Tubuh ku

Penyebab Dan Cara Mengatasi Selulit

Penyebab dan cara mengatasi selulitMasalah selulit tidak hanya menimpa pada orang yang sudah berusia lanjut, namun pada remaja dan orang dewasa hampir memiliki selulit. Hampir setiap orang jaman sekarang mengalami selulit dibagian tubuhnya, baik itu di bagian perut, paha, atau lengan. Tetapi kebanyakan dialami oleh kaum wanita. Hal tersebut dikarenakan wanita lebih banyak menyimpan lemak di dalam tubuhnya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Selulit

sponsor: kezia skin expert.

Selulit merupakan garis-garis halus yang muncul dipermukaan kulit akibat terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh. Garis halus yang muncul tersebut terlihat seperti kulit jeruk yang biasanya muncul di bagian bokong, pinggir paha, selangkangan paha, perut, dan selangkangan lengan. Adanya selulit dalam tubuh kebanyakan membuat rasa tidak percaya diri pada seseorang. Sehingga banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan selulit tersebut. Baik itu cara alami hingga menggunakan cara medis. Penyebab utama timbulnya selulit yaitu karena timbunan lemak dalam tubuh. Namun ada beberapa hal lain yang menjadi peneybab adanya selulit, diantaranya:

  1. Faktor Hormon

Hormon yang berpengaruh teradap munculnya selulit yaitu hormon estrogen, hormon insulin, hormon noradrenalin, hormon tiroid, dan hormon prolaktin cukup berpengaruh terhadap munculnya selulit dalam tubuh. Kadar estrogen yang meningkat sebelum mengalami kehamilan juga mempengaruhi timbulnya selulit pada tubuh wanita. Kulit wanita lebih tipis dan elastis dibandingkan pria sehingga selulit sering menghampiri kaum wanita. Bagian perut bawah merupakan bagian yang longgar sehingga lemak kebanyakan tertimbun pada bagian perut bawah yaitu di bagian bokong, paha, dan selangkangan paha. Sehingga selulit sering timbul di bagian bawah perut.

  1. Kegemukan Atau Obesitas

Penyebab Dan Cara Mengatasi Selulit

Seseorang yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis sering kali muncul selulit dibagian tubuhnya. Hal tersebut karena permukaan kulit yang merenggang lebih dari ukuran tubuh biasanya. Sebaliknya orang yang memiliki tubuh yang gemuk kemudian menjadi kurus juga terkadang muncul selulit.

  1. Stress

Seseorang yang mengalami stress akan menghambat detoksifikasi tubuh sehingga racun sulit dikeluarkan dan sisa metabolisme di dalam tubuh terhambat untuk di keluarkan. Hal ini memiliki hubungan terhadap orang yang memiliki tubuh kurus, yaitu tidak hanya orang yang memiliki tubuh gemuk saja yang akan mengalami selulit.

  1. Kurangnya Olahraga

Orang yang kurang olahraga kemungkinan akan mengalami selulit di bagian tubuhnya. Selain itu memiliki kebiasaan duduk yang terlalu lama juga bisa menyebabkan munculnya selulit.

  1. Pola Konsumsi Makanan Yang Tidak Sehat

Ada beberapa makanan yang bisa membuat munculnya selulit pada tubuh. Seperti makanan manis, makanan asin, makanan berlemak jenuh, junk food, serta alkohol.

Dari sekian banyak hal yang menyebabkan selulit, tidak banyak orang yang menyadarinya. Hal-hal tersebut yang harus diperhatikan bagi setiap orang. Karena dengan mencegah hal-hal tersebut kemungkinan bisa mencegah timbulnya selulit. Selain itu tubuh menjadi sehat dan terhindah dari penyakit yang beresiko. Namun banyak juga cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan selulit yang ada pada tubuh kita. Beberapa cara yang bisa kita lakukan yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami, ataupun secara medis. Akan tetapi dengan menggunakan cara alami perubahannya tidak secepat dengan cara medis. Hasil yang di tampilkanpun sama-sama permanen menghilangkan selulit pada tubuh. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan selulit pada tubuh. Tidak banyak cara tersebut sangat mudah kuta lakukan di rumah. Serta bahan-bahannyapun sangat mudah untuk diperoleh. Cara yang ampuh untuk menghilangkan selulit yaitu sebagai berikut:

  1. Dengan Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga bisa menjaga kesehatan tubuh dari dalam maupun dari luar. Sehingga berpengaruh terhadap kondisi kulit kita. Selain berolahraga arus diimbangi juga dengan ruti meminum air putih, karena air putih merupakan asupan yang sangat penting bagi tubuh.

  1. Menggunakan Lotion

Penyebab Dan Cara Mengatasi Selulit

Tidak banyak orang yang hirau akan penggunaan lotion pada kulit. Namun penggunaan ini sangatlah penting karena lotion membantu melembabkan kulit. Sehingga membantu mencegah iritasi yang bisa terjadi pada kulit dan bisa mencegah kulit menajdi kering dan kusam. Cara yang dilakukan yaitu dengan menggunkan lotion pada area yanag berselulit lalu melakukan pijatan sedikit-sedikit selama kurang lebih 10 menit. Hal tersebut jika dilakukan rutin bisa menghialngkan selulit pada tubuh.

  1. Menggunakan Scrub Alami

Banyak produk scrub tubuh yang memiliki fungsi bermacam-macam untuk menyehatkan kulit. Salah satunya yaitu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Menggunakan scrub alami merupakan cara yang mudah dan praktis dilakukan karena bahannya mudah didapat di pasaran. Scrub alami yang digunakan yaitu scrub kopi dan minyak zaitun. Tuangkan satu sendok kopi bubuk kemudia tambahkan dengan minyak zaitun secukupnya. Campurkan kedua bahan tersebut lalu gosokka pada area tubuh yang berselulit. Lakukan pijatan tersebut kurang lebih 10 menit. Kemudian tunggu 5-10 menit, lalu bilas dengan menggunakan sabun dan air bersih. Kopi membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan minyak zaitun membantu melembabkan kulit tubuh.

So, tidak lagi khawatir akan hadirnya selulit pada tubuh kita, karena banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan menghilangkan selulit ini. Cara yang sangat mudah bisa dipraktekkan di rumah, dengan waktu yang singkat. Saat pulang kerja, pulang kuliah, ataupun sesaat seblum tidur. Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting untuk menghindari penyakit berbahaya pada kulit. Lebih baik mencegah sebelum terkena hal-hal yang tidak diinginkan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top