Tips & Trik Parent

Pentingnya Orangtua Memahami Jenis-Jenis Kecerdasan Anak

Pentingnya Orangtua Memahami Jenis-Jenis Kecerdasan Anak

Tak sedikit orangtua yang tidak bisa menyadari apa saja kecerdasan anak yang ada dari dalam diri dan bakatnya. Bahkan kebanyakan para orang tua hanya menilai kecerdasan anak berdasarkan nilai rapot atau ranking yang diraih anak. Padahal jika kita ketahui, ada banyak jenis kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak dan buka berkat nilai semata.  Inilah pentingnya orangtua memahami jenis-jenis kecerdasan anak yang seharusnya Anda ketahui.

Sponsor: produk pemutih wajah

Seperti yang diungkap oleh Thomas Armstrong, Ph.D, yaitu seorang ahli bidang multiple intelligences menyebut jika kecerdasan itu tidak hanya muncul disaat mendapatkan nilai akademik saja tetapu hampir menyangkit pada semua bakat dan keterampilan seseorang. Bahkan menurut Thomas, hampir semua orang memiliki kecerdasan atau kepintarannya masing-masing hanya saja jenis kecerdasan anak sangat berbeda-beda.

  • Word Smart

Kecerdasan anak Word Smart aadalah kecerdasan yang menghasilkan kecenderungan anak menyukai dunia membaca, menulis, dan berbicara. Untuk dapat mengembangkan bakatnya, maka Anda bisa mengajaknya membaca buku cerita, menambahkan banyak kosakata, memberikan anak pengetahuan seputar bahasa.

  • Number Smart

Anak dengan kecerdasan number sart sangat senang berfikir logika. Ia sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan angka dan matematika. Untuk meningkatkan bakatnya, maka Anda bisa ajarkan banyak permainan yang mengasah logikanya seperti monopoli atau permaianan menghitung.

  • Nature Smart

Anak dengan kecerdasan Nature Smart cenderung memiliki ciri senang mengetahu hal-hal seputar alam. Anak lebih senang menghabiskan waktu untuk meneliti dan mengamati alam sekitarnya seperti binatang, tumbuhan atau apa saja yang membuatnya menarik di alam ini. Untuk bisa membuat kecerdasannya makin tumbuh, kembangkan bakan anak misalnya dengan rekreasi, mengunjungi musium atau kebun binatang.

  • Self Smart

Kecerdasan berikutnya adalah Self Smart yaitu kecerdasan yang dimiliki anak dimana ia cenderung menyukai hal yang berhubungan dengan bermain sendiri. Anak umumnya cenderung memiliki rasa percaya diri tinggi dalam mengembangkan bakatnya. Namun kendati demikian, dukungan dari orang tua juga penting agar keinginan atau bakat anak dapat terarah.

  • People Smart

Kecerdasan anak berikutnya adalah dimana anak memiliki jiwa kepemimpinan dan perasaan besar terhadap teman-temannya. Anak dengan ciri kecerdasan ini memiliki sikap empati yang sangat besar serta mampu mengajak anak dan keluarga menjadi maju. Anda bisa membantu menumbuhkan kemampuan anak dengan mengajaknya berhubungan dengan banyak orang baru atau membiarkan anak bersosialisasi dengan teman-temannya.

  • Body Smart

Kecerdasan body smart pada anak adalah kecenderungan anak menyukai kebiasaan yang menantang untuk fisik nya seperti olahraga, menari, rekreasi dan sebagainya. Kecerdasan anak ini bisa dikembangkan dengan mengajaknya melakukan kegiatan menantang yang ia sukai.

  • Picture Smart

Anak dengan bakat ini sangat menyukai gambaran visual seperti menggambar, seni atau imaginasi. Anak cenderung senang dengan hal-hal yang bisa membuatnya tertantang seputar seni menggambar atau membaca sketsa gambar.

  • Music Smart

Terakhir, bakat anak bisa berupa music smart dimana ia menyukai dunia musik, bernyanyi, menghafal lagu, atau memainkan musik. Kecerdasan ini bisa ditumbuhkan dengan memberikan anak alat musik, les musik dan apa yang membuatnya tertarik serta mengasah kemampuan pada bidang musik.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top