Kulit ku

Penyebab Munculnya Jerawat Punggung

Kulit punggung juga ada masalah berupa jerawat yang seringkali muncul. Hal ini seringkali terjadi, sehingga mengurangi kenyamanan diri saat beraktivitas. Jangan sampai dibiarkan begitu saja, kulit punggung yang ditumbuhi jerawat harus mendapatkan penanganan agar kondisinya lebih baik dan tidak mecegah jerawat tersebut tumbuh kembali. Tidak hanya pada kulit wajah saja, kulit punggung juga bisa ditumbuhi jerawat karena adanya berbagai pemicu. Berikut ini penyebab munculnya jerawat punggung yang sering terjadi :

Penyebab Munculnya Jerawat Punggung

  1. Keringat

Keringat bisa keluar di mana saja, karena kulit memiliki pori-pori sebagai tempat keringat tersebut keluar dari dalam tubuh. Ekskresi keringat akan menjadi bertambah jika melakukan beberapa aktivitas yang lebih bertambah, misalnya berolah raga, membersihkan rumah, memasak, dan banyak lagi lainnya. Keringat yang keluar melalui kulit ini hendaknya segera dibersihkan, meminimalisir tumbuhnya mikroorganisme padapermukaan kulit. Oleh karena itu, kulit yang berkeringat hendaknya segra dibersihkan, baik dengan mencuci tangan hingga mandi dan keramas. Agar jerawat di punggung tidak menimbulkan dampak yang serius, maka penting sekali untuk menjaga kebersihan tubuh, sehingga jerawat di punggung tidak keluar lagi.

  1. Tali tas yang lebar

Tali tas yang lebar tidak berhubungan secara langsung dengan jerawat yang tumbuh di kulit punggung. Tapi, tas punggung dengan tali yang lebar akan menghambat keluarnya keringat saat digunakan, apalagi jika ketika barang yang dibawa ukurannya cukup berat. Terhambatnya keringat inilah kemudian membuatnya terkunci pada bagian tertentu, terutama punggung, yang bisa memicu tumbuhnya jerawat.

  1. Pelembut dan pewangi pakaian

Bagi kulit yang begitu sensitif, penggunaan pelembut dan pewangi akan memberikan pengaruh terhadap kulit punggung. Jika tidak cocok, akan dapat memicu timbulnya jerawat pada punggung. Jika memang menggunakan pelembut dan pewangi, maka penggunaanya bisa menimbulkan iritasi serta bakal jerawat yang akan muncul pada kulit punggung.

  1. Bahan pakaian yang kurang sesuai

Bahan pakaian yang cocok digunakan akan memberikan kenyamanan serta kesehatan kulit bagi para penggunanya. Jika sudah mulai muncul tanda jerawat yang harus keluar, maka hal ini bisa saja terjadi karena bahan pakaian yang sering digunakan tidak sesuai. Sebagai pertimbangan dalam memilih pakaian yang lebih nyaman, pakaian yang digunakan tidak boleh terlalu ketat, serta bahannya dapat menyerap keringat dan panas.

Dengan menjaga kebersihan dan higienitas  kulit tubuh, maka jerawat pada punggung bisa diatasi. Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mandi dengan teratur, menggunakan sabun, serta mengganti handuk dengan rutin. Selain itu, dari segi pakaian, penting pula untuk menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat. Dengan menjaga kulit agar tetap sehat, maka akan mengurangi tumbuhnya jerawat punggung. Secara umum, kulit yang bersih pada intinya akan terhindar dari infeksi mikroorganisme. Jika benar-benar dibutuhkan dan kondisi jerawat semakin luas atau besar maka bisa berkonsultasi dengan dokter ahli kulit untuk mengobati jerawat punggung.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top