Tubuh ku

Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, cara terbaik adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan sering melakukan aktivitas tubuh seperti olahraga. Namun ketika Anda telah berhasil menurunkan berat badan, maka terkadang berat badan akan meningkat kembali dan ini merupakan pertAnda bahwa berat badan tubuh Anda tidak stabil. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, mulai dari faktor fisiologis tubuh, gaya hidup, atau pola makan. Sebenarnya apa saja penyebab berat badan naik lagi setelah diet? Simak ulasan singkat di bawah ini.

sponsor: kezia skin expert.

Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

  1. Faktor hormon

Hormon yang terdapat pada pankreas, lambung, dan jaringan lemak Anda sangat berhubungan dengan berat badan yang Anda miliki, ini karena hormon tersebut bertugas mengatur berat badan yaitu proses stimulasi nafsu makan pada otak. Seseorang yang menjalani diet biasanya kadar lemak mereka akan menurun, ini disebabkan dengan menurunnya hormon leptin yaitu hormon yang bertugas untuk memberi tahu otak ketika sudah kenyang, dan juga hormon ghrelin yaitu hormon yang mengatur lapar. Kedua hormon ini sangat mempengaruhi seseorang dalam mengonsumsi makanan, walaupun tidak akan mempengaruhi kadar lemak Anda secara langsung.

  1. Jumlah asupan kalori yang tidak seimbang

Penyebab berat badan naik lagi setelah diet yang kedua disebabkan karena jumlah asupan kalori yang naik turun atau tidak seimbang. Ketika asupan kalori Anda meningkat dalam waktu yang cepat, maka hal ini juga akan menaikkan berat badan. Ketika Anda menjalani diet, mungkin jumlah asupan kalori yang ada dalam tubuh Anda akan berkuarng dari biasanya, misalnya 2000 kalori menjadi 1200 kalori. Kemudian setelah mengalami penurunan, ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kalori maka asupan kalori dalam tubuh juga akan meningkat dalam jumlah normal(2000) bahkan lebih.
Biasanya ketika Anda menjalani diet maka tubuh akan terbiasa dengan jumlah kalori yang sedikit. Nah, ketika kalori meningkat berat badan juga akan meningkat dengan tajam. Dari contoh di atas, jika ketika diet Anda terbiasa dengan kebutuhan kalori sebanyak 1200, maka ketika Anda mengonsumsi makanan dengan normal sejumlah 2000 kalori, maka tubuh akan menganggapnya berlebihan kalori dan menyebabkan penumpkan lemak sehingga berat badan juga akan kembali meningkat.
Berat badan Anda mungkin akan meningkat jauh lebih besar dari sebelum Anda diet. Setelah diet orang-orang cenderung akan makan seperti biasanya dengan jumlah makanan sebelum mereka diet, hal ini disebut binge eating. Pola makan seperti diet memang sangat efektif dalam menurunkan berat badan, namun jika setelah diet Anda kembali mengonsumsi makanan yang banyak maka berat badan Anda juga akan kembali meningkat bahkan lebih dari sebelumnya.

  1. Aktivitas fisik yang kurang

Penyebab berat badan naik lagi setelah diet mungkin juga karena Anda kurang melakukan aktivitas fisik. Kurangnya aktivitas fisik akan memicu risiko berat badan naik kembali setelah mengalami proses penurunan. Tahukah Anda tubuh akan kesulitan menyesuaiakan berat badan tanpa adanya aktivitas fisik. Jika kemudian Anda kembali mengonsumsi kalori yang berlebih setelah diet, kemungkinan kalori tersebut akan tersimpan di dalam tubuh dan memicu kenaikan berat badan. Disinilah manfaat aktivitas fisik yang harus Anda lakukan, yaitu mengurangi jumlah kalori yang tersimpan.

Demikian apa yang menjadi penyebab berat badan naik lagi setelah diet. Jadi, usahakan Anda tetap melakukan pola makan sehat disertai dengan akvitias fisik secara rutin walaupun tubuh sudah mengalami penurunan berat badan. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top