Kulit ku

Faktor Penyebab Kulit Kering Dan Kusam

Faktor Penyebab Kulit Kering Dan Kusam

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang selalu mendapat perawatan lebih karena menjadi bagian yang terlihat oleh orang lain. Hampir semua orang melakukan perawatan untuk kulit tubuhnya baik itu bagian wajah, tangan, dan kaki. Namun sering terjadi masalah pada bagian kulit seperti kulit kering dan kusam. Bagian tubuh yang biasanya terjadi masalah tersebut yaitu kulit wajah, lengan, tangan, serta kaki. Bagian-bagian tersebut merupakan bagian yang tidak tertutupi dan sering terkena oleh cahaya matahari. Tipe kulit seseorang memiliki dua tipe, yaitu tipe normal kering dan tipe normal berminyak. Biasanya masalah kulit kering dan kusan terjadi pada orang dengan tipe kulit normal kering dibandingkan dengan tipe normal berminyak. Hal tersebut disebabkan karena produksi minyak yang minimal pada pemilik kulit kering, dimana minyak tersebut berfungsi untuk melembabkan kulit. Pada review kali ini kita akan membahas apa saja faktor penyebab kulit kering dan kusam.

Faktor Penyebab Kulit Kering Dan Kusam

sponsor: cream pemutih wajah.

Memiliki kulit yang kering dan kusam menjadi masalah bagi sebagian orang. Secara medis tidak ada masalah serius yang terjadi pada penderita kulit kering dan kusam tersebut. Akan tetapi memiliki kulit kering menyebabkan nilai estetika kulit berkurang karena kulit berkerut, merusak mood seseorang, mempengaruhi kualitas hidup, dan memberikan rasa tidak nyaman. Ciri-ciri dari kulit kering yaitu kasarnya permukaan kulit, adanya rasa kencang atau gatal yang disertai peradangan, serta terdapatnya retakan-retakan atau garis halus pada kulit bahkan hingga mengeluarkan darah jika kondisinya sudah parah.

Faktor Penyebab Kulit Kering Dan Kusam

Penyebab kulit menjadi kering dan kusam terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan penyebab yang bersumber dari dalam tubuh itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang bersumber dari luar tubuh atau dari lingkungannya. Faktor internal yang menyebabkan kulit kering  dan kusam diantaranya:

  1. Kurangnya Asupan Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu bahan penting yang bisa menunjang kinerja organ tubuh. Zat ini bekerja sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

  1. Bertambahnya Usia

Seseorang yang sudah lanjut usia jumlah kelenjar minyaknya sudah berkurang mengikuti proses penuaan kulit, sehingga kulit menjadi kasar karena tidak ada lagi yang melembabkan secara alami.

  1. Gangguan Kelenjar Tiroid

Rendahnya kelenjar hormon tiroid menyebabkan turunnya aktivitas kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Sehingga membuat kulit menjadi kering, kemerahan, bahkan hingga bersisik.

Faktor eksternal yang menyebabkan kulit kering dan kusam antara lain:

  1. Cuaca

Perubahan cuaca berpengaruh terhadap perubahan kelembaban udara. Semakin rendahnya kelembababn udara maka kondisi semakin dingin, yang bisa menyebabkan kulit terasa semakin kering. Hal ini biasanya terjadi di negara-negara yang memiliki lebih dari dua musim, seperti di London. Indonesia sendiri bukan menjadi masalah bagi orang-orang karena negara ini meupakan negara tropis, hanya memiliki dua musim saja yaitu musim panas dan musim dingin dan tergolong kedalam negara dengan kelembaban udara yang tinggi.

  1. Pemakaian Kain Yang Salah

Pemilihan pakaian menjadi poin penting juga dalam menyebabkan kulit kering dan kusam. Karena jika memakai pakaian yang tidak nyaman bagi kulit akan menyebabkan kulit menjadi kering. Penggunaan detergen untuk mencuci baju dan pelembut pakaian juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Kebiasaan Langsung Memakai Handuk Setelah Mandi

Mandi dapat membantu melembabkan kulit. Namun kebanyakan orang setelah mandi langsung memakai handuk untuk mengeringkan badan. Kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana cara penggunaan handuk yang benar. Mereka selalu menggosokkan handuk setelah mandi agar badan cepat kering. Penggunaan handuk seperti itu bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam, dan berkurangnya kelembaban kulit. Maka penggunaan handuk yang benar seperti menepuk-nepukkan pada bagian tubuh yang basah bisa mempertahankan kelembababn kulit.

  1. Pemakaian Sabun Yang Berlebihan

Penggunaan sabun badan ataupun sabun cuci muka yang berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Penggunaan produk yang menyebabkan kulit terasa jadi kering bukan berarti produk tersebut bagus, melainkan tanda alami lapisan minyak berkurang. Seringnya terkena sabun akan menurunkan lapisan minyak pada kulit.

  1. Mandi Dengan Air Panas

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat menyebabkan kelembaban alami kulit menjadi hilang sehingga kulit menjadi kering dan kusam. Terlalu sering mandi dengan air hangat menghancurkan lapisan lemak permukaan kulit yang merupakan pelembab alami kulit.

  1. Paparan Sinar Matahari

Memiliki kulit yang sehat merupakan impian setiap orang terutama bagi wanita. Banyak cara yang dilakukan oleh seorang wanita demi menjaga kesehatan kulit tubuhnya, baik kulit tangan, kaki, maupun wajah. Untuk memiliki impian kulit yang sehat, bercahaya, tentunya harus memiliki usaha yang kuat juga untuk mempertahankannya. Kulit kering dan kusam merupakan permasalahan terbesar yang terjadi pada masalah kulit. Dari beberapa faktor yang ada, perubahan cuaca, paparan sinar matahari, serta kurangnya asupan vitamin untuk kulit yang merupakan penyebab terbesar bagi kulit kering dan kusam. Semakin meningkatnya suhu bumi, semakin tinggi pula paparan sinar matahri yang diserap oleh kulit. Dengan adanya hal itu, terkadang bagi sebagian orang lupa akan kebutuhan asupan vitamin bagi kulit yang bisa menyeimbangkan kondisi kulit sehingga kesehatan dan kelembababn kulit tetap terjaga.

1
50%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
50%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top