekurangan oksigen dan terjadilah serangan jantung.

  1. Olahraga yang terlalu berat

Alasan lain yang menyebabkan terjadinya serangan jantung terutama pada saat berolahraga adalah Anda melakukan olahraga yang terlalu berat. Seperti sudah disinggung di awal tadi bahwa banyak sekali jenis olahraga yang dapat Anda lakukan baik itu olahraga yang ringan atau yang berat. Nah, dalam posisi ini Anda tentu harus bijak pada saat ingin memilih jenis olahraga yang akan Anda lakukan. Sebelum memilih akan melakukan olahraga apa, maka ketahui dulu kondisi tubuh Anda. Seseorang yang sudah didiagnosis memiliki kelainan jantung atau bibit penyakit jantung tentu tidak boleh melakukan olahraga yang begitu berat karena akan memicu serangan jantung yang mendadak. Selain itu, olahraga bukanlah sesuatu yang dipaksakan. Konseplah olahraga Anda sebagai sesuatu hal yang menyenangkan.

  1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya serangan jantung pada saat berolahraga. Ini merupakan salah satu penyebab awal serangan jantung yang perlu Anda waspadai. Selain itu, hipertensi atau tekanan darah tinggi ini juga menjadi penyebab utama penyakit jantung kororner. Hubungannya dengan olahraga adalah olahraga yang terlalu berat akan menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil dan cenderung meningkat. Tubuh akan menjadi lebih panas dan hipertensi ini akan menjadi pemicu rusaknya dinding pada pembuluh darah arteri. Jika hal ini terjadi, serangan jantung akan segera terjadi dan penderita akan menjadi lemas karena kehilangan tenaga. Kejadian ini sering terjadi pada mereka yang selalu memaksakan diri untuk berolahraga dengan menu yang berat.

  1. Kurang gizi sebelum olahraga

Sebagaimana organ tubuh yang lain, jantung tentu juga membutuhkan nutrisi untuk perawatan kesehatannya. Sayangnya, hal yang sangat penting ini seringkali disepelekan oleh masyarakat secara umum. Kesalahan yang cukup sering terjadi adalah kurangnya asupan gizi untuk jantung sebelum melakukan berolahraga. Tidak jarang seseorang belum menyantap hidangan sarapan tetapi ia langsung melakukan olahraga pada pagi hari. Padahal, olahraga memerlukan tenaga yang lebih banyak. Kurangnya nutrisi yang ada dalam tubuh saat berolahraga akan menyebabkan banyak gangguan, salah satunya serangan jantung. Ketika tubuh dalam kondisi berkeringat dan membutuhkan nutrisi sementara Anda tidak memperhatikan asupan gizi, maka apa yang bisa dicerna oleh tubuh untuk menyehatkan jantung?

Dari beberapa penyebab munculnya serangan jantung pada saat Anda berolahraga sebagaimana dijelaskan di atas, tentu kita harus menjadi lebih waspada akan adanya kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi. Nah, sebagai langkah pencegahan, tentu Anda juga harus melakukan beberapa hal penting, seperti mengubah gaya hidup, memilih pola konsumsi yang menyehatkan, dan lain sebagainya. Jika kondisi badan terlalu drop, maka mengecek kesehatan pada dokter adalah hal penting karena penyakit jantung bukan penyakit yang ringan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top