Olahraga

Pentingnya Memakai Sepatu Saat Berolahraga

Pentingnya Memakai Sepatu Saat Berolahraga

Kita tahu bahwa pentingnya memakai sepatu saat berolahragaSaat olahraga, paling dianjurkan untuk memakai alas kaki seperti sepatu. Meski begitu, banyak diantara orang awam yang asal dalam memilih sepatu dan tidak mempertimbangkan aktivitas yang dilakukan. Jadi, jangan asal dalam memilih sepatu olahraga seperti mengutamakan harga, warna, merk atau model saja. Padahal, sepatu olahraga sudah dirancang khusus untuk aktivitasnya. Lalu mengapa wajib memakai sepatu olahraga yang tepat?

Sponsor: perawatan wajah

Tak hanya melindungi kaki dari krikil atau benda lain yang bisa melukai kaki,  sepatu khusus olahraba bisa mencegah kaki dari cedera sehingga olahraga jadi lebih  nyaman. Manfaat memakai sepatu olahraga yang tepat seperti mencegah cidera shin splints, tendonitis Achilles hingga kaki melepuh. Menurut Mike O’Neill dari The College of Podiatry, setidaknya ada 65% para olahragawan rekreasional masih memakai sepatu yang tak sesuai. Jadi beda jenis olahraga juga harus beda sepatu. Berikut sepatu olahraga paling umum digunakan.

1. Sepatu untuk lari

Sebab untuk aktifitas lari, kita memang membutuhkan alas kaki yang kuat, lentur dan ringan. Sepatu jenis untuk lagi dirancang lebih fleksibel sehingga bisa mendukung pergerakan kaki seperti menekuk atau melangkah. Sayangnya, sepatu jenis tak cocok apabila digunakan untuk olahraga jenis lain seperti tenis, batminton atau basket yang membutuhkan gerakan ke samping.

2. Sepatu aerobik

Olahraga aerobik bisa dibilang olahraga yang mengandalkan kemampuan fisik yang tinggi dengan gerakan lincah. Sepatu khusus olahraga aerobik haruslah sepatu yang benar-benar fleksibel sehingga bisa menopang dan menjadi bantalan kaki yang menyerap keringat. Tak hanya itu, sepatu khusus aerobik akan membantu meminimalisasi benturan di kaki, tumit atau alas kaki.

3. Sepatu untuk berjalan

Sepatu khusus berjalan juga penting untuk membuat kaki dan langkah lebih nyaman. Seperti kita tahu, berjalan adalah salah satu bentuk olahraga tubuh paling baik untuk menyeimbangkan kesehatan kardiovaskular. Dan paling penting adalah melindungj kaki dari rasa nyeri di tumit serta mata kaki. Pilih sepatu ringan, bisa meredam benturan di tumit kaki dan lebih kaku pafa bagian depan untuk melindungi jari kaki.

4. Sepatu tenis dan squash

Untuk aktivitas olahraga yang membutuhkan gerakan ke samping atau lincah seperti tenis dan squash memang membutuhkan sepatu khusus sehingga dapat mendukung gerakan. Sepatu jenis umumnya lebih kaku dan berat daripada sepatu lari. Karena didesain untuk aktivitas stop-and-go dimana dapat memungkinkan Anda berhenti dan bergerak secara tiba-tiba.

5. Sepatu basket dan olahraga bola jaring

Olahraga basket dan olahraga bola memang membutuhkan gerakan cepat, lama dan akurat. Untuk itu maksimalkan dengan sepatu khusus permainan tersebut. Pilih yang memiliki fleksibilitas baik terlebih yang mampu mendukung kemampuan untuk gerakan ke samping.

6. Sepatu sepak bola

Sementara sepatu khusus sepak bola harus mampu meredam banyak tekanan pada kaki. Sepatu yang dirancang untuk pemakaian pada lapangan rumput. Memilih sepatu sepak bola yang tak sesuai justru berisiko membuat permukaan kulit dan kaki jadi terganggu atau bahkan tekanan yang ditimbulkan pada sepatu tak sesuai dapat  mengakibatkan kapalan dan ingrown toenails atau cantengan. Pilih sepatu dengan banyak gigi di bagian alasnya.

7. Sepatu cross trainers

Sepatu cross trainers memadukan beberapa fungsi sekaligus sehingga bisa dimanfaatkan lebih dari satu aktivitas olahraga. Sepatu cross trainers memiliki fitur fleksibel di bagian depan kaki untuk berlari, dan masih bisa digunakan untuk membantu mengendalikan gerakan lebih lebar selama latihan aerobik.

Manfaat memakai sepatu olahraga adalah?

Manfaat gunakan sepatu olahraga terutama yang khusus untuk olahraga tertentu akan membantu tubuh merasa lebih nyaman selama baik untuk berlari, lari atau olahraga arobik. Tak hanya membuat kaki kita merasa nyaman, memakai sepatu olahraga juga akan melindungi alas kaki dari benda-benda seperti paku, kawat dan batu tajam. Manfaat berikutnya adalam membuat kita jadi lebih semangat saat berolahraga, membuat tubuh lebih berkeringat sebab semangat berkat sepatu, membuat tubuh lebih bertenaga dan tidak mudah capek.

Lalu cara memilih sepatu olahraga yang baik?

Ada hal yang harus dilakukan adalah utamakan memilih toko sepatu khusus menyediakan sepatu untuk aktifitas sport. Kunjungi toko sepatu khusus yang menjual sepatu olahraga dan mintalah mereka memberitahu mana sepatu sesuai kebutuhan olahraga. Jangal lupa membeli sepatu pada saat ukuran kaki maksimal, yakni menjelang malam hari atau sesaat setelah berolahraga.

  • Gunakan sepatu yang nyaman sejak pertama kali digunakan. Dan ketika mencoba sepatu pastikan memakai kaos kaki yang biasa digunakan untuk berolahraga, sehingga Anda tahu mana sepatu yang pas. Pakai kaus kaki dan cegah memakai sepatu yang terlalu pas. Sisakan ruang sekitar 1 cm untuk melindungi jari kaki dari rasa sakit. Dan jangan pilih sepatu yang terasa longgar di bagian tumit.
  • Perhatikan pula masa pakai sepatu. Jenis sepatu untuk beberapa aktivitas sekaligus atau pemakaian yang sering. Biasanya, sepatu olahraga memiliki masa pakain. Sepatu yang sudah dipakai selama 300 jam untuk aerobik atau sekitar 480-800 kilometer untuk lari, akan membuat sepatu di bagian dalam mengalami penurunan kualitas. Jadi ketahanan sepatu adalah yang paling penting.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top