Tubuh ku

Penyebab Dan Pencegahan Bertambah Berat Badan

Setiap orang pasri ingin memiliki berat badan yang ideal ya. Tidak hanya wanita,pria juga pasti menginginkannya. Bertambahnya berat badan biasanya disebabkan karena kalori yang digunakan oleh tubuh lebih sedikit dari kalori yang masuk ke tubuh. Namun, bertambahnya berat badan bukan hanya karena makanan yang kita konsumsi. Banyak faktor lain yang mengakibatkan bertambahnya berat badan yang mungkin tidak kita ketahui. Nah,berikut ini akan kita bahas beberapa faktor penyebab dan pencegahan bertambahnya berat badan.

Penyebab Dan Pencegahan Bertambah Berat Badan

sponsor: kezia skin expert.

  1. Begadang

Begadang bisa menjadi salah satu faktor bertambahnya berat badan lho. Saat begadang kita berpeluang untuk mengkonsumsi berbagai macam camilan yang dapat menambah kalori yang tdrserap oleh tubuh,dan kalori tersebut tidak kita gunakan untuk beraktifitas karena biasanya kita langsung tidur setelah itu. Selain itu, begadang juga dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Nah, hal ini sangat berhubungan dengan akibat yang pertama dari begadang yaitu mengkonsumsi makanan ringan di malam hari untuk mengurangi rasa lapar. Saat begadang pastinya anda akan memilih memakan makanan yang kurang sehat seperti camilan dan gorengan dari pada buah dan sayur. Jadi kurangilah kebiasan begadang anda agar berat badan anda tetap terkontrol.

  1. Stress

Saat anda mengalami stres anda pasti akan merasa tegang sehingga tubuh anda akan menghasilkan lebih banyak hormon kortisol yang dapat meingkatkan nafsu makan anda. Sehingga anda mengkonsumsi berbagai macam makanan untuk menenangkan diri yang dapat meingkatkan berat badan anda. Cobalah untuk rileks agar pikirkan dan tubuh anda menjadi lebih tenang.

  1. Mood Yang Berubah-Ubah

Mood yang berubah-ubah dapat membuat berat badan anda naik juga lho. Saat mood anda kurang baik anda pasti akan lebih mudah menyantap betbagai macam makanan agar mood anda kembali membaik. Namun,hal ini justru dapat meningkatkan berat badan anda. Jadi jagalah mood anda agar tetap baik. Berat badan andspun tetap terjaga.

  1. Mengkonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan berat badan anda. Obat tersebut seperti obat untuk migrain,diabetes, dan darah tinggi.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup di jaman sekarang ini lebih mudah dari pada sebelumnya. Dengan kemajuan teknologi seperti adanya internet yang mempermudah akses kita untuk melakukan segala hak di depan layar daripada berpergian. Hal ini menyebabkan anda jarang bergerak dan mengkonsumsi lebih banyak camilan saat anda berada di depan layar. Maka anda harus mengimbanginya dengan rajin berolahraga agar berat badan anda tidak bertambah. Dan cobalah untuk tkdak.melakukan semua hal hanya di depan layar,apabila anda masih dapat mengerjakan hal tersebut dengan bergerak seperti biasa,lebih baik anda melakukannya dengan bergerak daripada melakukannya secara instan.

  1. Merokok

Merokok sangatlah tidak baik baik kesehatan. Baik itu untuk perokok aktif maupun pasif,bahkan perokok pasif lebih beresiko terkena dampak yang lebih buruk dari perokok aktif. Saat merokok jantung bekerja lebih cepat dari biasanya. Kalori yang digunakan juga akan lebih banyak. Hal ini membuat anda menjadi lebih cepat lapar. Saat anda berhenti merokok nafsu makan anda akan bertambah namun hal ini tidak akan bertahan lama. Akan lebih baik jika anda berhenti merokok agar berat badan anda tidak bertambah.

  1. Diet

Melakukan diet secara ektrem justru akan membuat anda lebih gemuk karena kalori yang masuk akan lebih cepat terbakar sedangkan kalori yang masuk tidaklah banyak. Hal ini akan membuat anda menjadi lebih sering lapar. Lakukanlah diet yang biasa saja jangan terlalu berlebihan, sehingga berat badan yang anda inginkan dapat tercapai.

Jika anda ingin memiliki tubuh yang ideal akan lebih baik jika anda melakukanlah hal-hal berikut ini untuk mencegah bertambahnya berat badan atau menjaga berat badan anda agar tetap ideal:

  1. Berolahraga

Jika anda ingin memiliki tubuh yang ideal,sesibuk apapun anda selalu sediakan waktu anda untuk berolahraga. Berolah raga selain baik untuk kesehatan,juga dapat menjaga berat badan anda agar tetap ideal. Anda dapat melakukan jalan-jalan santai saat pagi hari,atau dengan bergerak secara aktif juga dapat anda lakukan. Selain itu berolahraga miniman 15 menit setiap hari dapat menjaga jantung anda tetap sehat.

  1. Tidurlah Secara Teratur

Tidur secara teratur juga baik untuk menjaga berat badan anda agar tidak bertambah. Dengan tidur secara teratur anda juga dapat terhindar dari kebiasaan begadang yang tidak baik bagi kesehatan.

  1. Sarapan

Banyak orang berfikir bahwa makan di pagi hari akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk,sebenarnya tidak. Adalkan anda memakan makanan yang sehat sebagai sarapan anda. Anda dapat mengkonsumsi oats,jagung,pisang,susu rendah lemak dan lainnya. Selain itu sarapan juga dapat mencegah anda agar tidak kelaparan. Karena lapar dapat mebuat anda berkeringat dan panik. Hal ini dapat membuat nafsu makan kita bertambah dan kita akan makan lebih banyak pada siang harinya. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan disela-sela waktu agar pencernaaan lebih lancar. Jadi jangan lupa untuk sarapan di pagi hari agar berat badanmu tetap terkontrol ya.

  1. Mengecek Berat Badan

Agar anda bisa tetap mengontrol berat badan anda jangan lupa untuk menimbang berat badan anda secara berkala. Agar anda juga tau apa yang anda harus lakukan apakah menambah berat badan anda atau menguranginya. Anda juga dapat mengontrol makanan anda apakah harus dikurangi atau ditambah.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab dan pencegahan bertambahnya berat badan anda. Berat badan yang ideal juga dapag miningkatkan rasa percaya diri anda untuk tampil di hadapan umum. Baiklah,sampai jumpa dipembahasan selanjutnya ya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top