Info Kedokteran

Penyebab Gusi Berdarah Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Penyebab Gusi Berdarah Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Menjaga kesehatan mulut merupakan sebuah keharusan, karena pada mulut terdapat gigi serta lidah yang sangat berperan penting untuk mengunyah sekaligus merasakan makanan yang akan masuk ke dalam perut. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan mulut serta gigi yang sehat, mulai dari perawatan secara sederhana hingga perawatan yang banyak menghabiskan banyak biaya. Akan tetapi banyak yang tidak menyadari dan tidak peduli dengan gusi, gusi yang merupakan tempat menempelnya gigi sering kali diabaikan dan luput dari perawatan. Tidak heran jika gusi sering kali berdarah ataupun mengalami sebuah masalah yang diakibatkan oleh kesalahan Anda sendiri. Penyebab gusi berdarah yang mungkin tidak Anda sadari.

Sponsor: kezia skin expert

Penyebab Gusi Berdarah Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Jarang Sikat Gigi

Penyebab gusi Anda berdarah yang pertama adalah ada kemungkinan Anda jarang menyikat atau menggosok gigi secara rutin setiap hari. Menyikat gigi bukan hanya bertujuan untuk membersihkan gigi saja akan tetapi juga mencegah munculnya plak pada gigi yang akhinya dapa menimbulkan karang gigi. Plak terbentuk karena sisa-sisa makanan yang tertinggal pada bagian bawah gigi (dekat dengan gusi) dan kamudian menjadi sarang bagi para bakteri. Jika plak pada gigi sudah mulai menunpuk selain resiko tumbuhnya karang gigi juga sangat beresiko membuat gusi berdarah.

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Selain dengan jarang menyikat gigi hal lain yang dapat membuat gusi berdarah ialah menggosok gigi terlalu keras. Hal ini dikarenakan gusi yang terkena sikat dengan keras dapat mengakibatkan gusi mengalami trauma, terluka, dan akhirnya mengeluarkan darah. Untuk itu ada baiknya menggososk gigi dengan pelan dan teratur agar gusi Anda tidak lagi berdarah.

Teknik Menyikat Gigi Yang Kurang Tepat

Untuk menggososk gihi dengan bersih diperlukan teknik atau cara menggososk gigi dengan benar yaitu dengn gerakan melingkar serta menyikat dengan perlahan-lahan. Dalam menyikat gigi tidak boleh secara asal-asalan saja karena dapat mengakibatkan gusi Anda terluka oleh sikat yang Anda pakai dan akhirnya dapat berdarah.

Posisi Gigi Yang Tidak Teratur

Posisi gigi yang tida teratur juga termasuk hal yang mengakibatkan gusi berdarah. Gigi yang tidak teratur akan membuat sisa-sisa makanan sulit untuk dibersihkan dan banyak yang tertinggal sehingga sisa makanan tersebuit lama-kelamaan akan berubah menjadi sebuah plak dan dapat membuat gusi Anda berdarah.

Kebiasaan Merokok

Merokok bukan hanya mersak kesehatan organ dalam tubuh saja akan tetapi juga mengakibatkan gusi menjadi berdarah. Hal ini dikarenakan gusi yang berdarah bauk karena terluka atau mengalami trauma gusi tidak akan cepat disembuhkan sehingga gusi sangat rentan mengalami bengkak dan berdarah kembali yang dapat berakhir inveksi.

Kekurangan Vitamin C dan K

Gusi berdarah juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asupan makanan yang mengandung Vitamin C dan K. Seperrti telah diketahui Vitamin C erguna untuk memperkuat gusi serta membuatnya tahan terhadap berbagai macam bakteri dari sisa-sisa makanan.  Sedangkan Vitamin K berperan untuk mempercepat pembekuan darah. Untuk itu mengkonsumsi berbagai makanan yang banyak mengandung Vitamin C dan K haruslah dipenuhi.

Perubahan Hormon

Penyebab lain dari gusi sering berdarah yaitu adanya erubahan hormon tubuh. Hormon yang ada di dalam tubuh ada kalanya mengalami peningkatan maupun penurunan, dampaknya yang sangat jelas adalah beberapa anggota tubuh tidak siap untuk menghadapi hal ini seperti gusi yang berdarah. Untuk itu apabila gusi Anda berdarah dan tidak sembuh-sembuh ada baiknya Anda segera memeriksakan kesehatan Anda agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top