Parenting Info

Penyakit Yang Kerap Menyerang Anak

Menjaga kesehatan anak-anak ialah salah satu hal yang sangat penting yang harus Anda perhatikan sebagai orang tua. Anak-anak memang memiliki daya tahan tubuh yang cenderung lebih ringkih dan belum terlalu kuat sehingga mereka cenderung lebih mudah terkena penyakit. Dengan kondisi mereka yang lebih lemah, Anda sebagai orang tua harus bertindak aktif untuk menjaga kondisi mereka. Beberapa penyakit sering menyerang anak-anak dan menyebabkan kondisi badan mereka memburuk. Hal ini tentu mengundang keprihatinan dan akan membuat Anda merasa khawatir. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa penyakit yang kerap menyerang anak agar anak Anda selalu sehat setiap saat. Simak beberapa paparan di bawah ini dan lakukan yang terbaik untuk kesehatan anak Anda.

Penyakit Yang Kerap Menyerang Anak.2

Sponsor : perawatan wajah

  1. Diare

Salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak dan cukup membuat orang tua khawatir adalah diare. Seperti kita ketahui, diare adalah gangguan tubuh yang akan menyebabkan si penderita mengalami buang air besar atau BAB secara terus menerus selama beberaa waktu. Selain itu, feses yang keluar saat BAB mengandung lebih banyak air. Kondisi ini tentu saja cukup berbahaya bagi anak Anda yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah karena diare akan menurunkan daya tahan tubuh dan tidak jarang mengakibatkan anak Anda menjadi sangat lemas bahkan tidak bertenaga. Diare ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang terlalu pedas yang mengganggu proses pencernaan. Selain itu, diare juga disebabkan oleh racun yang terkandung dalam makanan yang basi. Nah, sebagai orang tua, Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan untuk konsumsi anak Anda.

  1. Influenza

Flu atau influenza merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup sering menyerang anak-anak terutama pada saat musim pancaroba seperti sekarang ini. Kondisi cuaca yang tidak menentu dan suhu yang terlalu dingin biasanya menjadi salah satu penyebab anak-anak terkena influenza. Sebab lain adalah tertularnya anak-anak dari temannya yang menderita flu, terutama pada saat kondisi mereka terlalu lelah karena keasyikan bermain. Gejala flu dapat secara mudah diamati, seperti demam, sakit kepala, badan menggigil, dan juga nyeri. Meskipun flu termasuk salah satu penyakit yang umum untuk anak-anak, Anda harus selalu waspada karena kondisi yang parah dapat menyebabkan kematian. Berilah makanan hangat dan berkuah pada anak Anda untuk meringankan sakit flu yang mereka derita.

  1. Muntaber

Penyakit lain yang sering menyerang anak-anak dan cenderung wajib untuk diwaspadai adalah muntaber. Penyakit yang satu ini ditandai dengan anak yang muntah dibarengi keluarnya feses secara tiba-tiba. Penyakit muntaber secara umum disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan. Terjadinya infeksi disebabkan oleh pola konsumsi yang salah pada anak-anak, seperti terlalu banyak mengkonsumsi mie instan atau makanan cepat saji lainnya. Jika anak menderita muntaber, maka ia akan kekurangan cairan di dalam tubuh dengan sangat cepat. Kondisi ini cukup membahayakan karena kekurangan cairan dapat menyebabkan anak menjadi sangat lemas dan kondisi terburuk berujung pada kematian. Segera periksakan anak Anda ke dokter terdekat jika terindikasi menderita muntaber.

  1. Demam berdarah

Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang juga harus senantiasa menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Kita tahu bahwa demam berdarah adalah salah satu penyakit berbahaya yang pada beberapa kasus tertentu menyebabkan kematian karena telatnya penanganan. Penyebab demam berdarah adalah adanya gigitan nyamuk pembawa virus ini yang biasanya mendiami tempat-tempat dimana anak Anda bermain. Tidak dipungkiri, dunia anak memang dunia bermain. Mereka akan senantiasa bermain kemana saja seperti yang mereka sukai. Nah, sebagai orang tua, Anda harus mengecek tempat bermain anak Anda dan pastikan tempat bermain mereka bebas dari ancaman nyamuk penyebab demam berdarah. Selain itu, jaga selalu kebersihan di sekitar rumah Anda sebagai tindakan pencegahan pertama dari penyakit ini.

  1. Iritasi mata

Iritasi mata juga perlu Anda waspadai sebagai seorang orang tua. Kita tahu, anak-anak sering tidak mempedulikan bahaya saat mereka hendak bermain bersama dengan teman-temannya. Karena kekurang hati-hatian mereka, seringkali mereka terkena iritasi mata karena paparan debu. Debu yang masuk ke dalam kornea mata dapat menyebabkan mata menjadi merah dan gatal. Kondisi ini harus segera diatasi sebelum hal lebih buruk terjadi. Selain debu, iritasi mata juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Bintitan adalah salah satu gangguan mata yang disebabkan oleh bakteri. Nah, untuk tindakan pencegahan, ajarkan anak Anda untuk selalu berhati-hati dan melindungi mata mereka saat pergi bermain. Anda juga harus membiasakan pola hidup bersih pada anak Anda dan ajarkan untuk tidak mengucek mata dengan kondisi tangan yang kotor. Jika iritasi semakin parah, maka Anda harus mengambil tindakan medis.

Beberapa penyakit yang sering diderita oleh anak-anak sebagaimana dijelaskan di atas tentu harus menjadi perhatian bagi Anda sebagai orang tua. Menjaga kesehatan anak adalah hal yang sangat penting dan bentuk kasih sayang orang tua. Ajarkan anak Anda untuk berperilaku bersih dan jaga mereka agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, segera hubungi dokter jika penyakit dirasa tidak kunjung sembuh. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top