Info Kedokteran

Pentingnya Minum Pil KB Dengan Jadwal Teratur

Pentingnya Minum Pil KB Dengan Jadwal Teratur

Sangat perlu mengetahui pentingnya minum pil KB dengan jadwal teratur bagi wanita yang berencana menunda kehamilan. Karena apa? Hal itu sangat dianjurkan untuk menggunakan kontrasepsi terutama pil KB. Pil KB termasuk kontrasepsi yang berdeda dengan jenis kontrasepsi lain dimana harus diminum secara teratur dan tidak boleh terlewat. Mengapa hal tersebut penting dilakukan?

Sponsor: cream perawatan wajah

Cara kerja pil KB akan bertugas mencegah terjadinya ovulasi atau pelepasan sel telur selama siklus bulanan. Pil KB umumnya mengandung hormon estrogen dan progesteron. Sementara wanita tidak akan hamil jika tidak mengalami bembuahan ovulasi. Fungsing pil KB juga bertugas untuk menebalkan lendir pada serviks sehingga mempersulit sel sperma masuk ke dalam uterus dimana tempat sel telur dilepaskan. Hormon yang dipacu berkat pil KB akan mempersulit sel telur menempel pada dinding rahim. Inilah tujuan dari konsumsi pil KB untuk wanita yang ingin menunda kehamilan.

Manfaat penting konsumsi pil KB secara teratur?

Meskipun mengakibatkan ovulasi tidak terbuahi, ada manfaat yang didapat dengan minum pil KB diantaranya mengatur siklus haid. Pil KB membuat siklus menstruasi lebih teratur sebab membantu  para wanita yang memperbaiki siklus haid yang terlalu cepat atau bahkan terlalu jarang. Tak hanya itu, pil KB juga membantu mengurangi rasa nyeri dan kram serta mengurangi durasi lebih singkat. Manfaat lainnya pil KB adalah membantu risiko endometriosis. Pil KB mampu menghasilkan fungsi hormon yang jarang menimbulkan efek samping. Pil KB juga membantu mempercepat kehamilan setelah berhenti minum  pil terlebih jika dikonsumsi dengan teratur. Umumnya dibutuhkan wakti 1-3 bulan untuk hamil setelah tak mengkonsimso pil KB, mencegah mood swing saat PMS, mengatur keseimbangan dan  perkembangan hormon estrogen dan progestin yang bertugas  mengatur mood serta mencegah timbulnya jerawat dan mengurangi risiko  kanker rahim dan kelamin.

Pentingnya minum pil KB dengan jadwal teratur?

Umumnya pil KB akan diberikan dalam paket 21 hari atau 28 hari dan harus dikonsumsi setiap hari. Sementara lupa meminum pil di jam tertentu boleh menyusul minum pil asalkan tak lebih dari 12 jam dalam sehari. Namun mengkonsumsi pil dengan tepat waktu justru lebih baik dan lebih efektif. Sementara jika tidak minum pil KB secara teratur bisa dengan menambahkan alat kontrasepsi seperti kondom atau hindari melakukan hubungan di minggu pertama setelah menghentikan konsumsi pil KB. Alasan lain yang dapat mempengaruhi efektivitas pil KB adalah tergantung dari keteraturan konsumsi, kondisi kesehatan, mengkonsumsi suplemen lain. Sementara bagi yang kesulitan mengkonsumsi pil KB secara teratur adalah bisa dengan menggunakan metode kontrasepsi lain yang dirasa cukup nyaman bagi Anda. Itulah beberapa alasan yang harus Anda ketahui seputar pentingnya meminum pil KB secara teratur. Semoga bermanfaat!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top