Kulit ku

Penyebab Kulit Kering Dan Kusam

Penyebab kulit kering dan kusam adalah karena adanya 2 faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal dari diri sendiri. Kulit kering merupakan masalah kulit yang biasa dialami oleh sebagian besar orang Indonesia. Hal ini karena negara Indonesia memiliki cuaca yang sangat kering saat musim panas sekaligus gaya hidup dan kondisi medis yang kurang baik.

Penyebab Kulit Kering Dan Kusam

sponsor: dr rochelle skin expert.

Cara mengobati kulit kering, bersisik, dan kusam biasanya dilakukan dengan memberikan minyak zaitun, masker, scrub, dan yang paling baik adalah dengan minum air secara cukup yaitu 8 gelas atau 2 liter per hari.

Cara tersebut merupakan cara yang mudah dan murah, namun proses pengobatannya cukup lama dan harus dilakukan secara teratur sehingga akan menyita waktu Anda.

Penyebab Kulit Kering dan Kusam

Hal yang terpenting selain mengobati adalah mengetahui penyebab kulit kering, bersisik, kasar, dan kusam sehingga Anda dapat mencegah hal tersebut terjadi. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit kering dan kusam:

  1. Udara kering

Udara yang kering merupakan penyebab utama kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik. Udara kering adalah suatu kondisi di mana suhu udara dalam keadaan cukup rendah disertai angin yang cukup kencang.

Orang-orang yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah lebih berpotensi untuk mengalami kulit kering. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah sebaiknya menjaga kelembapan kulit dengan baik saat musim panas. Kulit membutuhkan sekitar 60% kelembapan agar tetap terjaga dan sehat.

Jika memungkinkan kurangi aktivitas di luar ruangan saat musim panas, namun jika memang semua pekerjaan harus dilakukan di lapangan atau di luar ruangan maka cobalah untuk memaki baju dengan lengan yang panjang untuk melindungi kulit tubuh anda. Jangan lupa memakai topi atau penutup kepala lainnya agar wajah Anda juga terlindungi.

  1. Air yang terlalu panas

Air hangat merupakan air yang nyaman digunakan untuk mandi namun jika terlalu panas justru dapat merusak kulit Anda. Air yang terlalu panas dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami pada kulit Anda.

Hal tersebut dapat mengakibatkan minyak alami semakin berkurang sehingga kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik. Penggunaan air panas yang tidak higienis juga dapat menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal. Jika tidak segera diobati, hal tersebut akan memicu gangguan kesehatan kulit yang lebih serius.

Oleh sebab itu jangan menggunakan air yang terlalu panas saat mandi. Pastikan suhu air tersebut nyaman digunakan untuk mandi dan jangan terlalu lama, maksimal 10 menit.

Setelah selesai mandi, segera keringkan tubuh Anda menggunakan handuk yang lembut agar minyak alami pada tubuh Anda tidak banyak berkurang. Hal ini juga berlaku untuk wajah Anda, jangan menggunakan air yang terlalu panas untuk wajah Anda karena akan mengakibatkan hal yang sama.

  1. Sabun

Siapa sangka bahwa sabun juga merupakan salah satu penyebab kulit kering dan kusam jika terdapat bahan-bahan yang kurang tepat pada sabun tersebut. Tidak semua sabun dapat menyebabkan kulit menjadi kering, namun hanya sabun-sabun yang mengandung bahan aroma tambahan saja. Hindari produk sabun yang menawarkan aroma yang sangat menyengat dan menggunakan bahan aroma tambahan yang kurang baik.

Biasanya sabun ini  akan membuat Anda tetap wangi sepanjang hari bahkan ketika melakukan berbagai aktivitas. Meskipun demikian, bahan yang terdapat dalam sabun tersebut justru dapat merusak jaringan yang sehat pada kulit Anda.

Untuk mengganti sabun tersebut sekaligus dapat tetap wangi, coba gunakan dedorant atau parfum. Selain lebih aman, Anda akan mendapatkan aroma wangi yang lebih maksimal dan sehat.

  1. Pakaian

Perlu Anda waspadai pakaian tertentu juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik. Jenis pakaian tersebut adalah semua jenis celana dan kemeja yang terlalu ketat.

Pakaian yang terlalu ketat akan menggosok kulit Anda dengan kasar dan jika digunakan dalam waktu yang lama dapat merusak kesehatan kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit Anda menjadi kasar dan kering.

Hindari pakaian yang terlalu ketat dan berbahan kasar. Pilihlah pakaian yang sedikit lebih longgar,berbahan halus, dan lembut yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda.

  1. Kondisi medis

Selain karena faktor lingkungan dan gaya hidup, kulit kering juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Misalnya jika seseorang memiliki masalah kesehatan kulit seperti eksim, hal ini juga dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering, kusam, kasar, dan bersisik.

Hal ini adalah gangguan kesehatan yang tidak dapat dihindari, namun harus diobati. Anda membutuhkan perawatan dari seorang dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar kulit Anda menjadi lebih sehat dan lembut kembali. Namun Anda tidak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah ini tidak mengharuskan Anda untuk rawat inap di rumah sakit. Hanya saja biaya perawatannya cukup mahal, karena harus dilakukan secara rutin dan terus menerus.

  1. Obat-obatan yang kurang baik

Tidak semua obat-obatan dapat menyembuhkan penyakit Anda dengan sempurna. Beberapa diantaranya terdapat efek samping yang kurang baik termasuk kulit yang menjadi kering dan kusam. Contohnya adalah obat gatal untuk kulit, beberapa dari obat tersebut terkadang mendatangkan masalah kulit yang lebih serius.

Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih obat. Sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan resep dari dokter agar Anda tidak menggunakan obat yang salah.

Demikian sedikit informasi mengenai beberapa penyebab kulit kering dan kusam. Secara umum kondisi tersebut disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor eksternal seperti lingkungan yang kurang bersih dan cuaca kering, dan faktor internal seperti gaya hidup atau kondisi kesehatan tertentu. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top