Parenting Info

Pentingnya Tidur Untuk Anak yang Harus Diketahui Bunda

Pentingnya Tidur Untuk Anak – Tidur adalah salah satu kebutuhan bagi anak yang harus dicukupi dengan baik. Berbeda dengan orang yang sudah beranjak dewasa, di usia anak-anak tidur dengan cukup sangat dibutuhkan untuk memberikan efek yang baik untuk anak-anak. Mungkin banyak orangtua yang masih belum tau atau sering mengabaikan tentang pentingnya tidur bagi anak. Oleh karena itu ada baiknya untuk orang tua mengetahui apa saja pentingnya memberikan porsi tidur yang cukup untuk anak-anak.

Sponsored: kezia skin expert

Pentingnya Tidur Untuk Anak yang Harus Diketahui Bunda

Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari waktu tidur yang bisa dipenuhi dengan baik untuk anak. Waktu tidur untuk anak memang harus dipenuhi sehingga tidur siang ataupun tidur malam harus dilakukan untuk menghindarkan anak dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Berikut ini bunda, beberapa hal penting yang bisa didapat untuk waktu tidur yang cukup bagi anak.

  • Menjauhkan dari Risiko Obesitas

Dari berbagai penelitian menyebutkan jika anak yang mendapatkan waktu untuk tidur yang cukup akan menjauhkan anak dari resio obesitas. Dalam beberapa penelitian menyebutkan jika anak yang berada di usia dini dan tidur dengan waktu yang kurang tepat lebih tinggi mengalami resiko obesitas jika dibandingkan dengan anak yang tidur diwaktu yang tepat. Oleh karena itulah ada baiknya untuk memperhatikan waktu tidur yang pas dan tepat untuk membuat anak bisa mendapatkan waktu tidur yang pas tidak kurang atuapun tidak berlebihan.

  • Mengurangi Rewel

Untuk anak dengan usia dibawah 5 tahun resiko rewel dengan rasa mengantuk pasti menjadi satu hal yang sangat berpengaruh. Anak yang kurang tidur akan mengalami emosi yang cukup tinggi dan menjadi tidak stabil dalam menjalani harinya. Sehingga yang didapat pasti anak akan mudah menangis, mudah marah dan pasti menjadi sangat rewel dan kurang bisa untuk ditangani dengan baik.

  • Bisa Berkonsentrasi Dengan Baik

Anak yang mendapatkan waktu tidur yang pas dan tepat akan mendapatkan waktu untuk mengistirahatkan tubuhnya dengan cukup. Hal ini sangat berpengaruh dengan tingkat konsentrasi anak dimana jika anak kurang mendapatkan tidur yang cukup akan membuat tubuh anak menjadi terasa sangat letih dan kurang bisa menerima pelajaran baik itu untuk mengingat ataupun untuk memahami.

  • Prestasi yang Lebih Baik

Dengan mendapatkan waktu tidur yang lama dan bisa cukup untuk tubuh sudah pasti akan sangat membantu untuk meningkatkan prestasi yang lebih baik. Prestasi ini didapatkan karena anak akan mendapatkan tubuh yang lebih fresh saat bangun dan lebih bisa mengikuti pelajaran di sekolah dengan lebih baik lagi.

Anak dengan usia yang berbeda tentu membutuhkan waktu tidur yang berbeda pula. Untuk bayi dengan usia 4-12 bulan usahakan untuk bisa tidur selama kurang lebih 12-16 jam sehari sudah termasuk dengan tidur siang, anak usia 1-2 tahun selama 11-14 jam, anak usia 3-5 tahun selama 10-13 jam, anak usia 6-12 tahun selama 9-12 jam dan untuk usia remaja usia 13-18 tahun selama 8-10 jam.

 

Baca juga: Hal Paling Penting Untuk Membentuk Karakter Anak

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top