Tubuh ku

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Tubuh

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Tubuh

Sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam mengawali aktivitas keseharian kita, jangan pernah mengabaikannya karena kesibukan anda. Pentingnya sarapan pagi bagi tubuh  ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia. Aktivitas yang di mulai saat pagi hari ini merupakan permulaan hari anda sehingga sangat perlu didasari oleh adanya energi yang di dapat dari sarapan pagi anda. Berbekal sarapan pagi yang kita lakukan ini merupakan sumber energi untuk memulai aktivitas. Aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi sarapan pagi akan membuat kegiatan anda berjalan baik dengan penuh semangat. Berikut ini merupakan fakta dari manfaat sarapan pagi.

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Menjadi Sumber Energi Dan Sumber Energi Lebih

Dalam menjalankan aktivitas seharian penuh untuk bekerja sangat penting memberikan tubuh banyak nutrisi pada saat pagi hari .  Sarapan di pagi hari juga dapat membantu anda dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari. Sesibuk apapun anda usahakan untuk meluangkan waktu melaksanakan sarapan pagi, karena dengan sarapan pagi tubuh akan memiliki energi yang dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas. Berikut ini makanan dan minuman yang baik untuk sarapan pagi juga untuk sumber energi:

  1. Nasi
  2. Beras Merah
  3. Singkong
  4. Roti
  5. Susu
  6. Bubur
  7. Kue
  8. Sereal
  1. Menurunkan Berat Badan & Membantu Diet

Hal ini dikarenakan dengan mengisi perut di pagi hari maka anda dapat menahan nafsu makan anda pada saat siang hari. Selain itu anda tidak makan terlalu berlebihan pada saat siang hari yang dapat merugikan dalam pola diet dan berat badan. Sarapan juga membantu anda untuk lebih selektif memilih makanan yang lebih bergizi dibandingkan tidak sarapan. Orang yang tidak sarapan cenderung mengkonsumsi berbagai makanan dengan tidak mengontrol tanpa memikirkan nutrisinya. Berikut ini makanan yang baik dikonsumsi untuk mengontrol berat badan dan diet:

  1. Kentang
  2. Kacang kacangan
  3. Buah buahan segar

3. Menyehatkan Dan Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Saat tidur tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas namun jika, sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada masalah baru yaitu menimbulkan berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag. Berikut ini yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki metabolisme tubuh :

  1. Air putih / mineral
  2. Vitamin B
  3. Tauge / kecambah

4. Membuat Otak Fresh & Menjaga Konsentrasi

Sarapan dapat memperbaiki kadar gula yang menurun drastis saat semalaman kita tidur. Otak memerlukan stok energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Dengan begitu akan lebih fokus dalam mengerjakan segala hal . Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan dengan baik. Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir lebih baik.  Berikut ini yang baik untuk konsentrasi otak:

  1. Olahraga Berenang
  2. Omega 3
  3. Tidur siang
  4. Olahraga memanas
  5. Olahraga berkuda

5. Menjaga Mood Menjadi Lebih Baik

Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda. Orang yang sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan. Yang melakukan sarapan pagi lebih bersemangat,  ceria dan tampak lebih fresh . Berikut ini yang baik untuk dilakukan dalam menjaga mood di pagi hari:

  1. Minum Teh
  2. Pola hidup sehat
  3. Minum Kopi

6. Kesehatan Jangka Panjang

Manfaat sarapan pagi untuk jangka panjang juga tidak kalah hebatnya, sarapan pagi merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung tubuh agar sehat sampai tua. Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes memiliki korelasi yang sangat kuat dengan sarapan. Dengan sarapan pagi anda dapat mengurangi berbagai penyakit agar tidak menyerang pada saat tua . Tubuh juga tidak mudah terserang penyakit dan mudah sakit.

  1. Mencegah Penyakit

Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Apabila dipagi hari lambung terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.

  1. Menghindari Makanan Tidak Sehat

Sarapan pagi menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak camilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan. Apabila camilan camilan yang dibeli disembarang tempat yang tidak sehat , hal ini akan membuat penyakit dan tubuh menjadi tidak sehat .

  1. Mengurangi Resiko Stress Atau Sakit Kepala

Dalam keadaan perut kosong di pagi hari dengan aktifitas padat serta tekanan pekerjaan yang tinggi dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak baik akan membuat Anda mudah stres. Maka, manfaat sarapan pagi itu adalah mengurangi resiko stres tersebut. Terlebih pekerjaan yang setiap harinya menumpuk dan membuat anda penat sungguh sangat membuat anda bosan dan stress , stress yang berlebihan akan membuat anda merasakan sakit kepala apalagi dengan keadaan perut kosong .

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top